Contoh Descriptive Text tentang Pohon Rambutan dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai Pohon Rambutan beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.
descriptive-text-pohon-rambutan

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai Pohon Rambutan beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Saat kamu menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Pohon Rambutan

The rambutan tree reaches 15-25 m in height, has a straight trunk to 60 cm wide, and a dense, usually spreading crown. The evergreen leaves are alternate, pinnately compound, 7-30 cm long, with reddish rachis, hairy when young, and 1 to 4 pairs of leaflets.

Rambutan trees can be male (producing only staminate flowers and, hence, produce no fruit), female (producing flowers that are only functionally female) or hermaphroditic (producing flowers that are female with a small percentage of male flowers).

Artinya

Pohon rambutan tingginya mencapai 15-25 m, memiliki batang lurus hingga lebar 60 cm, dan tajuk yang lebat, biasanya menyebar. Daunnya selalu hijau berseling, majemuk menyirip, panjang 7-30 cm, rachis kemerahan, berbulu saat muda, dan 1-4 pasang helai daun.

Pohon rambutan bisa berjenis jantan (hanya menghasilkan bunga jantan dan karenanya tidak menghasilkan buah), betina (menghasilkan bunga yang hanya berfungsi untuk menghasilkan buah) atau hermaprodit (menghasilkan bunga betina dengan persentase kecil bunga jantan).

BACA JUGA  Apa Bahasa Inggrisnya Senang, Sedih, Marah, Kecewa

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...