3 Tips Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah TK

Berikut tips yang bisa dilakukan oleh Anda untuk mempersiapkan anak Anda masuk sekolah TK untuk pertama kalinya.
mempersiapkan-anak-masuk-tk

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut tips yang bisa dilakukan oleh Anda untuk mempersiapkan anak Anda masuk sekolah TK untuk pertama kalinya.

Di masa pandemik ini semua anak melakukan Belajar dari Rumah, namun ketika nanti keadaan sudah mulai kondusif untuk menjalani normal baru, banyak anak-anak yang akan menghadapi masuk sekolah untuk pertama kalinya, di sekolah baru, dengan teman-teman baru.

Berikut kita akan berfokus pada anak-anak yang sudah mulai masuk TK, dimana ini merupakan pengalaman baru bagi mereka untuk mulai belajar dengan ‘serius’.

Anak-anak TK biasanya memiliki lebih banyak hal dasar yang harus mereka kuasai selama di sekolah TK; dimana sekarang menjadi tanggung jawab orang tua selama masa pandemik ini.

Berikut adalah tips untuk menyiapkan anak TK Anda masuk sekolah untuk pertama kalinya, dimana memiliki latar belakang pengetahuan di bidang-bidang ini akan membantu anak Anda mempercepat pembelajaran mereka dan memiliki tahun yang sukses:

1. Keterampilan Sosial dan Keterampilan Sekolah

Perlu diketahui bahwa taman kanak-kanak tidak boleh menjadi paparan pertama anak Anda berada di dekat anak-anak lain. Ini juga seharusnya bukan pertama kalinya anak Anda harus mendengarkan orang lain selain Anda.

Taman kanak-kanak akan lebih sulit bagi siswa yang belum punya pengalaman berada di sekitar anak-anak lain atau berada di lingkungan yang memiliki aturan (misalnya, dalam lingkungan prasekolah, penitipan anak, klub olahraga, sekolah Minggu, TPA, dan lain sebagainya).

2. Alfabet dan Bunyi

Ini yang paling penting, apakah anak Anda mengenal bentuk huruf dalam bentuk tulisan, dan bagaimana bunyinya. Atau apakah anak Anda mengenal huruf dalam nama mereka.

Masuk di taman kanak-kanak seharusnya bukan tempat pertama siswa TK melihat huruf. Ya, guru taman kanak-kanak akan mengajarkan soal huruf dan bunyi huruf, tetapi dalam kebanyakan kasus, guru tidak ingin menghabiskan banyak waktu pada setiap huruf.

Banyak perkembangan yang terjadi selama masa TK; anak harus bisa membaca ketika anak meninggalkan TK. Sehingga penting bagi orang tua untuk mengenalkan huruf kepada anak sebelum mulai masuk TK.

3. Keterampilan Penanganan Buku

Tujuan akhir ketika anak lulus TK adalah dapat membaca, sehingga penting bagi anak Anda untuk mengenal buku; seperti membaca buku mulai dari kanan ke arah kiri, dari atas ke bawah.

Guru TK mempelajari konsep-konsep ini lebih dalam dan memberikan pengalaman belajar yang akan meningkatkan keterampilan mereka. Namun, memiliki latar belakang pengetahuan di bidang-bidang ini akan membantu guru membawa anak Anda ke tingkat berikutnya dalam pembelajaran mereka.

BACA JUGA  Tanda-tanda seseorang menderita Batu Ginjal

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB