Daftar Kosakata Bisnis Online dalam Bahasa Inggris beserta Artinya

Bagi kamu yang sedang memulai bisnis online, dan ingin tahu sebutan istilah-istilah Bisnis Online dalam Bahasa Inggris beserta artinya, baca artikel berikut ini.

Dalam menjalankan dan atau mempelajari tentang bisnis online, terkadang banyak istilah yang kita temukan dalam Bahasa Inggris yang kita sendiri belum memahami artinya. Karena itulah, kamu perlu mencari tahu apa arti dari istilah tersebut termasuk penjelasannya, supaya bisa lebih mudah dalam menguasai hal tersebut.

Karenanya, untuk mempermudah, Asaljeplak akan memberikan beberapa istilah bisnis online dalam bahasa Inggris beserta artinya, yang diusahakan selengkap mungkin, supaya kamu lebih mudah dalam mencari tahu tanpa perlu bolak-balik mencarinya di mesin pencari Google, Bing, dan lain sebagainya.

Istilah Bisnis Online dalam Bahasa Inggris dan Pengertiannya

A

Ads/Advertisement
Berarti Iklan, dan dalam hal bisnis online merupakan iklan yang ditayangkan pada media online (atau disebut juga Online Advertisement/Online Ads).

A/B Testing
Uji A/B, alias pengujian dua versi iklan (atau lebih) kepada pengunjung untuk melihat iklan mana yang lebih efektif.

Misalnya, kamu menjual sepatu, kamu bisa membuat dua versi halaman website untuk diiklankan, misalnya halaman A dan halaman B, yang mana keduanya menggunakan desain berbeda, dan nantinya kamu akan memilih halaman yang lebih banyak memberi hasil.

Adsense (Google Adsense)
Program monetisasi Google untuk mereka yang disebut sebagai publisher alias pemilik website, pemilik blog, atau pemilik kanal Youtube.

Adwords (Google Adwords, tapi sekarang dinamakan Google Ads)
Platform pemasangan iklan milik Google, supaya iklan bisa ditampilkan pada platform milik Google, misalnya pada hasil pencarian mesin pencari (search engine), website atau blog yang terdaftar ke dalam program Adsense, dan pada Youtube.

Affiliate
Afiliasi atau peserta dari program afiliasi

Affiliate Marketing
Program pemasaran yang menerima sistem afiliasi, yang mana dalam program ini para peserta akan mendapatkan komisi pada saat menawarkan produk atau jasa dari pelaku usaha yang membuka program tersebut.

Analytics (Google Analytics)
Platform milik Google yang digunakan untuk memantau lalu lintas suatu web atau url secara komprehensif

B

B2B
Business-to-Business, mengacu kepada pelaku usaha yang menawarkan produk dan atau jasanya kepada pelaku usaha lainnya, alias transaksi dagang antara sesama pelaku usaha atau bisnis.

B2C
Business-to-Consumer, yang mengacu kepada pelaku usaha yang menawarkan produk dan atau jasanya kepada konsumen yang bukan merupakan pelaku usaha, layaknya transaksi dagang antara penjual dan pembeli pada umumnya.

Bounce Rate
Adalah persentase dari pengunjung suatu website yang pergi atau menutup situs web tanpa membuka url atau link lainnya yang ada pada website tersebut.

Brand
Merek dagang dari suatu usaha atau bisnis.

C

Call-to-Action
Merupakan istilah untuk slogan, kalimat, atau frasa, yang memang ditujukan khusus untuk memancing atau membujuk pembaca untuk segera melakukan aksi seperti menekan tombol untuk membeli produk atau memesan jasa, (secara harfiah berarti panggilan-untuk-beraksi).

Content Management System (CMS)
CMS alias Sistem Manajemen Konten adalah solusi perangkat lunak yang memungkinkan kamu untuk membuat, mengedit, mengatur, dan menerbitkan konten digital di Internet hanya menggunakan satu antarmuka atau alat administrasi, yang umumnya tidak memerlukan pengetahuan tentang pemrograman.

Salah satu contoh dari CMS misalnya adalah WordPress.

