Contoh Descriptive Text tentang Hewan Kanguru dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Kanguru beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Kanguru

Kangaroos are the planet’s largest marsupials, a variety of mammal in which offspring, called joeys, undergo most of their development inside an exterior pouch on the mother’s abdomen. Kangaroos reside exclusively in Australia and nearby islands, including Tasmania. Highly social animals, kangaroos typically live and travel in groups.

Males of the largest kangaroo species, the red kangaroo, can be up to 1,8 meter tall and weigh 90 kilograms. In all species, females are smaller than males. Male red kangaroos have a maroon-colored coat; female red kangaroos are bluish-gray.

BACA JUGA  Contoh Descriptive Text tentang Hewan Ikan Lumba-lumba dan artinya

All red kangaroos have a white stripe on each side of their faces. The western gray and eastern gray kangaroo both have silver hair, but the latter’s coat is longer and lighter in color.

All kangaroos have strong hind legs and conspicuously large feet. They cannot move one leg independently of the other and must therefore get around by hopping. A sturdy tail that ranges from 0,7 to 1 meter in length depending on the species helps them maintain their balance while they hop.

Terjemahan

Kanguru adalah marsupial terbesar di planet ini, berbagai mamalia di mana keturunannya, yang disebut joeys, menjalani sebagian besar perkembangan mereka di dalam kantong eksterior di perut ibu. Kanguru berada secara eksklusif di Australia dan pulau-pulau terdekat, termasuk Tasmania. Hewan yang sangat sosial, kanguru biasanya tinggal dan bepergian dalam kelompok.

Pejantan dari spesies kanguru terbesar, kanguru merah, bisa mencapai 1,8 meter dan beratnya 90 kilogram. Pada semua spesies, betina lebih kecil dari pada jantan. Kanguru merah jantan memiliki mantel berwarna merah marun; kanguru merah betina berwarna abu-abu kebiru-biruan.

Semua kanguru merah memiliki garis putih di setiap sisi wajah mereka. Kanguru abu-abu barat dan timur keduanya memiliki bulu perak, tapi bulu kanguru abu-abu timur lebih panjang dan warnanya lebih terang.

Semua kanguru memiliki kaki belakang yang kuat dan kaki yang sangat besar. Mereka tidak bisa memindahkan satu kaki secara independen dari yang lain dan karena itu harus berkeliling dengan melompat. Ekor kokoh yang berkisar dari 0,7 sampai 1 meter panjangnya tergantung pada spesies yang membantu mereka menjaga keseimbangannya saat mereka melompat.

Originally posted 2017-12-20 16:24:04.

Read Previous

Contoh Descriptive Text tentang Hewan Rusa dan artinya

Read Next

Contoh Descriptive Text tentang Hewan Kura-kura dan artinya