Manfaat Analisis SWOT untuk Perusahaan

Analisis SWOT adalah suatu rencana strategis untuk mengetahui kekurangan dan kekuatan yang dapat dimanfaatkan untuk menghadapi tantangan.  Albert Humphrey adalah orang yang berjasa menciptakan Analisis SWOT pada awal 1960. Sejak itu, Analisis SWOT adalah salah satu analisis yang paling digunakan perusahaan hingga kini.

Analisis SWOT telah dianggap sebagai metode analisis untuk menggambarkan paling mendasar dari perusahaan. Melalui Analisis SWOT dapat menjadi penting untuk perencanaan strategis dan pelaksanaan tujuan perusahaan lebih sistematis.

Jika dilaksanakan dan dijalankan dengan benar, Analisis SWOT akan sangat berguna untuk melihat elemen-elemen perusahaan secara internal dan eksternal. Tanpa analisis yang dapat diintegrasikan perusahaan, perusahaan tidak bekerja secara efektif dan efisien.

Terdapat 4 matriks kotak dalam bagan Analisis SWOT. Kotak-kotak tersebut terdiri dari:

  1. Strengths (Kekuatan): kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan dari internal,
  2. Weaknesses (Kelemahan): kelemahan perusahaan yang dinilai dapat menghambat,
  3. Opportunities (Peluang): peluang yang dimiliki perusahaan untuk berkembang atau maju lebih baik dan berasal dari luar,
  4. Threats (Hambatan): hambatan dan rintangan yang dihadapi oleh perusahaan di lingkungan bisnisnya.

Manfaat SWOT untuk Perusahaan

Terlihat sederhana namun sangat multiguna, Analisis SWOT menyimpan banyak manfaat untuk perusahaan. Manfaat Analisis SWOT untuk perusahaan dapat dilihat sebagai berikut:

1. Sebagai Pedoman Perusahaan

Untuk mengembangkan berbagai perencanaan kebijakan strategis dan pelaksanaannya di masa depan, perusahaan membutuhkan pedoman yang tersusun matang. Dengan adanya analisis ini, diharapkan perusahaan akan dapat memilih kebijakan terbaik dan rencana pengembangan bisnis di masa depan.

2. Menjadi Dasar Evaluasi

Suatu evaluasi berjalan secara kontinu dalam perusahaan untuk perbaikan dan pelengkap suatu kebijakan strategis dan sistem perencanaan perusahaan. Analisis SWOT dapat membantu perusahaan untuk berpikir tentang upaya evaluasi kebijakan yang dirasa merugikan dan yang menguntungkan. Perusahaan pada akhirnya akan menetapkan berbagai desain baru sebagai solusi dari problematika bisnis yang dihadapi

3. Memberikan Informasi Tentang Status Perusahaan

Informasi yang tercantum pada Analisis SWOT dapat menjadi sarana penyampaian informasi bagi pengusaha kepada karyawan. Kebijakan dan status mengenai perusahaan menjadi lebih transparan dan dapat mudah dipahami karena ditempatkan sesuai kotak-kotak yang ada pada Analisis SWOT.

4. Memancing Ide Baru

Ide-ide baru sangat berguna untuk manajemen perusahaan. Adanya berbagai masalah seperti kelemahan, peluang dan ancaman atau kekuatan eksternal dan internal  akan memancing ide-ide brilian untuk solusi yang lebih efektif untuk masalah yang ada. Kompetensi perusahaan akan semakin meningkat di antara kompetitor berkat ide-ide baru.

Selain digunakan untuk perusahaan, sesungguhnya Analisis SWOT dapat dipergunakan untuk evaluasi individu. Seorang individu dapat merefleksikan diri mereka dengan mengisi kotak-kotak pada matriks SWOT sesuai dengan diri mereka. Alasan ini juga yang mendasari mengapa Analisis SWOT sering digunakan hingga sekarang Sungguh multiguna sekali, bukan?

Selain itu untuk mempermudah pengelolaan payroll karyawan LinovHR anda dapat menggunakan software payroll terbaik LinovHR. dengan LinovHR segala proses pengelolaan gaji akan dilakukan dengan cepat, tepat dan efektif. jadi manfaatkan software payroll terbaik LinovHR untuk mengelola semua jenis payroll yang ada diperusahaan anda.

BACA JUGA  Trik agar Bisa Tidur Lebih Nyaman Saat Hamil

Read Previous

Cara Mencari Pesan pada Whatsapp (iOS dan Android)

Read Next

10 Hal yang bisa dilakukan di iPhone (tapi tidak bisa di Android)

Tinggalkan Balasan