Conversion
Secara harfiah berarti konversi atau perubahan, yang dalam bisnis online merupakan suatu proses “mengubah” pengunjung menjadi pelanggan atau melakukan suatu “aksi”, yang bisa dalam bentuk pembelian produk atau pemesanan jasa, atau meng-klik tombol telepon atau whatsapp, atau mendaftar menjadi anggota dari suatu website, atau sejenisnya.

Conversion Rate
Adalah rasio atau presentase dari jumlah pengunjung yang “berubah” menjadi pelanggan setelah mengunjungi platform milikmu, entah itu website pribadi, toko online, marketplace, atau media sosial.

Cost-Per-Action (CPA)
CPA alias Biaya-Per-Aksi adalah model penetapan harga untuk kampanye iklan, di mana pengiklan membayar sejumlah tertentu kepada suatu platform (misalnya Google Ads, Bing, Facebook, atau jasa pemasangan iklan online lainnya) untuk setiap aksi konversi yang dilakukan pengunjung.

Cost-Per-Click (CPC)
Cost-Per-Click (CPC) atau Biaya-Per-Klik (BPK) adalah model penetapan harga untuk kampanye iklan, di mana pengiklan membayar sejumlah tertentu kepada suatu platform untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung atau pengguna pada link dalam iklan online, yang mengarahkan mereka ke situs web pengiklan.

Cost-Per-Mille (CPM)
CPM alias Biaya-Per-Seribu Tayangan (BPS) adalah model penetapan harga untuk suatu kampanye iklan, di mana pengiklan membayar sejumlah tertentu setiap tayangan iklan dilihat oleh 1,000 pengunjung, tanpa melihat apakah pengunjung tersebut melakukan klik atau tidak.

Mille atau M itu sendiri adalah angka 1,000 dalam Romawi.

D

Domain
Nama atau alamat suatu website, misalnya asaljeplak.com. Harus bersifat unik dan hanya bisa digunakan oleh satu pemilik per nama domain, kecuali berbeda ekstensi (misalnya, kamu tidak bisa menggunakan asaljeplak.com karena sudah digunakan, tetapi bisa memakai .co,.id, dan lain sebagainya yang belum terpakai)

Drop Shipping
Di Indonesia lebih dikenal sebagai dropship, yaitu suatu model bisnis online di mana kita menjual suatu produk milik suatu produsen tanpa harus menyetoknya terlebih dahulu, yang nantinya setiap kita menerima pemesanan akan dikirimkan langsung oleh produsen kepada pembeli, yang umumnya akan menggunakan nama toko milik kita sendiri.

E

E-Commerce
Suatu kegiatan perdagangan (jual-beli) yang dilakukan melalui media Elektronik, yang umumnya saat ini lebih ditujukan pada media online alias melalui internet.

Email Marketing
Suatu kegiatan promosi dan pemasaran yang dilakukan dengan cara mengirimkan email kepada pelanggan atau calon pelanggan, yang biasanya berisi hal-hal yang sekiranya menarik minat mereka untuk melakukan suatu “aksi” misalnya melakukan klik pada link/URL yang disematkan ke dalam email tersebut.

Engagement
Dalam bisnis online, engagement bukan berarti “pertunangan”, melainkan menjelaskan tentang aktivitas yang dilakukan pengunjung, pengguna, atau pembaca, saat melihat konten digital yang kamu sajikan. Misalnya dalam bentuk memberikan komentar, likes, membagikan link kita kepada orang lain, ataupun retweet.

Engagement Rate
Merupakan tingkat rasio atau persentase dari “engagement” yang dilakukan oleh mereka yang melihat konten digital yang kamu sajikan.

F

Frequently Asked Questions (F.A.Q)
Secara harfiah berarti “pertanyaan yang sering ditanyakan”, merupakan serangkaian pertanyaan yang umumnya ditanyakan oleh pengunjung yang sudah disertai dengan jawaban di bawahnya sehingga memudahkan pengunjung untuk memahami lebih dalam tentang produk atau jasa yang kita tawarkan, atau prosedur pembelian, prosedur retur barang, pengiriman, dan lain sebagainya.

