Contoh Descriptive Text tentang Buah Jeruk dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai Buah Jeruk beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Pada saat menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Buah Jeruk

An orange is a type of citrus fruit that people often eat. Oranges are a very good source of vitamin C. Orange juice is an important part of many people’s breakfast. The “sweet orange”, which is the kind that are most often eaten today, grew first in South and East Asia but now grows in lots of parts of the world.

Oranges are round orange-coloured fruit that grow on a tree which can reach 10 metres high. Orange trees have dark green shiny leaves and small white flowers with five petals. The flowers smell very sweet which attracts many bees.

BACA JUGA  Contoh Descriptive Text tentang Celana Panjang dan artinya

An orange has a tough shiny orange skin. Inside, the fruit is divided into “segments”, which have thin tough skins that hold together many little sections with juice inside. There are usually ten segments in an orange, but sometimes there are more or less.

Inside each segment of most types of orange there are seeds called “pips”. Orange trees can be grown from pips, but some types of orange trees can only be grown from “cuttings” (a piece cut off a tree and made to grow roots). The segments and the skin are separated by white stringy fibrous material called “pith”. In most types of oranges, the skin can be peeled off the pith, and the segments can be pulled apart with the fingers to be eaten. In some oranges it is hard to take the skin off. Orange skin is often called “orange peel”.

Oranges are an important food source in many parts of the world for several reasons. They are a commonly available source of vitamin C. They last longer than many other fruits when they are stored. They are easy to transport because each orange comes in its own tough skin which acts as a container. They can be piled into heaps or carried in bags, lunchboxes and shipping containers without being easily damaged.

Artinya

Jeruk merupakan salah satu jenis buah citrus yang sering dikonsumsi orang. Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Jus jeruk adalah bagian penting dari sarapan banyak orang. “Jeruk manis”, yang paling sering dimakan saat ini, tumbuh pertama kali di Asia Selatan dan Timur tetapi sekarang tumbuh di banyak belahan dunia.

Jeruk adalah buah bulat berwarna oranye yang tumbuh di pohon yang tingginya bisa mencapai 10 meter. Pohon jeruk memiliki daun hijau tua mengkilap dan bunga putih kecil dengan lima kelopak. Bunganya berbau sangat manis yang menarik banyak lebah.

Jeruk memiliki kulit oranye berkilau yang kuat. Di dalam, buah dibagi menjadi beberapa “segmen”, yang memiliki kulit keras tipis yang menyatukan banyak bagian kecil dengan jus di dalamnya. Biasanya ada sepuluh segmen dalam sebuah jeruk, tetapi terkadang ada lebih banyak atau lebih sedikit.

Di dalam setiap ruas sebagian besar jenis jeruk terdapat biji yang disebut “pips”. Pohon jeruk dapat ditanam dari pips, tetapi beberapa jenis pohon jeruk hanya dapat ditanam dari “stek” (potongan dari pohon dan dibuat untuk menumbuhkan akar). Segmen dan kulit dipisahkan oleh bahan berserat berserabut putih yang disebut “empulur”. Pada kebanyakan jenis jeruk, kulit intinya dapat dikupas, dan ruasnya dapat ditarik dengan jari untuk dimakan. Pada beberapa jeruk sulit untuk dikupas kulitnya. Kulit jeruk sering disebut “kulit jeruk”.

Jeruk merupakan sumber makanan penting di banyak bagian dunia karena beberapa alasan. Mereka adalah sumber vitamin C yang tersedia secara umum. Buah ini bertahan lebih lama daripada banyak buah lainnya saat disimpan. Mereka mudah diangkut karena setiap jeruk memiliki kulit kerasnya sendiri yang berfungsi sebagai wadah. Barang-barang tersebut dapat ditumpuk atau dibawa dalam tas, kotak makan siang dan kontainer pengiriman tanpa mudah rusak.

Read Previous

10 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa

Read Next

Contoh Descriptive Text tentang Kamar Mandi dan artinya

Tinggalkan Balasan