6 Chrome Extensions Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Produktif

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Nama aplikasi browser Google Chrome tentu sudah tidak asing lagi untuk didengar, bahkan mungkin saat ini kita tengah menggunakannya sebagai media untuk mengakses internet. Apalagi Chrome memang didesain sebagai browser berkemampuan tinggi dan lebih cepat dalam menampilkan hasil pencarian.

Aplikasi browser satu ini memang menjadi browser yang paling banyak digunakan. Hal ini bisa terlihat dari jumlah penggunanya yang tercatat sekitar 2,65 miliar di seluruh dunia atau menguasai 62.48 persen pasar.

Tak heran jika Google dipilih menjadi browser utama karena banyak fitur yang dapat mempermudah aktivitasmu saat menggunakan Chrome. Salah satu fitur yang dapat kamu gunakan adalah ekstensi, di mana fitur ini memberikan tambahan fungsi, dapat memodifikasi, serta meningkatkan fungsi lain dari Chrome.

Pemilihan perangkat juga perlu diperhatikan untuk mendukung produktivitas, misalnya, kamu bisa memilih laptop terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa brand laptop yang sudah memberikan browser Chrome sebagai default. Jika belum ada, kamu bisa mengunduhnya terlebih dulu.

Setelah semuanya set, berikut 6 ekstensi Chrome yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan produktivitas.

Google Keep

Ekstensi yang bernama Google Keep ini berguna untuk menyimpan data-data kamu dengan rapi. Fungsi utama dari ekstensi ini adalah untuk para pengguna dapat menulis catatan dan membuat daftar pekerjaan sehingga kamu bisa  melacak proses dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Lebih jelasnya lagi, Google Keep dapat meningkatkan produktivitas ketika kamu harus berpindah dari satu catatan ke catatan yang lainnya. Ekstensi ini akan mengategorikan catatan-catatan kamu dengan warna yang berbeda agar mudah dicari nantinya.

Tidak hanya dua fungsi di atas, dengan menggunakan Google Keep kamu juga bisa menyimpan gambar dan tangkapan halaman dalam suatu catatan. Uniknya lagi, ekstensi ini juga dapat membuat catatan dari mendengarkan suara yang kemudian diubah menjadi tulisan. Menarik, bukan?

Grammarly

Grammarly tentu tidak asing lagi bagi kalangan pelajar. Bagaimana tidak, ekstensi yang satu ini mempunyai pengetahuan bahasa yang dapat membantu penggunanya untuk memeriksa ejaan dalam sebuah dokumen.

Kemampuan Grammarly tidak hanya sebatas memeriksa ejaan saja. Akan tetapi, juga termasuk koreksi kata, penyesuaian gaya tulis, hingga saran lanjutan yang memungkinkan kamu membuat sebuah kalimat dengan pemilihan kata yang tepat.

Fitur yang ditawarkan ekstensi ini menjadikannya cocok digunakan oleh siapa saja, seperti pelajar, guru, dan bahkan pekerja kantoran. Untuk penggunanya yang sedang menulis teks atau dokumen penting, Grammarly juga menyediakan layanan cek plagiarisme secara gratis.

LastPass

Tidak dipungkiri banyaknya aplikasi dan software mengharuskan kita untuk mengingat sejumlah kata sandi yang berbeda. Bahkan, tidak jarang kita melupakan beberapa kata sandi tersebut saat sedang dibutuhkan.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah manajemen kata sandi yang dapat menyimpan lebih dari satu kata sandi untuk penggunaan yang berbeda. Biasanya kita akan menggunakan layanan dari Google untuk menyimpannya. Namun, bagaimana jika kita tidak dapat mengakses akun Google?

Maka, di sinilah peran dari ekstensi LastPass yang akan menggantikan Google. Lebih dari sekedar menyimpan kata sandi, software ini juga dapat digunakan untuk menyimpan data lainnya seperti kartu kredit, formulir, dan juga alamat.

LastPass juga dapat memberi saran untuk meningkatkan keamanan kata sandi. Jangan khawatir apabila malware menyerang perangkatmu, software ini dapat memberikan peringatan dan melindungi kamu dari serangan tersebut.

Infinity

Infinity adalah ekstensi yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan Chrome di perangkatmu. Mulai dari halaman website, dokumen, dan beberapa hal yang ingin kamu tambahkan seperti personalisasi ikon, wallpaper, pengingat, catatan, serta daftar kegiatan yang ingin kamu lakukan.

Mungkin ekstensi ini terlihat begitu sederhana, tetapi kegunaannya terletak pada hal kecil yang bisa meningkatkan efektivitas dalam mengerjakan pekerjaan. Misalnya, ketika kamu mempunyai banyak dokumen kerja yang sering digunakan, tetapi tata letaknya tidak teratur.

Untuk mengatasi hal ini, Infinity dapat membuat kamu menambahkannya ke dalam sebuah kategori baru dan membuat ikon khusus dengan warna berbeda sehingga lebih mudah untuk diakses. Kelebihan lain yang dimiliki ekstensi ini adalah kamu dapat memilih banyak wallpaper yang kamu suka dari Infinity yang menyediakan lebih dari 35,000 gambar HD.

Nimbus

Ekstensi selanjutnya adalah Nimbus yang memungkinkan kamu untuk menangkap dan menyiarkan layar secara langsung. Nimbus dinilai cocok untuk kamu yang suka menjelajahi internet, meneliti, dan mengumpulkan berbagai informasi.

Meskipun fitur screenshot pada laptop sebenarnya sudah kamu miliki, dengan menggunakan Nimbus kamu bisa mengolah gambar atau rekaman gambar tersebut tanpa repot. Di antaranya Nimbus menawarkan alat untuk memangkas dan memotong, mengedit, mengubah format, dan menyesuaikan rekaman tersebut.

Selain dari kemampuannya yang telah digambarkan di atas, software ini juga sudah terintegrasi dengan banyak aplikasi lainnya seperti Google Drive dan Dropbox untuk penyimpanan, Google Classroom dan juga Youtube. Chrome extension ini memungkinkan kamu untuk tidak hanya sekedar mengedit, tetapi juga membagikannya secara cepat.

Similarweb

Similarweb adalah ekstensi yang digunakan untuk mengetahui jumlah engagement, sumber traffic, dan informasi lainnya seputar website. Tentunya ekstensi satu ini sangat cocok jika kamu bekerja pada sebuah kantor atau konsultan pemasaran digital.

Dengan hanya mengetik nama sebuah website kamu akan mendapatkan hasil yang cukup lengkap dan dilengkapi dengan data. Data yang ditampilkan pun berupa analisa, peringkat, kesamaan dan popularitas sehingga memungkinkan kamu untuk membandingkan banyak website.

Secara ringkas cara kerja Similarweb ini dimulai dengan mengumpulkan data mentah dari berbagai sumber, kemudian diolah oleh mesin dan memprediksi algoritmanya. Setelah selesai mengolah, data yang kamu perlukan akan muncul pada Similarweb.

Itulah beberapa ekstensi pada Chrome yang bisa kamu gunakan dalam meningkatkan produktivitas kerja. Setelah menentukan ekstensi mana yang tepat, mulailah menggunakannya sebagai pendukung pekerjaan. Selamat mencoba!

BACA JUGA  Kenapa WiFi Lemot? Ini Deretan Penyebabnya

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...