G

Geo-Targeting
Adalah aktivitas menargetkan pengunjung dari platform digital milikmu, berdasarkan lokasi geografis pengunjung tersebut, misalnya berdasarkan kode pos, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan atau negara.

Google Display Network (GDN)
Jaringan website dan platform milik Google yang digunakan untuk menampilkan iklan display (baik gambar atau teks, tapi bukan iklan pada hasil pencarian), seperti misalnya web atau blog yang tergabung dalam program Adsense ataupun kanal Youtube yang sudah dimonetisasi.

H

Hero Image / Hero Banner
Umumnya merujuk kepada gambar atau banner dengan ukuran penuh (sebesar layar perangkat atau browser), yang biasanya ditampilkan pada saat kita membuka halaman website, biasanya disertai kata-kata yang memancing rasa penasaran untuk scroll lebih lanjut ke bawah, melakukan klik, atau mengisi form.

Homepage
Merujuk kepada halaman yang muncul saat kita membuka suatu website. Halaman ini juga umum disebut dengan Landing Page.

Hyperlink/Link
Merupakan suatu elemen website yang apabila di-klik akan mengarahkan pengunjung ke lokasi lainnya, entah itu halaman lain pada website yang sama, chat Whatsapp, gambar produk, halaman pemesanan produk, dan lain sebagainya.

I

Impressions
Meskipun secara harfiah berarti kesan atau impresi, dalam bisnis online kata ini mengacu kepada seberapa sering suatu iklan atau konten digital dilihat oleh pengunjung, tanpa memperhitungkan apakah ada “aksi” yang dilakukan atau tidak oleh pengunjung tersebut.

Index/Search Engine Index
Merupakan sekumpulan data yang tersimpan pada mesin pencari, yang akan bisa dimunculkan pada saat kamu mengetikkan sesuatu pada kolom pencarian Google, yang mana Google hanya akan mengeluarkan data terindeks yang sekiranya relevan dengan kata atau kalimat yang kamu ketik tersebut.

J

Javascript
Merupakan suatu kode pemrograman yang digunakan oleh developer website untuk membuat suatu website menjadi interaktif.

K

Keyword
Memiliki arti “Kata Kunci”, yang merupakan target utama dalam merumuskan strategi optimasi mesin pencari (Search Engine Optimization/SEO), yang merupakan serangkaian kata atau kalimat yang sekiranya akan dicari oleh pengunjung pada saat mencari produk atau jasa yang kita tawarkan.

Misalkan kamu menawarkan jasa service AC, maka beberapa contoh “keyword” yang bisa kamu gunakan saat memasang iklan di Google antara lain seperti “jasa service AC Jakarta Selatan”, atau “Service AC panggilan Jabodetabek”, dan lain sebagainya.

Keyword yang dipilih akan mempengaruhi biaya yang akan kamu bayarkan kepada agensi digital atau kepada platform pemasangan iklan seperti Google Ads, karena akan berbeda-beda tingkat kompetisi dan juga dilihat dari seberapa sering kata kunci itu dicari atau seberapa efektif kata kunci tersebut dalam menghasilkan suatu konversi.

L

Landing Page
Seperti dijelaskan pada istilah Homepage, Landing Page merupakan halaman web yang pertama kali muncul pada saat pengunjung membuka website milikmu, namun biasanya Landing Page ini memang sudah dioptimalkan untuk menghasilkan konversi, sementara homepage bisa berupa apa saja.

Link Building
Merupakan strategi pemasaran digital yang berupa aktivitas penempatan link ke arah website milikmu, pada website lainnya yang lebih kredibel, sehingga Google akan melihat websitemu lebih kredibel dan akan lebih direkomendasikan pada hasil pencarian.

Jangan sembarangan menempatkan link juga, karena kalau ditempatkan pada website yang dianggap SPAM oleh Google maka websitemu juga akan dianggap demikian.

Long-Tail Keywords
Merupakan keyword yang sangat spesifik dan panjangnya bisa melebihi tiga kata. Misalnya kamu menawarkan jasa pembuatan website, maka contoh long-tail keywords dari kata kunci tersebut adalah “Jasa pembuatan website profesional di Jakarta Selatan” dan lain sebagainya.

M

Marketplace
Dalam hal bisnis online, marketplace merupakan platform web atau aplikasi di mana pengguna bisa menjual dan juga membeli barang dari pengguna lainnya, melalui metode pembayaran yang ditentukan oleh pemilik platform (bisa juga langsung antar pengguna).

Pada marketplace, pemilik platform bisa ikut menawarkan produk atau jasa, ataupun tidak ikut serta dalam kegiatan jual-beli namun terlibat dalam hal pembayaran atau pengiriman, dan lain sebagainya.

Monetization
Berarti Monetisasi, yang merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk menghasilkan suatu pendapatan dari platform yang dimiliki, misalnya menyediakan ruang iklan pada website atau pada video di kanal Youtube milikmu, dan lain sebagainya.

N

Name Server
Penting diketahui saat membuat website, yaitu nama dari server tempat kita menyewa web hosting untuk menempatkan website milik kita, yang mana nama server ini harus ditempatkan pada panel pengaturan domain dan tidak boleh salah, supaya website kita bisa diakses melalui nama domain tersebut.

Niche
Yang secara harfiah berarti ceruk, dan dalam bisnis online serta digital marketing merupakan semacam spesialisasi dari produk, jasa, atau topik artikel (ini biasanya untuk blogger) yang ingin ditulis, yang sifatnya sangat spesifik sehingga lebih memperbesar peluang platform kita untuk dikunjungi atau dicari dan dibeli.

O

Organic Traffic
Merupakan lalu lintas web atau kunjungan web yang berasal dari hasil pencarian pada mesin pencari / search engine seperti Google atau Bing.

P

Page Rank (PR)
Ranking suatu website pada hasil pencarian keyword tertentu, yang mana semakin teratas posisinya (tapi bukan ads) maka rankingnya dianggap semakin baik.

Page View (PV)
Jumlah tayangan dari suatu url atau halaman website. Data ini bisa dilihat pada Google Analytics atau menggunakan modul /plugin tertentu pada CMS yang kalian gunakan.

Pay-Per-Click (PPC)
Suatu model iklan yang berarti kamu harus membayar per klik yang dilakukan oleh pengguna pada URL atau link yang kamu sediakan. Ini tidak berbeda dengan CPC, hanya soal istilah saja, di mana PPC itu lebih kepada metode pembayaran iklan, sementara CPC adalah metode perhitungan biaya per klik dari iklan tersebut.

Q

Query
Dalam dunia digital marketing dan SEO, query bisa diartikan sebagai keyword apa yang digunakan pada mesin pencari, atau pada kotak pencarian yang ada di website.

R

Redirect
Suatu proses pengalihan dari link yang digunakan ke link lainnya, yang terjadi otomatis pada saat kamu memasukkan pada kolom alamat di browser atau meng-klik link tersebut pada suatu website.

Referral Marketing
Salah satu program pemasaran di mana seorang pelanggan (misalnya kamu) bisa mendapatkan komisi atas transaksi yang dilakukan pengguna lainnya, apabila pengguna lain tersebut menggunakan link referral milikmu.

Ini mirip dengan afiliasi namun umumnya program referral ini dibuka untuk mereka yang telah menjadi pelanggan, sementara afiliasi bisa dilakukan oleh siapa saja selama terdaftar ke dalam program afiliasi.

Referrer
Istilah ini umumnya merujuk kepada URL apa yang digunakan oleh pengunjung website untuk dapat tiba di website atau landing page milikmu.

Remarketing/Retargeting
Suatu aktivitas penayangan iklan kepada pengunjung yang sama, baik saat mengunjungi kembali website yang sama atau mengunjungi website lain.

Ini merupakan metode yang umum dilakukan oleh Google di mana mereka akan menampilkan iklan serupa untuk pengguna yang sama, di setiap platform yang tergabung ke dalam GDN.

S

Software as a Service (SaaS)
Istilah yang digunakan kepada suatu platform, aplikasi, atau software, yang dijual dengan sistem berlangganan dan tidak dijual putus layaknya software tradisional, dan umumnya diakses secara online. Contoh-nya seperti Office 365 dan Google Drive (versi berbayar).

Shopping Cart
Keranjang belanja, yang pada bisnis online lebih kepada keranjang virtual yang biasanya ada pada toko online atau marketplace.

Search Engine Results Page (SERP)
Halaman yang berisikan hasil pencarian yang ditampilkan atas pencarian query yang dilakukan pada mesin pencari.

Search Engine Optimization (SEO)
Adalah suatu proses yang dilakukan guna mengoptimalkan performa suatu website supaya memiliki posisi tinggi pada hasil pencarian di mesin pencari.

Search Engine Marketing (SEM)
Search Engine Marketing (SEM) adalah proses pemasaran Internet yang melibatkan pembelian iklan yang muncul di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Splash Page
Adalah halaman website yang biasanya muncul sesaat saat kita membuka suatu website sebelum akhirnya kita diarahkan ke homepage atau landing page. Bisa berupa iklan atau informasi terkait website.

Split Testing
Istilah lain dari A/B Testing.

T

Traffic / Web Traffic
Traffic di sini bukan lalu lintas jalan raya, melainkan lalu lintas pengunjung pada suatu platform atau website.

U

User Interface (UI)
UI adalah tampilan atau desain dari suatu platform, website, aplikasi, atau software, yang tampak di mata pengunjung, seperti pemilihan warna, penempatan menu, font, dan lain sebagainya.

User Experience (UX)
UX adalah pengalaman yang dirasakan pengunjung pada saat menjelajah suatu platform, website, software, atau aplikasi, yang umumnya akan tergantung dari UI yang ditampilkan.

Unique Visitor (UV)
UV adalah jumlah pengunjung unik yang mengunjungi suatu website, dan hanya dihitung satu kali meskipun pengunjung tersebut membuka website berkali-kali dan juga membuka-buka halama lainnya.

Upsell
Upsell adalah strategi penjualan di mana penjual juga menawarkan produk lain yang bisa menambah kegunaan dari suatu produk, atau menampilkan produk terkait yang sekiranya menarik bagi calon pembeli sehingga akhirnya membeli lebih dari satu jenis produk.

V

Viral Marketing
Viral Marketing adalah strategi pemasaran suatu brand atau produk dengan menggunakan konten yang dirancang untuk dapat viral dan dibagikan secara masif oleh mereka yang melihatnya, misalnya dalam bentuk kutipan, infografis, video, dan lain sebagainya.

W

Web Hosting
Web hosting adalah layanan penyedia ruang digital pada suatu server, untuk menyimpan file-file yang digunakan oleh website, untuk dapat menampilkan website tersebut sesuai dengan yang telah dirancang dan diinginkan.

Jangan lupa untuk pilih web hosting yang tepat. Salah satu penyedia layanan web hosting yang terbaik di Indonesia adalah Hostinger, yang mana kalau menggunakan kode kupon dari asaljeplak maka kamu bisa mendapatkan diskon tambahan (dan membantu Asaljeplak mendapatkan komisi juga hehe).

WordPress
WordPress adalah CMS terpopuler saat ini yang digunakan untuk kebutuhan pembuatan website, mulai dari yang sederhana hingga toko online yang terbilang kompleks.

Nah demikianlah beberapa istilah bisnis online dalam bahasa Inggris beserta arti dan sedikit penjelasannya. Apabila ada yang belum tercantum silahkan saja ditanyakan pada kolom komentar di bawah, dan Asaljeplak akan berusaha menjawabnya dengan sejelas mungkin.

DAPATKAN HOSTING MURAH DI SINI:

Link : https://www.hostinger.co.id/asaljeplak
Kode kupon : ASALJEPLAK

BACA JUGA  Contoh Descriptive Text tentang Hewan Gajah dan artinya

Read Previous

7 Tips Jitu untuk Mengatasi Paket Data yang Lemot

Read Next

43 Caption Instagram Kekinian dari Lirik Lagu Bahasa Inggris beserta artinya

One Comment

Tinggalkan Balasan