Contoh Descriptive Text tentang Hewan Panda dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Panda beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.
descriptive-text-panda

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Panda beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Panda

Panda is a bear native to south central China. It is easily recognized by the large, distinctive black patches around its eyes, over the ears, and across its round body. Though it belongs to the order Carnivora, Panda’s diet is over 99% bamboo.

Panda has luxuriant black-and-white fur. Adults measure around 1.2 to 1.9 m long, including a tail of about 10–15 cm, and 60 to 90 cm tall at the shoulder. Males can weigh up to 160 kg, and Females (generally 10–20% smaller than males) can weigh as little as 70 kg, but can also weigh up to 125 kg. Average adult weight is 100 to 115 kg.

Panda has a body shape typical of bears. It has black fur on its ears, eye patches, muzzle, legs, arms and shoulders. The rest of the animal’s coat is white. Although scientists do not know why these unusual bears are black and white, speculation suggests that the bold coloring provides effective camouflage in their shade-dappled snowy and rocky habitat. Panda’s thick, wooly coat keeps it warm in the cool forests of its habitat.

Artinya:

Panda adalah beruang asli Cina tengah selatan. Hal ini mudah dikenali oleh bercak hitam besar yang khas di sekitar matanya, di atas telinga, dan di sekeliling tubuhnya yang bulat. Meskipun termasuk Karnivora, makanan Panda lebih dari 99% adalah bambu.

Panda memiliki bulu hitam-putih yang lebat. Panda dewasa berukuran sekitar 1,2 sampai 1,9 m panjang, termasuk ekor sekitar 10-15 cm, dan tinggi 60 sampai 90 cm sampai bahu. Panda jantan dapat memiliki berat sampai 160 kg, dan betina (umumnya 10-20% lebih kecil dari pejantan) dapat memiliki berat hingga 70 kg, tetapi juga dapat memiliki berat sampai 125 kg. Berat rata-rata Panda dewasa adalah 100 sampai 115 kg.

Panda memiliki bentuk tubuh yang khas beruang. Memiliki bulu hitam di telinga, lingkaran di mata, moncong, kaki, lengan dan bahu. Sisa bulu binatang itu berwarna putih. Meskipun para ilmuwan tidak tahu mengapa beruang yang tidak biasa ini berkulit hitam dan putih, spekulasi menunjukkan bahwa warna ini memberikan penyamaran yang efektif di tempat teduh dan habitat berbatu teduh. Bulu tebal Panda membuatnya tetap hangat di hutan yang sejuk di habitatnya.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar