Menu Tutup

9 Cara Memotret yang Baik dengan Kamera Handphone

9-cara-memotret-yang-baik-dengan-kamera-handphone-asaljeplak
Spread the love

Tidak memiliki kamera yang bagus dan mahal bukan berarti tidak dapat mengambil gambar yang keren, lho, karena semua tergantuk teknik dan naluri artistik kita sendiri untuk mendapatkan hasil gambar yang baik.

Begitu juga sebaliknya, memiliki kamera yang mahal bukan berarti bisa menghasilkan gambar yang bagus terutama kalau 2 faktor di atas tidak terpenuhi.

Lalu bagaimana kalau yang kita miliki hanyalah kamera pada handphone/smartphone/ponsel ? Apakah tetap bisa mengambil gambar yang baik?

Tentu saja bisa asalkan tahu tekniknya, dan pada artikel kali ini akan Asaljeplak berikan panduan mengenai 9 cara memotret yang baik dengan kamera Handphone/Smartphone/ponsel milikmu supaya hasilnya tidak kalah dengan hasil foto para selebgram.

1. Atur Pencahayaan

Poin paling penting dalam mengambil gambar menggunakan perangkat apapun adalah soal pencahayaan.

Dan bukan hanya bicara soal lampu kilat atau perlengkapan lighting yang mahal ya, terkadang cahaya terik atau cahaya senja dari Matahari bisa memberikan nuansa yang berbeda untuk hasil foto.

Berhubung handphone/ponsel pada umumnya tidak berfungsi dengan baik untuk mengambil gambar di area yang minim cahaya, pastikan kamu hanya mengambil gambar saat sedang berada di suatu lokasi yang pencahayaannya cukup, baik itu sinar matahari ataupun lampu meja, atau lampu ruangan.

2. Hindari Zoom Digital

Ini salah satu faktor paling penting terutama bagi pengguna smartphone dan kamera saku pada umumnya.

Zoom digital pada kedua perangkat tersebut dijamin dan DIJAMIN membuat hasil gambar menjadi pecah yang tentunya tidak kamu inginkan.

Lebih baik usaha sedikit dengan berjongkok, jinjit, atau berjalan mendekati objek dibandingkan kamu harus menggunakan fitur Zoom karena hasilnya pasti lebih baik.

3. Jangan Goyang

Bukan Jaran Goyang ya, tetapi Jangan Goyang.

Maksudnya di sini adalah kamu harus berlatih memegang handphone/ponsel senyaman mungkin dan tidak goyang terutama saat menekan shutter.

Kecuali memang itu hasil yang kamu inginkan, gambar yang tidak stabil tentunya bukanlah yang kita inginkan saat mengambil foto.

Ubah cara atau posisi shutter pada pengaturan handphone, apakah di ketuk pada layar, atau tekan tombol volume, dan sesuaikan dengan metode yang paling nyaman buatmu.

4. Ubah Sudut Pengambilan Gambar

Kalau cara yang satu ini sebenarnya sangat tergantung kepada faaktor naluri artistik yang kamu miliki, karena tidak selamanya mengubah sudut pengambilan gambar akan menghasilkan hasil foto yang bagus.

Sebaiknya sih kamu belajar juga mengenai prinsip Rules of Thirds terlebih dahulu, yaitu membayangkan hasil gambar kamu akan terbagi ke dalam kotak imajiner berukuran 3×3 seperti ini:

9-cara-memotret-dengan-handphone-rules-of-thirds
Sumber: Google

Dimana prinsip ini mengajarkan bahwa kamu sebaiknya tidak menempatkan objek foto di bagian tengah dari gambar, melainkan di sepanjang garis vertikal imajiner sebelah kanan atau sebelah kiri untuk membuat hasil gambar lebih “hidup” dan tidak membosankan.

5. Gunakan Apps yang Baik untuk Edit Foto

Tentunya salah satu keuntungan dalam menggunakan handphone/smartphone adalah kamu bisa menyempurnakan hasil foto yang kamu ambil langsung pada perangkat tersebut dengan menggunakan apps yang tersedia pada Play Store ataupun Appstore.

Beberapa apps yang direkomendasikan untuk mengedit foto antara lain adalah:

  • Adobe Lightroom 2.0
  • Snapseed
  • SKRWT
  • VSCO Cam
  • Afterlight

Dan tentunya masih banyak lagi apps yang lain yang bisa kamu gunakan.

6. Bersihkan Lensa Kamera

Lensa kamera yang bersih tentunya akan menghasilkan gambar yang jernih, jadi pastikan kamu selalu menjaga kebersihan lensa kamera tersebut.

Dan pastikan pula casing milikmu tidak menghalangi bidikan kamera, karena ada beberapa casing yang nyebelin karena ukurannya tidak pas sehingga menghalangi bidikan.

7. Ambil Foto Sebanyak Mungkin

Jangan harap hanya dengan 1-2 bidikan kamu bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal, kecuali kamu merupakan salah satu anak jenius fotografi yang lahir 1000 tahun sekali (hayah).

Ambil gambar sebanyak-banyak nya dan kemudian seleksi yang terbaik. Eksplorasi beragam sudut dan jangan pikirkan dulu soal hasilnya.

8. Manfaatkan Pantulan

Manfaatkan setiap pantulan atau refleksi yang bisa kamu dapatkan dari cermin atau benda yang memantulkan refleksi dari objek foto yang ingin kamu ambil.

Cara ini sih hanya sekedar satu dari sekian teknik yang bisa digunakan untuk memberikan kesan artistik pada hasil foto.

9. Enjoy Aja, Jangan Jadi Beban

Tips ini yang paling penting. Jangan karena kamu terlalu ngebet ingin jadi selebgaram, eh, selebgram yang terkenal malah membuat kamu jadi stress dan merasa dikejar-kejar waktu.

Santai dan dibawa enjoy aja proses mencari gambar yang baik tersebut, karena memang peralatannya terbatas, toh, jadi buat apa merasa stress dan tergesa-gesa.

Justru dengan kamu tenang dan dibawa senang malah akan membuat hasil foto yang kamu hasilkan lebih baik dibanding sambil ngomel-ngomel.

Tentunya masih ada beberapa tips lainnya yang bisa kamu gunakan dalam teknik pengambilan gambar menggunakan handphone seperti mengatur fokus dan eksposure secara manual, tetapi 9 cara di atas sih sudah cukup untuk dijadikan panduan dasar yang bisa kamu asah sebelum mencoba teknik-teknik lainnya.

Posted in Fotografi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan