DOKU dalam Perjalanan Menuju 2024: Transformasi dari Payment Gateway Lokal Menjadi Payment Fintech Internasional

Bagikan artikel ini :

SEMINYAK, KOMPAS.com – Memulai perjalanannya sebagai Payment Gateway di Indonesia, DOKU kini tengah berproses menjadi perusahaan payment fintech yang berskala global, dengan tujuan untuk memperluas layanan ke merchant-merchant internasional di tahun 2024.

Berdiri sejak 2007, DOKU terus berkomitmen untuk mempermudah transaksi digital bagi para merchant. Di tahun 2023, dengan enam belas tahun inovasi di belakangnya, DOKU berusaha menangkap kesempatan ekonomi yang lebih besar dengan meluncurkan serangkaian layanan pembayaran yang lebih maju, di bawah semboyan “Think Beyond Payments.”

Himelda Renuat, Co-Founder & Chief Marketing Officer DOKU, berbicara dalam sebuah acara di Bali pada 25 Oktober 2023, menekankan, “(Kami) Menyusun strategi dan terus bertransformasi agar dapat menjawab kebutuhan pasar dan tetap relevan dengan jaman yang semakin digital,” ujar Himelda Renuat Co-Founder & Chief Marketing Officer DOKU di acara media gathering di Bali, Rabu (25/10/2023). “Trusted, inovasi, solid kolaborasi dan timeless adalah nilai-nilai yang kami pegang untuk terus membuat kami perusahaan yang lebih baik dari waktu ke waktu,” lanjutnya.

DOKU mencapai beberapa pencapaian kunci pada tahun 2023, termasuk:

Pencapaian Transaksi DOKU:

Hingga Oktober 2023, DOKU telah memproses lebih dari 200 juta transaksi dari merchant, dengan pertumbuhan bisnis yang konsisten dan peningkatan lebih dari 80% tiap tahunnya. Khususnya di Bali dan Nusa Tenggara, tempat DOKU beraksi sejak kuartal pertama 2014, terdapat lebih dari 1.900 merchant di bidang pariwisata dan pendidikan yang telah berkolaborasi, mengalami lonjakan transaksi hingga 400% pasca pandemi Covid-19.

BACA JUGA  Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Atap Spandek

Juragan DOKU:

Diperkenalkan pada pertengahan tahun 2023, inisiatif ini dirancang untuk mendukung perkembangan UMKM. Saat ini, lebih dari 15.000 UMKM telah bergabung dengan platform digital DOKU melalui situs web dan aplikasi mereka di Google Play Store dan App Store. UMKM yang telah mengakses bisa menikmati produk pembayaran digital seperti Payment Link yang bisa perbanyak transaksi sukses melalui WhatsApp, bisa menggunakan e-Katalog yang mampu buat toko online secara mandiri, bisa daftar QRIS / menggunakan QRIS yang bisa terima pembayaran dengan satu kode serta pelatihan online bisnis gratis yang nantinya akan dibimbing oleh para mentor bisnis yang handal. 

Peningkatan Penggunaan QRIS:

Di tahun 2023, DOKU mencatat peningkatan signifikan dalam penggunaan QRIS, naik hingga empat kali lipat dari tahun 2021. QRIS kini menjadi salah satu dari tiga metode pembayaran utama yang dipilih oleh merchant DOKU, bersaing dengan akun virtual dan e-wallet.

Menghadapi Tahun 2024: DOKU Berkembang Menjadi Fintech Pembayaran Global

Nabilah Alsagoff, Co-Founder & Chief Operating Officer DOKU, mengulas perjalanan DOKU dari gateway pembayaran lokal ke perusahaan fintech pembayaran global. Akuisisi SenangPay di Malaysia merupakan langkah kunci dalam ekspansi DOKU, dengan tambahan investasi sebesar 7,5 juta dolar AS pasca akuisisi.

DOKU sedang mengembangkan ekosistem dompet digital untuk menghadirkan inovasi yang melampaui pembayaran konvensional, dengan tujuan memberikan layanan yang lebih luas bagi merchant dan memperluas jangkauan mereka secara global.

Layanan ‘Wallet as a Service’ DOKU:

DOKU berencana meluncurkan ‘Wallet as a Service’ segera, layanan yang akan memanfaatkan lisensi e-wallet untuk meningkatkan manajemen transaksi bisnis merchant. Nabilah menjelaskan,  “Kami fokus pada wallet sebagai platform layanan, bukan sekadar akuisisi pelanggan, memberikan solusi kepada merchant untuk berinovasi menggunakan layanan yang telah kami kembangkan di dalam wallet kami.”

BACA JUGA  Kriteria Asuransi yang Baik dan Aman

Opsi open dan close loop wallet 

DOKU akan menawarkan dua jenis dompet digital: model tertutup untuk program loyalitas merchant dan model terbuka yang memungkinkan pembuatan co-brand e-wallet melalui kerjasama bisnis, memudahkan komunitas atau bisnis untuk menciptakan dompet digital mereka dengan merek sendiri.

Kemitraan dengan Pemerintah:

DOKU juga berencana memperkuat kerjasama dengan instansi pemerintah untuk meningkatkan penggunaan pembayaran digital secara lebih luas. Perusahaan telah menyediakan berbagai layanan pembayaran, melayani lebih dari 150.000 merchant dari berbagai sektor, termasuk perusahaan besar. Dengan lima lisensi dari Bank Indonesia, DOKU telah menjadi penyedia layanan pembayaran yang terpadu dan dipercaya.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...