Contoh Percakapan pada saat Interview Kerja dalam Bahasa Inggris

Percakapan interview kerja bahasa inggris

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Bagi kamu yang ingin mempelajari percakapan yang umumnya terjadi pada saat wawancara / interview kerja dengan menggunakan Bahasa Inggris, maka kamu perlu membaca artikel berikut ini

Pada saat melakukan wawancara  interview kerja, baik kita sebagai pewawancara (misalnya HRD) ataupun pelamar kerja, penting bagi kita untuk menunjukkan suatu ekspresi yang tepat, terutama kalau yang ingin kamu gunakan adalah bahasa asing, dalam hal ini Bahasa Inggris, yang merupakan bahasa yang umumnya jarang kamu gunakan sehari-hari.

Lalu, bagaimana caranya?

Contoh Pertanyaan yang Umum ditanyakan Pewawancara pada saat Interview

Beberapa pertanyaan di bawah ini sangat umum dilontarkan oleh pewawancara dalam suatu interview kerja:

  1. Ceritakan sedikit tentang diri Anda = Tell me a little about yourself (baca: tel mi e litel ebawt yorself)
  2. Apa saja Kelebihan Anda? = What are your strenghts? (baca: wat ar yor strengs)
  3. Apa saja Kekurangan Anda? = What are your weaknesses? (baca: wat ar yor wikneses)
  4. Apa saja gol/tujuan jangka pendek Anda? = What are your short term goals? (baca: wat ar yor syort term gowls)
  5. Apa arti kesuksesan bagi Anda? = What does success mean to you? (baca: wat das sakses min tu yu)
  6. Apa yang ingin Anda lakukan pada 5 tahun dari sekarang? = What do you want to be doing five years from now? (baca: wat du yu want tu bi duwing fayf yirs from naw)
  7. Apakah Anda seseorang yang rapih/terorganisir? = Are you an organized person? (baca: ar yu en orgenayzd person)
  8. Apa arti kegagalan bagi Anda? = What does failure mean to you? (baca: wat das fey-lyur min tu yu)
  9. Bagaimana Anda menyikapi perubahan? = How do you handle change? (baca: haw du yu hendel ceynj)
  10. Apakah Anda bekerja dengan baik di bawah tekanan? = Do you work well under pressure? (baca: du yu work well ander pressyur)
  11. Kenapa saya harus mempekerjakan Anda? = Why should I hire you? (baca: way shud ay hayr yu)

Contoh Jawaban atas pertanyaan di atas pada saat Interview

Bagi pelamar kerja, apabila kamu menghadapi pertanyaan-pertanyaan seperti yang diajukan di atas, berikut ini contoh jawaban yang bisa kamu berikan :

Tell me a little about yourself

Kamu bisa menjawab ini dengan menjawab secara singkat ataupun secara lebih lengkap.

Contoh jawaban singkat:

“I attended University of Indonesia where I majored in Marketing Management. My hobbies include basketball, reading novels, and hiking.”

(Saya kuliah di Universitas Indonesia dimana saya mengambil jurusan Manajemen Pemasaran. Hobi saya termasuk bermain basket, membaca novel, dan mendaki.)

atau

“I’m an easy going person that works well with everyone. I enjoy being around different types of people and I like to always challenge myself to improve at everything I do.”

(Saya seorang yang mudah bergaul dan dapat bekerjasama dengan baik dengan semua orang. Saya senang berada di sekitar orang-orang yang berbeda tipe dan saya selalu menantang diri saya untuk dapat lebih meningkatkan kemampuan pada segala hal yang saya lakukan.)

Contoh jawaban yang lebih lengkap:

“I went to the University of Indonesia and majored in Marketing Management, and I really enjoyed learning. Afterwards, I started my career at Retail Store as a Marketing staff. I’ve been there for 3 years now. Although my emphasis is in selling product, I like numbers. I think solving logic problems are quite fun. I also enjoy reading, and watching movies.”

(Saya kuliah di Universitas Indonesia dan saya mengambil jurusan Manajemen Pemasaran, dan saya sangat suka belajar. Setelah lulus, Saya memulai karir pada sebuah toko ritel sebagai staf pemasaran. Saat ini Saya telah bekerja di sana selama 3 tahun . Meskipun saya lebih sering berkutat pada penjualan produk, saya juga menyukai angka-angka. Menurut saya menyelesaikan masalah itu hal yang menyenangkan. Saya juga suka membaca, dan menonton film.)

