Cara Menggunakan Hashtag di Instagram untuk Menambah Follower dan Likes

Spread the love

Bingung kenapa follower dan like Instagram tidak bertambah? Artikel berikut mengenai cara terbaik menggunakan hashtag populer di Instagram ini bisa membantu masalah tersebut.

Dengan semakin banyaknya pengguna Instagram, mulai dari individu hingga ke merk merk ternama dengan anggaran iklan jor-jor an, tentunya akan semakin menyulitkan mereka yang ingin mempromosikan jasa dan produknya, atau bahkan hanya untuk sekedar mendapatkan follower dan likes.

Di sinilah Hashtag berperan penting.

Hashtag berperan besar dalam membuat konten Instagram kita ditemukan oleh audiens yang lebih luas sehingga akan meningkatkan peluang untuk diberi likes atau bahkan di follow.

Tetapi, itu semua hanya terjadi apabila anda menggunakan metode yang tepat.

Kenapa Perlu Menggunakan Hashtag ?

Sekarang apabila anda membuka aplikasi Instagram dan masuk ke menu pencarian (menekan tombol kaca pembesar) anda akan melihat Tags menjadi salah satu menu pencari.

Apabila menu itu anda buka maka anda akan bisa mencari hashtag yang anda inginkan dan anda akan dapat melihat seberapa banyak post terkait hashtag tersebut dan juga seluruh postingan yang menggunakan hashtag tersebut.

cara menggunakan hashtag instagram untuk menambah follower

Dengan kondisi seperti itu tentunya anda bisa menangkap gambaran betapa kuatnya hashtag dalam meningkatkan visibilitas postingan milikmu supaya ditemukan oleh pengguna Instagram lainnya.

Mulai dari sini akan Asaljeplak jelaskan bagaimana mengoptimalkan penggunaan Hashtag tersebut.

cara menggunakan hashtag instagram untuk menambah followers-tags
contoh hasil pencarian dengan hashtag #pantaikuta.

Jenis-jenis Hashtag dalam Instagram

Pada dasarnya, Hashtag itu ada 2 jenis, yaitu:

  1. Hashtag untuk brand/merk
  2. Hashtag komunitas/umum

Berikut ini penjelasan mengenai kedua jenis hashtag tersebut,

Hashtag untuk brand/merk

Simpelnya, jenis hashtag ini adalah hashtag yang unik untuk masing-masing individu misalnya nama produk, nama usaha, nama jasa, nama diri, dan sejenisnya.

Lalu, apa keuntungan menggunakan hashtag jenis ini? Kan berarti hanya kita saja yang menggunakannya?

Ya, betul, tetapi bukan berarti tidak memiliki manfaat sama sekali.

Bayangkan, apabila anda pemilik suatu brand atau produk atau jasa, dan ingin melihat sejauh mana keberhasilan kampanye pemasaran di Instagram, tentunya akan lebih mudah apabila mencari menggunakan hashtag yang unik untuk anda bukan?

Banyak aplikasi seperti Hootsuite, Sprout Social, dsb yang dapat membantu memonitor suatu hashtag dan memberikan laporan kinerja rinci dari suatu hashtag, jadi hashtag yang unik untuk diri anda sangatlah penting.

User Generated Content (UGC)

Terutama lagi apabila anda aktif membayar endorser, atau mengadakan kuis, yang mensyaratkan peserta atau endorser mencantumkan hashtag brand Anda, atau meminta seseorang untuk mencantumkan hashtag anda.

Dan juga, hashtag jenis ini akan mempermudah mereka yang membeli produk anda untuk mencantumkan hashtag unik anda pada postingan mereka terkait produk milik Anda, Dengan begitu maka akan ternemtuk yang dinamakan User Generated Content (UGC) alias konten yang dihasilkan oleh user untuk brand anda.

cara menggunakan hashtag instagram untuk menambah followers-branded hashtag
Contoh branded hashtag untuk merk sepatu Nike

Hashtag komunitas/umum

Hashtag komunitas akan lebih umum dan tidak harus ada hubungannya dengan brand/usaha Anda. Beberapa contoh adalah hashtag seperti #instafood atau #picoftheday. Mereka banyak digunakan dan tidak spesifik untuk satu orang atau brand/usaha manapun.

