Cara mengatasi program komputer keluar sendiri di PC windows 10

tutorial-windows
Spread the love

Bagi kalian yang menggunakan Operating System (OS) Windows pasti pernah mengalami yang namanya Windows Error.

Memang meski Windows ini merupkan OS yang paling banyak digunakan di dunia, namun sayangnya Windows ini rentan terhadap virus dan mempunyai beberapa bug yang menyebabkan terjadinya Windows Error.

Biasanya beberapa hal yang terjadi adalah aplikasi keluar sendiri  atau tiba-tiba muncul peringatan atau notifikasi ‘Not Responding’ dan ‘Has Stopped Working’ tentu saja hal tersebut akan membuat membuat kalian kesal, apalagi sedang mengerjakan pekerjaan yang sudah mendekati deadline lalu belum di-save, seperti ingin menangis rasanya.

Kemudian yang perlu diperhatikan juga, bahwa OS Windows ini sangat rentan terhadap virus, sehingga pengguna harus lebih hati-hati dan lebih teliti. Jangan sebarangan colok USB atau mendownload yang aneh-aneh.

Hal itu juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah aplikasi keluar sendiri. Namun untuk masalah aplikasi keluar sendiri ini bisa diatasi dengan beberapa cara, karena itu Asaljeplak akan membahas beberapa solusinya.

Memperbaiki File System yang Corrupted

  1. Tahap pertama yang bisa dilakukan adalah masuk ke command prompt.
  2. Caranya ketikan ‘cmd’ di lambing windows sebelah kiri bawah. Atau biasa disebut windows search.
  3. Setelah muncul command promt, lalu klik kanan pilih à Run as Administrator.
  4. Setelah masuk di Command Promt, ketikan à sfc/scannow kemudian tunggu hingga 100 persen.
  5. Setelah selesai lalu restart windows kalian.

Lakukan Full Scan dengan Anti-Virus

Apabila hal pertama tadi yakni restart komputer sudah dilakukan dan tetap error, Anda bisa melakukan full scan komputer anda dengan anti virus terupdate.

Biasanya virus dapat memakan resource yang besar sehingga memory untuk membuka aplikasi lain tidak cukup. Gunakan Anti-Virus yang sudah terbukti kekuatannya seperti Bitdefender, AVG, Kaspersky, Avira dan Norton.

Menghapus Temporary Files

Langkah ketiga yang bisa dilakukan apabila aplikasi di Windows 10 kalian tiba-tiba keluar, lakukanlah penghapusan terhadap temporary files yang merupakan catatan files sementara yang menyimpan data penggunaan suatu aplikasi di windows untuk mempercepat proses suatu aplikasi.
Kalian perlu menghapus temporary files supaya aplikasi melakukan kompilasi data ulang, karena kompilasi data yang tidak sepenuhnya selesai dapat menyebabkan Error.

Caranya:

  1. Klik kanan Local Disk CK atau tempat system operasi anda terinstal,
  2. kemudian pilih General > Disk Cleanup dan centang semua
  3. Clean up system files lalu OK dan tunggu sampai proses selesai dan keluar dengan sendirinya
  4. Restart komputer

Ketiga cara tersebut merupakan jurus jitu apabila aplikasi di Windows 10 kalian tiba-tiba keluar sendiri.

Apabila masih terjadi maka lakukanlah secara berulang. Tetapi kalau tidak kunjung selesai masalahnya, lebih baik unsintall dulu aplikasi yang sering tiba-tiba keluar tersebut.

Atau mungkin lebih aman, install ulang Windows kalian. Memang memubutuhkan waktu banyak sih untuk install ulang, tetapi yaa mau bagaimana lagi.

Tinggalkan komentar

Advertisements

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 1.315.681 hit