What are your strenghts?

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah:

“I’ve always been a great team player. I’m good at keeping a team together and producing quality work in a team environment.”

(Selama ini saya selalu bekerja dengan baik di dalam tim. Saya bisa mempersatukan anggota tim dan menghasilkan kerja yang berkualitas di dalamnya.)

What are your weaknesses?

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah:

“I feel my English ability is my weakest trait. I know this is only a temporary problem. I’m definitely studying hard to communicate more effectively.”

(Saya merasa kemampuan berbahasa Inggris saya masih sangat kurang. Saya tahu ini sifatnya hanya sementara karena Saya pasti akan belajar bahasa Inggris dengan keras untuk dapat berbicara dalam Bahasa Inggris dengan lebih efektif.)

What are your short term goals?

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah:

“My short term goal is to find a position where I can use the knowledge and strengths that I have. I want to partake in the growth and success of the company I work for.”

(Tujuan/gol jangka pendek saya adalah mencari posisi dimana saya bisa menggunakan pengetahuan dan kelebihan yang saya miliki. Saya ingin ambil bagian pada pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan tempat saya bekerja.)

What does success mean to you?

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah:

“To me, success means to have a goal, plan the steps to achieve the goal, implement the plan, and finally achieve the goal.”

(Bagi saya, sukses itu berarti mempunyai cita-cita/tujuan/gol, memiliki rencana tahapan untuk mencapai gol tersebut, menjalankan rencana, dan pada akhirnya dapat mencapai gol tersebut.)

What do you want to be doing five years from now?

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah:

“In five years, I see myself as a valued employee of a company. I want to be an expert at my position and start training to be a manager.”

(Dalam 5 tahun, saya melihat diri saya menjadi karyawan yang berharga bagi suatu perusahaan, Saya ingin menjadi pakar pada posisi pekerjaan yang saya geluti dan memulai pelatihan sebagai manajer.)

Are you an organized person?

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah:

“I believe I’m very organized. I like to organize my work by priority and deadlines. I do this so I can produce the highest quality work in the amount of time I have.”

(Saya rasa saya sangat terorganisir. Saya suka mengorganisir pekerjaan saya berdasarkan prioritas dan deadline. Saya melakukan ini supaya saya dapat menjaga kualitas kerja di dalam waktu yang saya miliki.)

What does failure mean to you?

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah:

“To me, failure means to have a goal and not do anything about it.”

(Bagi saya, kegagalan berarti memiliki suatu gol tetapi tidak melakukan apapun untuk mencapainya.)

How do you handle change?

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah:

“I handle changes smoothly. Whenever there’s a change of any sort, I analyze the situation and I always try to find ways I can contribute to the change in a positive way.”

(Saya menyikapi perubahan dengan baik. Kapanpun terjadi perubahan, saya akan menganalisa situasi dan selalu mencoba untuk mencari cara agar saya tetap dapat berkontribusi dengan cara yang positif.)

Do you work well under pressure?

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah:

“I work well under pressure because I don’t panic. I maintain self control and work as efficiently as possible. In all my experiences, I did well and I always enjoyed the experience.”

(Saya bekerja dengan baik di bawah tekanan karena saya tidak mudah panik. Saya dapat menjaga kontrol diri dan bekerja seefisien mungkin. Berdasarkan pengalaman yang saya miliki, saya selalu mengatasinya dengan baik dan juga menikmatinya.)

Why should I hire you?

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah:

“I’m a perfect fit for this position. I have the experience and the traits you are looking for. On top of that, I’m a great team player that gets a long with everyone.”

(Saya merupakan orang yang sangat tepat untuk posisi ini. Saya memiliki pengalaman dan sifat yang Anda cari. Dan juga, saya bekerja baik dengan tim dan smua orang yang ada di dalamnya.)

Demikian beberapa contoh percakapan yang umum terjadi pada saat interview kerja dalam Bahasa Inggris, yang diharapkan sudah bisa mewakilkan tentang beberapa percakapan antara pewawancara dan pelamar kerja di dalam bahasa Inggris sehingga tidak menimbulkan salah paham terutama apabila kamu berhubungan dengan orang asing.

Semoga bermanfaat dan apabila ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah ya.

Originally posted 2017-08-02 02:22:46.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar