Contoh Descriptive Text tentang Hewan Macan Puma dan artinya

descriptive-text-macan-puma

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Macan Puma beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Macan Puma

Puma is the fourth heaviest cats after the lion, leopard, jaguar and tiger. Adult Pumas are slender and agile cats who measure 2.4 metres in length from nose to tail (tail length is 80 centimetres). They stand between 60 – 76 centimetres tall at the shoulder and weigh around 53 – 72 kilograms in males and 34 – 48 kilograms in females.

Pumas have a plain coloured fur ranging from tawny to silver grey or reddish brown. Pumas have lighter patches on their underparts including the jaws, chin and throat. Pumas have round heads and upright ears.

Their front legs are larger than their hind legs and adapted for grasping prey. There are 5 retractable claws on their forepaws plus one dew claw and 4 on the back paws. Pumas have muscular necks and strong jaws. Pumas have acute hearing and excellent vision which makes them formidable hunters.

Artinya:

Puma adalah kucing terberat keempat setelah singa, macan tutul, jaguar dan harimau. Puma dewasa bertubuh langsing dan lincah yang panjangnya 2,4 meter dari hidung ke ekor (panjang ekor adalah 80 cm). Mereka berdiri antara 60 – 76 sentimeter sampai bahu dan memiliki berat sekitar 53 – 72 kilogram pada puma jantan dan 34 – 48 kilogram pada betina.

Puma memiliki bulu berwarna mulai dari kuning kecoklatan hingga ke perak abu-abu atau coklat kemerahan. Puma memiliki corak yang lebih muda warnanya pada bagian bawahnya termasuk rahang, dagu dan tenggorokan. Pumas memiliki kepala bulat dan telinga tegak.

Kaki depan mereka lebih besar dari kaki belakang mereka dan disesuaikan untuk menangkap mangsanya. Ada 5 cakar yang dapat ditarik pada bagian depan ditambah satu cakar embun dan 4 cakar di bagian belakang. Puma memiliki leher berotot dan rahang yang kuat. Puma memiliki pendengaran dan penglihatan yang sangat tajam yang menjadikan mereka pemburu yang tangguh.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar