Contoh Descriptive Text tentang Hewan Tikus dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Tikus beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Tikus

A mouse is a small rodent with a pointed nose, furry round body, large ears and a long, often hairless, tail.

Mouse come in a wide variety of colors and sizes. Some common mouse colors are white, brown and grey. Some are very tiny and others are around the size of a baked potato.

Mouse grow from 2.54 to 18 centimeters in length and weigh between 0.23 to .028 kilograms. The African pygmy is the smallest known mouse on the planet. It measures 3.04 to 7.874 cm and can weigh less than 0.01 kg. These measurements do not include tail length. Some mice have tails that are as long as their bodies.

Terjemahan

Tikus adalah hewan pengerat kecil dengan hidung runcing, tubuh bulat berbulu, telinga besar dan ekor yang panjang dan tak berambut.

Tikus terdiri dari berbagai macam warna dan ukuran. Beberapa warna tikus yang umum adalah putih, coklat dan abu-abu. Beberapa sangat kecil dan yang lainnya berukuran sekitar kentang panggang.

Tikus tumbuh dari 2,54 sampai 18 cm panjangnya dan beratnya antara 0,23 sampai 0,28 kilogram. Pygmy Afrika adalah tikus terkecil yang diketahui di planet ini. Ukurannya 3,04 sampai 7,874 cm dan beratnya bisa kurang dari 0,01 kg. Pengukuran ini tidak termasuk panjang ekor. Beberapa tikus memiliki ekor yang sepanjang tubuh mereka.

Originally posted 2018-01-30 11:01:24.

Read Previous

Contoh Descriptive Text tentang Hewan Macan Puma dan artinya

Read Next

Contoh Descriptive Text tentang Hewan Ubur-ubur dan artinya