Cara Mencari dan Memilih Hashtag Terbaik di Instagram

Pada Hashtag untuk brand tentunya kita tidak akan kesulitan dalam menentukan namanya, karena kita akan menggunakan nama brand atau sesuatu yang unik untuk kita sendiri, namun bagaimana untuk Hashtag komunitas?

Berikut ini beberapa cara untuk mencari Hashtag terbaik untuk jenis Hashtag komunitas:

1. Gunakan Hashtag yang terkait / Related hashtag

Maksudnya di sini adalah, pada saat kita mencari hashtag menggunakan fitur search nantinya kita akan disajikan beberapa hashtag terkait topik yang kita inginkan.

Tentukan dan pilih beberapa hashtag terkait mana yang sekiranya relevan dengan brand/produk/jasa milik Anda.

Poin utamanya di sini adalah mencari hashtag yang sekiranya akan dicari dan digunakan oleh target audiens Anda.

2. Analisa para Kompetitor/Pesaing

Anda juga perlu untuk melihat bagaimana penggunaan hashtag dari kompetitor Anda.

Cari kira-kira postingan kompetitor yang paling banyak dilihat dan mendapat likes kemudian perhatikan serta catat hashtag yang mereka gunakan.

3. Gunakan Perangkat Pihak Ketiga

Di samping kedua hal di atas, Anda juga bisa menggunakan perangkat pihak ketiga, baik berupa aplikasi smartphone maupun website, untuk membantu mencari hashtag yang sedang populer di Instagram.

Beberapa perangkat yang bisa Anda coba:

4. Pilih Hashtag yang Terfokus / Kompetisi Rendah

Maksudnya di sini adalah memilih hashtag yang tidak terlalu besar (dalam artian jumlah post nya), misalnya hashtag #fashiongoals akan lebih terfokus dibandingkan #instafashion sehingga peluang postingan kamu ditemukan oleh audiens akan semakin besar.

5. Gunakan Hashtag dengan Foto/Video yang Tepat

Karena apabila hashtag yang digunakan tidak sesuai dengan foto atau video yang ditampilkan tentunya akan percuma.

Kenapa? karena Instagram menampilkan hasil pencarian dalam bentuk barisan foto-foto sehingga apabila foto/video yang digunakan tidak sesuai dengan hashtag maka akan percuma.

Terlebih lagi apabila foto/video kita tidak tampak terlalu menarik dibandingkan kompetitor lainnya.

Berapa banyak Hashtag yang digunakan dalam satu Postingan?

Instagram sendiri membatasi hingga 30 hashtag, tetapi tentunya Anda tidak perlu memaksimalkan itu di setiap postingan.

Perhatikan pesaing dan pemain besar Anda, dan lihatlah berapa jumlah hashtag yang mereka tempatkan di dalam satu postingan sebagai gambaran bagi Anda.

Kesimpulan

Hashtag pada Instagram memang merupakan faktor yang cukup penting dan krusial bagi keberadaan bisnis Anda di dalam Instagram.

Penggunaan hashtag yang tepat akan semakin meningkatkan peluang ditemukannya brand/produk/jasa Anda diantara jutaan post di dalam Instagram.

Tetapi hashtag saja tidaklah cukup, masih ada beberapa faktor lain yang akan mempengaruhi keberhasilan brand/produk/jasa Anda dalam mempromosikan bisnis di Instagram, yang akan kita coba bahas di artikel berikutnya.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan komentar

Advertisements
hosting indonesia
hosting murah

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 1.587.649 hit