Cara Root pada Android 2018

Cara root Android milikmu yang bisa kamu coba menggunakan metode terbaru di tahun 2018 ini.
tutorial-android
Spread the love

Root pada Android adalah sebuah proses untuk mengizinkan kamu para pengguna smartphone yang berjalan pada sistem operasi Android untuk bisa mendapatkan kendali yang lebih tinggi pada berbagai subsistem Android kamu.

Dalam arti yang lain, dengan meng-root smartphone kamu, maka kamu dapat lebih bebas dalam mengubah, mengedit, atau memodifikasi apapun yang ada dalam sistem Android kamu. Sulitkah cara root pada android?

Hal pertama yang harus kamu yakinkan terlebih dahulu adalah, apakah kamu benar merasa perlu untuk meng-root smartphone kamu?  Karena memang ada kendala pada garansi bila kamu meng-root smartphone kamu. Garansi akan hangus. Jadi pastikan kamu tidak akan mengklaim garansi apapun setelah smartphone kamu di root.

Ada beberapa cara untuk melakukan root pada smartphone Android kamu. Bisa dengan menggunakan PC atau dengan menggunakan aplikasi. Asaljeplak akan menjelaskan kedua cara ini.

Cara Root dengan menggunakan PC

Yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan root menggunakan PC adalah, baterai smartphone kamu minimal terisi 50%, dan jangan lupa aktifkan mode USB Debugging.

Kamu bisa buka menu Setting pada smartphone, lalu klik About phone. Scroll ke bawah, kemudian cari pilihan Build Number dan klik sampai muncul notifikasi You are now a developer. Lalu kembali ke Setting, cari dan pilih menu Developers Option / Opsi Pengembang. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan mode Debugging USB kemudian centang. Kamu juga harus mengaktifkan fitur install aplikasi dari sumber tidak dikenal.

Langkah Root Android dengan menggunakan Root Genius

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah matikan anti virus PC kamu terlebih dahulu. Lalu unduh software Root Genius untuk PC terlebih dahulu, jika sudah selesai install dan buka programnya.

Hubungkan smartphone Android kamu ke PC menggunakan kabel USB bawaan smartphone kamu. Klik centang pada kolom I accept User agreement. Lalu kamu bisa klik Root it. Proses root akan segera berlangsung, kamu tinggal tunggu proses root hingga selesai baru cabut smartphone Android kamu dari PC.

Buka menu pada Android kamu, maka akan muncul aplikasi bernama Kinguser. Selesai. Mudah bukan?

Cara Root tanpa menggunakan PC

Untuk melakukan root Android kamu tanpa PC, kamu bisa mengunakan aplikasi-aplikasi sebegai berikut. Yang kamu harus lakukan hanyalah mengunduh aplikasi tersebut lalu menginstallnya pada smartphone kamu. Beberapa aplikasi rooting tanpa PC yang Asaljeplak rekumendasikan adalah Framaroot, Kingroot, atau Kingoroot. Ketiga aplikasi ini terbukti aman dan telah banyak digunakan banyak pengguna Android.

Dengan melakukan root, maka beberapa aplikasi bawaan smartphone yang sebenarnya tidak kamu perlukan akan dapat kamu hapus. Hal ini tentunya akan mengurangi beban memory smartphone kamu. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Tinggalkan komentar

Advertisements

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 1.315.529 hit