Manfaat Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Ada banyak perdebatan tentang pengenalan teknologi terhadap anak-anak, namun apabila digunakan dengan bijak, terdapat manfaat besar dalam pendidikan anak di usia dini.
pengenalan-teknologi-sejak-dini

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Ada banyak perdebatan tentang pengenalan teknologi terhadap anak-anak, namun apabila digunakan dengan bijak, terdapat manfaat besar dalam pendidikan anak di usia dini.

Dalam hal teknologi, orang tua sering berada di salah satu dari dua kubu: menerima dengan tangan terbuka atau malah skeptis, terutama jika menyangkut dengan anak-anak Anda.

Namun, penting bagi orang tua untuk dapat menemukan jalan tengah, dan menuai manfaat teknologi dalam pendidikan anak usia dini. Dibandingkan berpikir tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anak di depan layar smartphone, lebih baik Anda memikirkan apa yang dapat dilakukan oleh anak Anda dengan teknologi yang ada.

Teknologi disini bukan hanya mengenai penggunaan smartphone pada anak-anak dimana banyak anak yang suka menonton video secara pasif. Hal tersebut seringkali tidak memicu kreativitas dan inovasi pada Anak.

Waktu yang dihabiskan dengan teknologi harus bersifat kreatif dan memperkuat kreativitas anak, seperti misalnya mengajarkan anak Anda untuk membuat video, merakit robot atau membuat karya seni dengan tablet atau komputer.

Sebagai orang tua, Anda harus terus memikirkan outlet kreatif yang disediakan untuk anak-anak Anda; dimana hal tersebut dapat melibatkan anak dalam kegiatan yang menumbuhkan kreativitas dan ekspresi.

Jika anak-anak belajar menggunakan teknologi di sekolah, orang tua dapat mendorong mereka untuk menggunakan pendidikan itu untuk melibatkan minat mereka sendiri, seperti mengajarkan orang lain cara membuat portal di Minecraft, membuat film untuk menceritakan kembali kisah dan banyak lagi.

Menciptakan dan berbagi tidak hanya memberi siswa kesempatan untuk mengeksplorasi prosesnya, tetapi juga mengumpulkan umpan balik dan belajar darinya.

Penting untuk melibatkan anak sejak dini sehingga mereka akan tumbuh menjadi orang dewasa yang menggunakan teknologi dengan baik nantinya. Teknologi selalu maju, dan Anda perlu memastikan bahwa sebagai orang tua, Anda dan anak Anda ikut maju seiring dengan perkembangan teknologi.

BACA JUGA  Panel Surya Dapat Bekerja Maksimal di Seluruh Wilayah Indonesia

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB