Contoh Descriptive Text tentang Hewan Kura-kura dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Kura-kura beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Kura-kura

Turtles are reptiles of the order Chelonii or Testudines and are characterised by a special bony shell which is developed from their ribs and acts as a shield against predators.

There are 327 known species of turtle alive today and many of them are an endangered species.

Turtles can range in size from the 0,1 meter Bog turtle to the 680 kilogram Leathery Turtles. Kemp’s Ridley is the smallest and rarest of all sea turtles and is an endangered species as is the leatherback turtle.

The shell of the turtle is what makes it unique. The top domed part of a turtle’s shell is called the carapase and the bottom underlying part is called the plastron. The turtle’s shell also has nerve endings in it. If you touch the shell, a turtle can feel it. Turtles pull their heads and feet into their shells to protect themselves. Some Box turtles can eat so much that they no longer will fit into their shell.

All turtles lay their eggs on land. When in the eggs, turtles take about 2 months to incubate and their sex is determined by the temperature. Under 29 degrees they become male, over 29 degrees they become female.

Terjemahan

Kura-kura adalah reptil dari ordo Chelonii atau Testudin dan ditandai dengan tempurung tulang khusus yang dikembangkan dari tulang rusuk mereka dan bertindak sebagai perisai melawan predator.

Ada 327 spesies kura-kura yang dikenal saat ini dan banyak di antaranya adalah spesies yang terancam punah.

Kura-kura dapat berkisar dalam ukuran, mulai dari kura-kura Bog yang berukuran 0,1 meter sampai dengan Kura-kura Leathery yang berbobot 680 kilogram. Kemp’s Ridley adalah kura-kura terkecil dan paling langka dari semua jenis dan merupakan spesies yang terancam punah seperti penyu belimbing.

Cangkang kura-kura inilah yang membuatnya unik. Bagian kubah teratas dari cangkang kura-kura disebut karapas dan bagian dasar dasarnya disebut plastron. Cangkang kura-kura juga memiliki ujung saraf di dalamnya. Jika Anda menyentuh cangkangnya, kura-kura bisa merasakannya. Kura-kura menarik kepala dan kaki mereka ke dalam cangkangnya untuk melindungi diri mereka sendiri. Beberapa kotak penyu bisa makan begitu banyak sehingga tidak lagi sesuai dengan cangkangnya.

Semua kura-kura bertelur di darat. Saat di dalam telur, kura-kura memakan waktu sekitar 2 bulan untuk menetas dan jenis kelamin mereka ditentukan oleh suhu. Di bawah 29 derajat mereka menjadi jantan, lebih dari 29 derajat mereka menjadi betina.

Originally posted 2017-12-21 21:46:57.

Read Previous

Contoh Descriptive Text tentang Hewan Kanguru dan artinya

Read Next

Contoh Descriptive Text tentang Hewan Singa dan artinya