Apa Bahasa Inggrisnya ADA APA ?

Bagi kamu yang ingin mengatakan “Ada Apa” kepada seseorang menggunakan bahasa Inggris, maka kamu perlu membaca artikel berikut ini.

Dalam menyatakan “Ada Apa”, penting bagi kita untuk menunjukkan suatu ekspresi yang tepat, terutama kalau yang ingin kamu gunakan adalah bahasa asing, dalam hal ini Bahasa Inggris, yang merupakan bahasa yang jarang kamu gunakan sehari-hari.

Cara menyatakan “Ada Apa” dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa variasi dalam menyatakan “Ada Apa” menggunakan Bahasa Inggris, dan ada beberapa skenario yang dapat menyebabkan penggunaan kalimat yang berbeda, seperti siapa lawan bicara, serta situasi dan kondisi apa yang sedang terjadi.

Beberapa skenario tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

A. Menanyakan “Ada Apa” dalam suasana informal

Dalam suasana informal seperti saat sedang berbicara kepada teman, kamu bisa menggunakan kalimat sebagai berikut:

  • What’s Up ?
    • baca: wats ap ?
    • Artinya: Ada apa?

Kalimat ini bisa digunakan untuk berbagai situasi, seperti saat ingin menanyakan ada kejadian apa, ada masalah apa, atau juga bisa sebagai kalimat “apa kabar” yang informal.

Tetapi dalam penggunaannya sehari-hari, kalimat ini akan lebih umum digunakan untuk menyapa atau menanyakan kabar, sementara untuk situasi yang lebih spesifik sebaiknya menggunakan kalimat lain, meskipun bisa juga tidak digunakan seperti contoh percakapan berikut.

Contoh percakapan menanyakan Ada Apa:

X: Hey, what’s up, bro? You seem sad
Y: Yeah, i just broke up with my girlfriend
X: Wow, sorry to hear that, bro, are you okay?
Y: I guess so, it was my fault anyway.

Artinya::

X: Hey, ada apa, bro? kelihatannya lo lagi sedih
Y: Yah, gw baru putus sama cewe gw
X: Wow, parah banget, bro, lo nggak apa2?
Y: Sepertinya begitu, emang gw yang salah sih.

B. Menanyakan “Ada Masalah Apa”

Apabila kamu ingin menanyakan apakah seseorang (atau diri sendiri) sedang memiliki masalah atau tidak, atau saat kamu melihat seseorang seperti sedang banyak pikiran, sedih, dan lain sebagainya, kamu bisa menggunakan kalimat berikut:

  • What is wrong / What’s wrong ?
    • baca: wat is rong / wats rong ?
    • Kalau diartikan secara harfiah, kalimat ini akan bermakna “Apa yang salah?”,
  • Is there something wrong ?
    • baca: is der samting rong?
    • Arti: apakah ada yang salah?
  • Is there anything wrong ?
    • baca: is der eniting rong?
    • Artinya sama seperti “is there something wrong”, dan lebih tepat menggunakan “anything” secara grammar, namun keduanya tetap umum digunakan.
  • Something wrong ?
    • versi singkat dari “is there something wrong”
  • Is there something bothering you ?
    • baca: is der samting badering yu?
    • Arti: apakah ada yang sedang mengganggu (pikiran) mu?
  • What’s wrong with you?
    • baca: wats rong wit yu?
    • Arti: Ada apa denganmu? atau Kamu sedang ada masalah apa? atau Kamu kenapa sih?

Contoh percakapan menanyakan Ada Masalah Apa:

Anak: Huhuhu, mommy mommy….
Ibu: Why are you crying, dear? Is there something wrong?
Anak: My friend said i’m ugly  huhuhu
Ibu: No, no, dear, don’t listen to them, you are the most beautiful girl in the world

Artinya:

Anak: Huhuhu, ibu ibu….
Ibu: Kenapa kamu menangis , sayang? Ada masalah apa?
Anak: Kata temanku aku jelek huhuhu
Ibu: Nggak, sayang, jangan dengarkan mereka, kamu itu wanita tercantik di dunia

C. Menanyakan “Ada Kejadian Apa” atau “Apa yang terjadi”

Situasi lainnya adalah saat kita ingin menanyakan mengenai suatu kejadian yang terjadi di masa lampau, atau yang baru saja terjadi tetapi kita tidak mengetahuinya. Untuk itu kita bisa menggunakan kalimat sebagai berikut:

  • What happened ?
    • baca: wat heppend
    • arti: Apa yang terjadi?
    • Untuk menanyakan kejadian yang terjadi di masa lampau / sudah lama berlalu.
  • What’s happened ? atau What has happened ? atau What just happened ?
    • baca: “wats heppend” atau “wat hes heppend” atau “wat jast heppend”
    • arti: Apa yang terjadi? atau Apa yang baru saja terjadi?
    • Untuk menanyakan kejadian yang baru saja terjadi, misalnya saat kamu mendengarkan suara benturan, piring pecah, dan lain sebagainya.
  • .…..did something happen?
    • baca: did samting heppen?
    • arti: apakah ada sesuatu yang terjadi? atau apa yang terjadi?
    • Biasanya digunakan setelah kalimat yang menyatakan observasi, misalnya “Kok kamu mukanya lebam? Apa yang terjadi?

Contoh percakapan menanyakan Ada Kejadian Apa:

X: Did you come to Joko’s party yesterday?
Y: No, did you ?
X: Yeah, and there were some troubles there
Y: What happened ?

Artinya:

X: Lu dateng ngga ke pestanya Joko kemarin?
Y: Nggak, elu (dateng)?
X: Iya, dan kemarin itu ada beberapa masalah
Y: Apa yang terjadi ?

BACA JUGA  Arti dan Terjemahan Lirik Lagu Louis Tomlinson Just Like You

Read Previous

Arti dan Terjemahan Lirik Lagu Surf Mesa ILY (I Love You) Baby

Read Next

Arti dan Terjemahan Lirik Lagu Louis Tomlinson Just Like You

Tinggalkan Balasan