Cara Membuat Efek Cinematic pada Video Menggunakan Filmora

Berikut ini akan Asaljeplak berikan tutorial video mengenai cara membuat efek cinematic pada video menggunakan Filmora untuk PC / Komputer.
cara-membuat-cinematic-di-filmora

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Membuat efek cinematic pada video merupakan salah satu metode yang umum digunakan apabila kamu ingin agar video milikmu terlihat layaknya film bioskop / layar lebar, sehingga terlihat lebih profesional dan bernuansa.

Dalam menerapkan efek cnematic pada video ini biasanya akan digunakan beragam teknik yang dikombinasikan supaya hasil benar-benar dapat tercapai dan sesuai dengan keinginan.

Tidak ada patokan teknik yang baku dalam membuat suatu klip video menjadi memiliki efek cinematic, karena semua kembali lagi pada gaya, ekspresi, dan juga selera dari diri kamu sendiri.

Pada video turoial ini, Asaljeplak hanya akan memberikan panduan singkat mengenai apa saja yang bisa kamu coba demi mendapatkan efek cinematic pada video menggunakan software editing favorit dari Asaljeplak yaitu Filmora.

Persiapan membuat efek cinematic dengan Filmora

Untuk memberikan efek cinematic pada video menggunakan Filmora, pada tutorial ini Asaljeplak hanya akan memberikan gambaran besar mengenai apa saja yang bisa kamu coba, yaitu:

  1. Menyiapkan potongan klip / footage video,
  2. Menggunakan menu Overlays
  3. Mengakali dimensi dengan menu text pada Filmora.

Mengenai penggunaan Overlays sebenarnya bukanlah cara satu-satunya, karena untuk mengubah pewarnaan video kamu juga bisa menggunakan filters, tetapi dengan Overlays nantinya kamu bisa mengatur saturasi, brightness. tint, dan juga menggunakan 3D LUT.

3D LUT merupakan seperangkat set color grading yang sudah dikompilasi menjadi suatu skema pewarnaan tertentu. Pada Filmora sendiri sudah tersedia banyak profil 3D LUT bawaan seperti pewarnaan ala film Harry Potter, Batman, Game of Thrones, dsb.

Sementara mengakali dimensi adalah untuk membuat film tampak seperti menggunakan rasio 2,35 : 1 yang biasa digunakan untuk film-film di bioskop, namun tidak disediakan oleh Filmora.

Cara membuat efek cinematic dengan Filmora

Berikut ini akan Asaljeplak jelaskan mengenai isi video supaya kamu lebih semakin mudah dalam memahaminya.

A. Menerapkan Overlays pada Filmora

Setelah video disiapkan pada halaman editor Filmora, pilih atau geser garis ke bagian terdepan dari video yang akan di edit, kemudian klik pada video, pergi ke menu Overlays, dan pilih apa saja yang sesuai (kalau pada contoh video Asaljeplak menggunakan efek Cinematic 21:9)

Setelah itu klik pada bagian video, kemudian klik kanan dan pilih menu Edit untuk memodifikasi pewarnaan video tersebut.

Seperti disebutkan sebelumnya, kamu bisa mengedit sendiri secara manual (saturasi, brightness, tint, dsb) atau bisa menggunakan 3D LUT, atau mengkombinasi kedua hal tersebut sesuai yang kamu inginkan.

B. Mengubah dimensi video

Dikarenakan rasio 2,35:1 tidak tersedia pada Filmora, dan apabila menurut kamu rasio 21:9 masih kurang “cinematic”, maka kamu bisa mengakalinya dengan cara menggunakan menu text pada Filmora.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan efek text apa saja ke dalam video (pilih yang paling simpel saja)
  2. Klik pada text, lalu pilih advanced untuk masuk ke pengaturan lebih lanjut,
  3. Hapus text tersebut kemudian masukkan elemen shape (menu berbentuk segi empat di sebelah menu berbentuk huruf T), pilih yang segi empat atau persegi panjang,
  4. Masukkan shape tersebut sebanyak 2 buah pada video, tarik hingga memanjang melebihi batas layar,
  5. Letakkan shape di atas dan di bawah, sesuaikan hingga sesuai selera kamu
  6. Ubah warna shape menjadi hitam pekat sehingga film akan terkesan di crop.
  7. Klik OK untuk menyimpan

Dengan demikian maka video kamu akan tampak seperti video yang lebih terlihat Cinematic dan sudah semakin mirip dengan film Hollywood hehehe.

Semoga tips dan tutorial cara membuat efek cinematic pada video menggunakan Filmora tersebut bermanfaat bagi kamu ya, jangan lupa untuk berikan like pada video tersebut, share, serta tentunya jangan lupa SUBSCRIBE ke channel Asaljeplak.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar