Contoh Descriptive Text tentang Hewan Pinguin (Penguin) dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Pinguin (Penguin) beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Pinguin (Penguin)

Penguins are sea-birds in the family Spheniscidae. They use their wings to ‘fly’ underwater, but they cannot fly in the air. They eat fish and other sea food. Penguins lay their eggs and raise their babies on land.

Penguins live only in the Southern Hemisphere of the world: Antarctica, New Zealand, southern Australia, South Africa and South America. The furthest north they get is the Galapagos Islands

Penguins love to swim in the ice cold ocean water. They can swim very fast and can leap out of the water and dive deep looking for food. A layer of fat together with a layer of air keeps penguins warm in the cold water and almost any weather.

All penguins have a white belly and a dark (mostly black) back. Penguins cannot fly, but they can swim very well. Their wings have become stiff and small swimming flippers. They have good hearing and can see underwater. The white and black colors are countershading to help them hide when they swim.

When a predator looking from underwater sees the white belly and wings of the penguin, they can not see it well with the light coming from above. Seen from above, the penguin’s black back blends in with the dark water. Penguins have webbed feet used for paddling in the water. They cannot walk well, so they waddle.

The biggest penguins may stand nearly 110 cm and can weigh almost 40 kg. The smallest kinds are only about 32 cm tall. Penguins have a thick layer of blubber that helps them keep warm, and their feathers are very tightly packed to make another cover. They also have a layer of woolly down under the feathers that are coated with a type of oil that makes them waterproof.

Terjemahan

Penguin adalah burung laut yang masuk ke dalam keluarga Spheniscidae. Mereka menggunakan sayap mereka untuk ‘terbang’ di bawah air, tapi mereka tidak bisa terbang di udara. Mereka makan ikan dan makanan laut lainnya. Penguin bertelur dan membesarkan bayinya di darat.

Penguin umumnya hanya tinggal di belahan selatan bumi, yaitu Antartika, Selandia Baru, Australia selatan, Afrika Selatan dan Amerika Selatan. Sementara pada bagian utara terjauh yang mereka tempati adalah pada Kepulauan Galapagos.

Penguin suka berenang di air laut es yang dingin. Mereka bisa berenang dengan sangat cepat dan bisa melompat keluar dari air dan menyelam dalam untuk mencari makanan. Lapisan lemak bersama dengan lapisan udara membuat tubuh penguin tetap hangat di air dingin dan hampir semua cuaca.

Semua penguin memiliki perut putih dan punggung yang gelap (kebanyakan hitam). Penguin tidak bisa terbang, tapi mereka bisa berenang dengan sangat baik. Sayap mereka menjadi sirip renang yang kaku dan kecil. Mereka memiliki pendengaran yang baik dan bisa melihat di bawah air. Warna putih dan hitam membantu mereka bersembunyi saat mereka berenang.

Saat pemangsa melihat dari bawah air melihat perut putih dan sayap penguin, mereka tidak dapat melihatnya dengan baik dengan cahaya yang datang dari atas. Dilihat dari atas, punggung hitam penguin akan bercampur dengan air yang gelap. Penguin memiliki kaki berselaput yang digunakan untuk mendayung di air. Mereka tidak bisa berjalan dengan baik, jadi mereka bergoyang-goyang saat berjalan.

Penguin terbesar bisa berdiri hampir 110 cm dan beratnya bisa hampir 40 kg. Jenis terkecil hanya setinggi 32 cm. Penguin memiliki lapisan tebal lemak yang membantu mereka tetap hangat, dan bulu mereka sangat erat untuk membuat penutup lain. Mereka juga memiliki lapisan wool bawah bulu yang dilapisi dengan jenis minyak yang membuat mereka tahan air.

Originally posted 2017-12-20 14:08:30.

BACA JUGA  Kumpulan Quotes tentang Guru dalam Bahasa Inggris beserta artinya

Read Previous

Cara Membuat Tulisan Menjadi Bold, Italic, Strikethrough pada Whatsapp

Read Next

Contoh Descriptive Text tentang Hewan Rusa dan artinya