Semua Fakta tentang Apple Iphone 7 dan 7 Plus yang Perlu Kamu Ketahui

3
591

Apple iPhone telah resmi diluncurkan dan sudah mulai dibuka pre-order. Ini dia semua fakta lengkap mengenai iPhone 7 dan iPhone 7 plus yang perlu kamu ketahui sebelum membeli.

[ad_1]

 

[toc title=”Navigasi Cepat:” title_tag=”h3" list=”ol” depth=”1"]

Bagi kamu yang sudah menanti-nantikan kehadiran produk terbaru dari Apple ini tentunya penasaran mengenai spek dan fitur-fitur unggulan yang ada di dalam iPhone 7 dan iPhone 7 plus.

Nah pada artikel kali ni akan Asaljeplak berikan data dan fakta yang semoga bisa membantu kamu untuk lebih mengenal produk ini, terutama apabila kamu berniat untuk membelinya.

 

Spesifikasi Umum

Pertama, berikut akan Asaljeplak berikan spesifikasi umum yang tidak terlalu memasukkan istilah-istilah teknis tetapi penting untuk kamu tahu.

Apple iPhone 7 dan iPhone 7 plus semuanya sudah 4G kompatibel (LTE), menggunakan nano SIM card, dan masing-masing dibekali dengan chip prosesor A10 64 bit yang diklaim lebih cepat hingga 40% dibandingkan pendahulunya yaitu A9.

A10 juga diklaim akan dapat memainkan game-game dengan kualitas konsol, dengan performa grafis yang lebih kuat hingga 50% dibanding A9.

Keunggulan lainnya yang ada pada varian terbaru ini adalah body Smartphone yang anti air dan anti debu. Jadi tidak perlu khawatir apabila nantinya smartphone ini ketumpahan air.

Perbedaan iPhone 7 dengan iPhone 7 plus selain pada faktor dimensi ukuran, yaitu pada ketajaman resolusi dimana iPhone 7 plus memiliki resolusi 1920x1080pixels. Tetapi faktor ini mungkin disebabkan karena layar iphone 7 plus yang lebih besar dibanding iphone 7 yaitu 5,5inch.

Faktor lainnya yang cukup signifikan adalah adanya kamera belakang tambahan pada iPhone 7 plus yang membuatnya menjadi dual kamera, dan juga digital zoom hingga 10x (iphone 7 hanya 5x) serta optical zoom 2x (iphone 7 tidak ada optical zoom).

Penjelasan selengkapnya mengenai kamera akan dibahas di bawah.

Apple juga menanamkan fitur fingerprint serta aplikasi terbarunya yaitu Apple Pay untuk mempermudah transaksi dan kabarnya ditargetkan untuk menggeser kartu kredit berbentuk fisik (kartu).

Berikut ini adalah tabel spesifikasi umum untuk kedua varian produk untuk mempermudah kamu dalam membandingkan keduanya.

iPhone 7

Jaringan GSM / EVDO / LTE
Chipset A10 64bit
Dimensi (Keseluruhan) 138.3 x 67.1 x 7.1 mm
Berat 138 gram
Jenis SIM Card Nano SIM
Dimensi (Layar) 4,7 inch
Resolusi 750 x 1334 pixels 326ppi
Memori 32/128/256 GB
Kamera (Belakang) 12 MP, 4K Video recording 30FPS
Kamera (Depan) 7 MP
Fitur Lain Fingerprint, Apple Pay, Anti Air & Debu

iPhone 7 plus

Jaringan GSM / EVDO / LTE
Chipset A10 64bit
Dimensi (Keseluruhan) 158.2 x 77.9 x 7.3 mm
Berat 188 gram
Jenis SIM Card Nano SIM
Dimensi (Layar) 5,5 inch
Resolusi 1080 x 1920 pixels 401ppi
Memori 32/128/256 GB
Kamera (Belakang) 2x @12 MP, 4K Video recording 30FPS
Kamera (Depan) 7 MP
Fitur Lain Fingerprint, Apple Pay, Anti Air & Debu

 

Jadwal Rilis iPhone 7 di Indonesia

Lalu kapan iPhone 7 dan iPhone 7 plus masuk ke Indonesia? Hingga saat ini belum ada pengumuman resmi dari pihak Apple terkait hal ini.

Tapi bagi kamu yang ingin membeli di luar negeri, berikut ini jadwal lengkap mulai dari pre-order hingga jadwal pengiriman ke seluruh dunia yang sudah di rilis oleh pihak Apple.

Jadwal Rilis & Pre-Order :

9 September 2016

Jadwal Pengiriman :

Gelombang 1 : 16 September 2016
Negara tujuan : Australia, Austria, Belgia, Kanada, Tiongkok, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Irlandia, Italia, Jepang, Luksemburg, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, PuertoRico, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Uni Emirat Arab, Inggris serta Pulau Virgin AS dan Amerika Serikat.

Gelombang 2 : 23 September 2016
Negara Tujuan : Andorra, Bahrain, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Republik Ceko, Estonia, Yunani, Greenland, Guernsey, Hungaria, Islandia, Isle of Man, Jersey, Kosovo, Kuwait, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Maladewa, Malta, Monako, Polandia, Qatar, Rumania, Rusia, Arab Saudi, Slovakia dan Slovenia.

Jadwal Rilis di Indonesia :
Saat ini sedang dalam tahap pembuatan Surat Pengantar Pengujian Perangkat (SP3) oleh SDPPI (Postel) berbarengan dengan Airpods, Apple Watch, Powerbeats3 Wireless Earphones, dan Beats Solo3 Wireless On-Ear Headphones.
semua-tentang-iphone-7-dan-iphone-7-plus-jadwal-rilis-indonesia

Harga

Harga iPhone 7 dan iPhone 7 plus bervariasi seperti biasa, karena disesuaikan dengan kapasitas memori internal dari masing-masing model.

Baik iPhone 7 maupun iPhone 7 Plus masing-masing akan memiliki varian kapasitas yaitu 32GB, 128GB, dan 256GB.

Berikut ini daftar harga dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus berdasarkan harga jual untuk pasar Amerika Serikat.

iPhone 7 :
– Untuk memory 32 GB harga 649 dollar AS (kisaran Rp 8,5 juta)
– Untuk memory 128 GB harga 749 dollar AS (kisaran Rp 9,8 juta)
– Untuk memory 256 GB harga 849 dollar AS (kisaran Rp 11,1 juta)

iPhone 7 Plus :
– Untuk memory 32 GB harga 769 dollar AS (kisaran Rp 10 juta)
– Untuk memory 128 GB harga 869 dollar AS (kisaran Rp 11,3 juta)
– Untuk memory 256 GB harga 969 dollar AS (kisaran Rp 12,7 juta)

Pilihan Warna dan Kualitas Desain

Pilihan Warna

Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus akan hadir dalam 5 varian warna untuk masing-masing model. Warna-warna tersebut adalah  Rose Gold, Gold, Silver, Black, dan Jet Black.

Warna Black dan Jet Black di sini dibedakan dari segi finishingnya, dimana warna Black lebih ke arah warna matte alias dof, dan Jet Black lebih ke arah glossy.

Kekhawatiran mengenai warna jet black ini adalah nantinya akan lebih mudah terkena tempelan cap jari dibandingkan dengan warna Black yang menggunakan finishing dof.

iPhone 7 :

semua-tentang-iphone-7-dan-iphone-7-plus-warnaRose Gold, Gold, Silver, Black (Matte), Jet Black (Glossy)

iPhone 7 Plus :

semua-tentang-iphone-7-dan-iphone-7-plus-warna-02

Rose Gold, Gold, Silver, Black (Matte), Jet Black (Glossy)

Kualitas Desain

Poin utama dari kualitas desain iPhone 7 dan 7 plus ini adalah :

  • Anti air dan debu
  • Letak kamera yang menonjol
  • Stereo Speaker di atas dan di bawah

Dari sisi desain, iPhone 7 menggunakan frame yang sama dengan 6S, namun lebih ringan. DIbandingkan iPhone 6S yang memiliki berat 143gram, tentunya iPhone 7 yang hanya 138gram akan terasa lebih ringan digenggam.
semua-tentang-iphone-7-dan-iphone-7-plus-desain-01
Mengenai letak kamera yang menonjol, bagi beberapa kalangan pastinya akan terlihat aneh dan tidak nyaman dipandang, tetapi ini lebih ke faktor selera.

Letak speaker stereo pada bagian atas dan bawah tentunya akan memberikan kejernihan dan bolume suara yang lebih dibanding model sebelumnya. Bahkan pihak Apple meng-klaim bahwa speaker iPhone 7S akan memiliki volume lebih kencang dua kali lipat dibandingkan 6S.

[wp_[wp_ad_camp_4]

Tidak Ada Jack Headphone 3,5mm

semua-tentang-iphone-7-dan-iphone-7-plus-desain-02

Yap, benar sekali. Pada model iPhone 7 dan 7 Plus ini sudah tidak akan ditemukan lagi lubang / jack 3,5mm untuk Headset kamu.

