Cara Mencegah Kanker Darah

Bagaimana cara mencegah kanker darah yang ampuh? Berikut ini akan Asaljeplak jelaskan beberapa cara yang bisa dicoba untuk melakukannya.

Kanker darah tentunya bukanlah suatu penyakit yang kita harapkan menyerang diri kita atau orang-orang terdekat yang kita sayangi. Karenanya kita perlu segera mengambil tindakan supaya bisa mencegah atau setidaknya meminimalisir risiko terkena penyakit tersebiut.

Jika mendengar kanker darah, orang pasti akan langsung mengasosiasikannya dengan leukimia. Memang benar bahwa leukimia adalah istilah yang umum digunakan, namun sebenarnya terdapat turunan dari leukimia itu sendiri, yang memiliki penyebab lebih spesifik.

Leukemia berasal dari bahasa Yunani yaitu leukos λευκός yang artinya putih dan aima αίμα, yang artinya darah; yang jika digabungkan artinya menjadi darah putih.

Namun mengapa leukimia sendiri menjadi istilah medis yang dipakai untuk kanker darah? Alasannya adalah karena pada tubuh penderita kanker darah ditemukan sel darah putih yang jumlahnya banyak atau di atas normal, dan bersifat abnormal.

Fungsi dari sel darah putih sendiri adalah sebagai sistem pertahanan tubuh untuk melawan infeksi dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Jumlah sel darah putih sendiri sebenarnya tidak banyak, hanya sekitar 1% dari total volume darah pada orang dewasa. Namun walaupun jumlahnya sedikit, sel darah putih memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan tubuh manusia.

Pada penderita leukimia atau kanker darah, permasalahan terjadi pada lonjakan volume sel darah putih muda (promielosit), dimana sel darah muda ini belum efektif untuk melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya adalah tubuh kehilangan sistem pertahanan utamanya, sehingga mudah terserang berbagai penyakit atau infeksi di dalam.

Selain itu penderita kanker darah yang kehilangan sistem imun tubuh terhadap bakteri dan virus, juga akan mengalami penurunan volume pada sel darah merah dan platelet. Leukimia merupakan penyakit yang berbahaya bagi tubuh manusia, dan bisa menyerang siapa pun; pria dan wanita dan bayi hingga orangtua.

Sampai saat ini penyebab leukimia sendiri belum diketahui dengan pasti, dan walaupun pengobatan secara medis sudah ada, namun belum secara efektif menyembuhkan pasien yang menderita leukimia, pun pencegahan kanker darah sampai saat ini belum dapat dilakukan dengan pasti.

Namun terdapat beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah kanker darah, yaitu:

Olahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur selain menyehatkan untuk organ dan fisik tubuh, juga dapat menyehatkan mental seseorang. Orang yang berolahraga akan jauh dari stress, karena dengan berolahraga otak akan menghasilkan hormon endorphin yang dapat mengurangi level stress di otak.

Sebuah studi kesehatan menyebutkan bahwa olahraga memiliki dampak yang positif bagi tubuh. Dengan Berolahraga maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat seperti misalnya semakin banyak sel sel darah merah yang dapat diproduksi dan bersirkulasi dalam tubuh, kemudian fungsi perbaikan dan modifikasi DNA pada sel punca atau sel induk menjadi lebih baik, sehingga kerusakan dalam tubuh menjadi berkurang dan bisa secara efektif melawan penyakit.

Tubuh yang sehat dan pikiran yang tenang niscaya dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mematikan.

Menerapkan Pola Gaya Hidup Sehat

Tidak ada salahnya anda mengubah pola hidup anda menjadi lebih sehat, yaitu dengan rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang baik dan bernutrisi untuk tubuh, dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol, kurang tidur atau istirahat, dan lain sebagainya.

Zaman sekarang, dimana sudah banyak polusi, tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi, dan kebutuhan yang semakin meningkat, banyak orang yang dengan mudah akan terserang penyakit; selain karena sistem pertahanan tubuh yang lemah akibat kurang istirahat, berolahraga, dan mengkonsumsi makanan tidak sehat, juga karena stress yang selain diakibatkan oleh faktor eksternal, juga faktor internal yaitu tubuh yang kelelahan dan pikiran yang stress.

Dengan melakukan pola hidup sehat, diharapkan dapat membuat tubuh dan mental anda sehat, sehingga terhindar dari berbagai mecam penyakit, termasuk kanker darah.

Mengkonsumsi Vitamin C secara Teratur

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin C secara teratur dapat mencegah timbulnya kanker darah pada tubuh manusia. Studi ini menyebutkan bahwa Sel punca dapat menyerap kadar vitamin C yang luar biasa tinggi, dimana vitamin C dapat membantu mengatur fungsi kerja dari sel punca dan menekan perkembangan sel kanker darah.

Sel punca atau sel induk merupakan sel utama dalam tubuh memiliki potensi tinggi untuk berkembang menjadi banyak jenis sel yang berbeda di dalam tubuh seperti menjadi sel punca lagi atau menjadi sel lain seperti sel ototsel darah merah atau sel otak.

Sel punca memiliki mekanisme yang disebut epigenome, dimana fungsinya adalah untuk memodifikasi DNA dan mengatur sel yang akan diproduksi.

Ketika sel punca tidak menerima cukup vitamin C, maka fungsi kerja dari mekanisme epigenome dapat terganggu. Namun perlu diingat bahwa mengkonsumsi sesuatu yang berlebihan akan memiliki dampak yang buruk; bukannya membantu, namun malah dapat meningkatkan resiko kanker darah.

Ketiga hal tersebut di atas memang belum teruji dapat mencegah terjadinya kanker darah secara spesifik, namun banyak studi sudah membuktikan bahwa paling tidak jika hal-hal tersebut dilakukan, maka akan mengurangi resiko terkena penyakit mematikan, seperti kanker darah.

Selain rutin menjalani ketiga hal tersebut, ada baiknya anda juga rajin melakukan medical check-up untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh anda secara menyeluruh, dan  juga dapat mendeteksi berbagai penyakit yang ada sebelum terlambat, agar dapat ditangani sejak dini.

BACA JUGA  Jaga Kesehatan Tanpa Biaya Mahal dengan SehatQ.com

Read Previous

Manfaat Tabir Surya bagi Kulit Kita

Read Next

Tips Merawat Kuku supaya Sehat dan Cantik

Tinggalkan Balasan