Inilah 5 Profit Menjadi Penerjemah yang Tak Banyak Orang Tahu

Bagikan artikel ini :

Berbagai macam pekerjaan dapat kita temukan saat ini. Salah satu pekerjaan yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun yaitu menjadi penerjemah. Misalnya dengan menjadi penerjemah online bisa mendapatkan klien dari internet tanpa harus datang ke kantor. Selain itu, menjadi penerjemah menjadi salah satu pekerjaan idaman bagi jobseeker di masa pandemi saat ini.

Bagi penerjemah mendapatkan pekerjaan bisa dari mana saja misalnya dari perusahaan atau lembaga dalam negeri hingga luar negeri. Sehingga jaringan atau relasi pada pekerjaan mereka sangat banyak. Selain itu, jika menjadi penerjemah semakin terkenal dan profesional ternyata bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah.

Maka dari itu, profesi ini bisa Anda jalankan karena sangat menguntungkan. Caranya, dengan membuat CV yang menarik sehingga, Anda bisa direkrut oleh perusahaan impian. Untuk mendapatkan referensi CV penerjemah yang benar, bisa langsung klik situs ini.

5 Profit Menjadi Penerjemah

Banyak sekali profit yang akan didapatkan dengan bekerja sebagai penerjemah. Secara lengkapnya, terdapat 5 keuntungan atau profit menjadi penerjemah, lho. Apa sajakah profit yang akan didapatkan jika Anda menjadi seorang penerjemah? Simak ulasan berikut ini.

  1.     Memiliki klien dari berbagai negara

Profit pertama yang akan dirasakan bagi seorang penerjemah yaitu memiliki kesempatan mendapatkan klien dari berbagai negara. Profit ini bisa didapatkan bila Anda juga mencari klien dari luar negeri atau berkolaborasi dengan lembaga penerjemah yang dapat diakses dari berbagai negara yang berafiliasi di dalamnya.

Peluang seperti ini akan membuat Anda untuk mengembangkan diri lebih lebar. Selain itu, memiliki klien luar negeri juga dapat membuat Anda mempelajari budaya dari negara lain. Anda bisa mempelajari cara kerja dan kebiasaan mereka, dimana budaya luar negeri terutama jika mendapatkan klien dari negara maju biasanya lebih displin dan tepat waktu. Hal ini dapat Anda tiru untuk meningkatkan kepribadian diri Anda.

  1.     Mengetahui kultur dan budaya asing

Seorang penerjemah akan mendapatkan tugas yang beragam, termasuk menerjemahkan buku. Buku yang akan diterjemahkan juga terkadang fiksi atau non fiksi. Seorang penerjemah pun tidak hanya melakukan alih bahasa saja, ia juga harus memahami makna dari kata atau kalimat yang akan diterjemahkan tersebut.

Secara tidak langsung pun, Anda akan mempelajari budaya dan kultur baru dari penutur bahasa di buku tersebut. Anda juga harus belajar setiap alur dan pola pikir dari penulis dalam buku tersebut. Seusai menerjemahkannya, Anda barulah akan sadar bahwa mendapatkan pengetahuan baru dari buku tersebut.

Hal ini dapat menjadikan Anda lebih mengembangkan diri dalam mempelajari budaya lain. Adanya perbedaan kultur, bahasa, nasionalisme dalam suatu negara juga akan berpengaruh pada gaya teks kebahasaaan. Hal ini sangat penting bagi Anda sebagai penerjemah bahasa asing.

  1.     Dapat bekerja secara online

Profit selanjutnya yang akan didapatkan bila bekerja sebagai penerjemah yaitu dapat bekerja secara online. Banyak sekali peluang kerja penerjemah lepas atau freelancer translator. Anda dapat memilih sebagai penerjemah lepas tanpa harus pergi ke kantor dan berseragam. Upah sebagai penerjemah lepas pun juga memiliki gaji yang sama besar atau bahkan lebih dari pegawai.

Seorang penerjemah lepas harus pandai dalam mencari peluang kerja, Anda perlu mengetahui banyak perusahaan atau lembaga yang membutuhkan pekerjaan tersebut. Pentingnya mempromosikan diri Anda sebagai pekerja lepas melalui forum-forum penerjemah online di media sosial.

Anda bisa mendapatkan info berupa lowongan kerja yang sesuai. Melalui forum tersebut, Anda juga akan mendapatkan banyak teman sesama penerjemah. Banyak juga perusahaan dari luar negeri yang membutuhkan penerjemah lepas untuk alih bahasa ke Bahasa Indonesia. Tentunya, ini menjadi sebuah kesempatan yang baik dalam berkarir sebagai penerjemah lepas.

  1.     Dapat Membantu Orang Lain

Tujuan bekerja pasti untuk mendapatkan uang. Namun,  pekerjaan tersebut bisa menjadi semakin bermanfaat apabila juga diniatkan untuk membantu orang lain. Anda bisa membantu dengan meringankan pekerjaan orang lain. Misalnya Anda bisa membantu mahasiswa yang ingin apply beasiswa ke luar negeri. 

Anda bisa menjadi penerjemah dokumen berbahasa inggris bagi mahasiswa dalam negeri. Juga membantu mereka turut serta dalam memahami teks jurnal dan materi pembelajaran yang sulit dimengerti oleh mereka.

  1.     Penghasilan yang menjanjikan

Profit terakhir bagi seorang penerjemah yaitu memiliki penghasilan atau gaji yang menjanjikan. Pekerjaan sebagai penerjemah ini dapat menjadi alternatif side job yang menjanjikan. Apalagi jika Anda, menjadikan pekerjaan ini sebagai profesi utama. Penghasilan yang didapatkan pun bisa didapatkan hingga puluhan juta. Bila Anda mendapatkan klien luar negeri yang dibayar dengan dolar gajinya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan klien dalam negeri.

Nah, itu tadi 5 profit atau keuntungan yang akan didapatkan bila bekerja sebagai penerjemah. Anda bisa mengasah skill sebagai penerjemah untuk mengembangkan profesi tersebut. Sementara bagi Anda yang baru pertama kali, gelutilah pekerjaan ini dengan baik karena banyak profit yang didapatkan.

BACA JUGA  Tips Merancang Seragam Kantor yang Baik

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...