Sebagai gantinya, headset bawaan akan memiliki colokan lightning, sama seperti yang digunakan untuk charger.

Tetapi jangan khawatir karena di dalam paket pembelian juga akan disediakan adapter untuk Jack 3,5mm sehingga kamu bisa mencolokkan Headset kesayangan kamu menggunakan adapter tersebut.

Dan kedepannya, tepatnya pada akhir Oktober 2016 nanti Apple akan merilis wireless headset mereka yang diberi nama Airpods bagi kamu yang ingin mendengarkan musik sambil men-charge iPhone 7  atau 7 Plus milikmu.

Kualitas Kamera

semua-tentang-iphone-7-dan-iphone-7-plus-desain-03
Iphone 7 dan 7 Plus dilengkapi dengan kamera yang boleh dibilang, terbaik diantara line-up produk Apple iPhone sebelumnya.

Di bagian depan kamu akan mendapati kamera 7 MP untuk kebutuhan selfie dan Facetime HD yang tentunya akan jernih banget hasilnya.

Kemudian di bagian belakang tertanam kamera 12MP dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang akan memastikan hasil jepretan tidak goyang-goyang alias shaky.

Hasil kamera diklaim akan jauh signifikan hasilnya dengan tambahan 50% cahaya, 60% lebih cepat dan 30% lebih efisien dikarenakan lensa dengan aperture lebar yang digunakan.

Lalu apa fungsi dual kamera pada iPhone 7 Plus ?

Dual Kamera memiliki fungsi untuk mengambil gambar secara wide angle, dan juga bisa bekerja bersamaan untuk mendapatkan hasil gambar misalnya, fokus pada objek tetapi background blur.

Selanjutnya tentang dual kamera ini akan dilengkapi apabila Asaljeplak sudah memiliki lebih banyak referensi dan hasil rekaman serta review pengguna.

Mengenai kualitas foto dan video, Asaljeplak baru mengandalkan dari review-review yang ada di Youtube saja karena produk ini baru sampai tahap pre-order.

Nantinya setelah mulai banyak pengguna maka halaman ini akan diupdate.

Untuk sementara, berikut ini beberapa review dari para jurnalis yang menghadiri peluncuran Apple iPhone 7 dan 7S ini semalam terkait dengan kualitas Kamera, baik untuk foto maupun video.

 

 

Baterai

Terkait kualitas baterai, Apple iPhone 7 dan 7S diklaim memiliki daya tahan baterai yang paling lama dibandingkan iPhone sebelumnya.

Berikut ini keunggulan baterai iPhone 7 dan iPhone 7 Plus seperti yang tertera pada website resmi Apple.

iPhone 7

Memiliki hingga 2 jam lebih lama daya tahan baterai dibandingkan dengan iPhone 6s.

Waktu Standby: 
Up to 10 hari

Penggunaan Internet:
Up to 12 jam pada jaringan 3G
Up to 12 jam pada jaringan LTE
Up to 14 jam pada jaringan Wi-Fi

Wireless video playback:
Up to 13 jam

Wireless audio playback:
Up to 40 jam

[ad_[ad_1]

 

iPhone 7 Plus

Memiliki hingga 1 jam lebih lama daya tahan baterai dibandingkan dengan iPhone 6s Plus.

Waktu Standby: 
Up to 16 hari

Penggunaan Internet:
Up to 13 jam pada jaringan 3G
Up to 13 jam pada jaringan LTE
Up to 15 jam pada jaringan Wi-Fi

Wireless video playback:
Up to 14 jam

Wireless audio playback:
Up to 60 jam

Layar

Layar iPhone 7 dan 7 Plus ini juga diklaim lebih terang dan juga antijeplak (ehh) sidik jari alias aman untuk dipegang terus-terusan karena tidak akan berbekas.

Secara kualitas masih terbilang mirip dengan iPhone 6S, tetapi apabila dibandingkan antara iPhone 7 dan 7 Plus maka kamu akan mendapatkan kualitas Full HD yang lebih baik dengan iPhone 7 Plus.

Perubahan Home Button

Home button pada iPhone 7 dan 7 Plus mendapatkan perombakan yang signifikan dengan digantikannya tombol dengan touch sensor pad layaknya touchpad pada notebook, atau lebih tepatnya pada MacBook terbaru.

Ini tentunya akan membutuhkan waktu supaya kamu lebih terbiasa.

[wp_[wp_ad_camp_4]

 

Demikian kumpulan fakta terkait Apple iPhone 7 dan 7 Plus yang penting untuk kamu ketahui sebelum membeli, sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran terlebih dahulu akan produk tersebut.

Semoga bermanfaat.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here