Contoh Descriptive Text tentang Buah Belimbing dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai Buah Belimbing beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.
descriptive-text-belimbing-asaljeplak

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai Buah Belimbing beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis tentang descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Buah Belimbing

Carambola, also known as starfruit, is the fruit of Averrhoa carambola, a species of tree native to tropical Southeast Asia. The fruit is commonly consumed throughout Southeast Asia, the South Pacific, Micronesia, parts of East Asia, and the Caribbean. The tree is cultivated throughout tropical areas of the world.

The showy fruits have a thin, waxy pericarp, orange-yellow skin, and crisp, yellow flesh with juice when ripe. The fruit is about 5 to 15 centimetres in length and is an oval shape. It usually has five or six prominent longitudinal ridges.

BACA JUGA  Contoh Descriptive Text tentang Buah Manggis dan artinya

In cross section, it resembles a star. The flesh is translucent and light yellow to yellow in color. Each fruit can have 10 to 12 flat light brown seeds about 6 to 13 mm in width and enclosed in gelatinous aril. Once removed from the fruit, they lose viability within a few days.

Artinya

Belimbing, juga dikenal sebagai belimbing, adalah buah Averrhoa carambola, spesies pohon asli Asia Tenggara tropis. Buah ini biasa dikonsumsi di seluruh Asia Tenggara, Pasifik Selatan, Mikronesia, sebagian Asia Timur, dan Karibia. Pohon itu dibudidayakan di seluruh wilayah tropis di dunia.

Buah yang mencolok memiliki pericarp tipis seperti lilin, kulit oranye-kuning, dan daging kuning segar dengan sari buah saat matang. Buahnya panjangnya sekitar 5 hingga 15 sentimeter dan berbentuk lonjong. Biasanya memiliki lima atau enam pegunungan longitudinal yang menonjol.

Secara penampang tampak seperti bintang. Dagingnya bening dan berwarna kuning muda sampai kuning. Setiap buah dapat memiliki 10 sampai 12 biji coklat muda pipih dengan lebar sekitar 6 sampai 13 mm dan ditutup dengan aril agar-agar. Setelah dikeluarkan dari buahnya, mereka kehilangan viabilitasnya dalam beberapa hari.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB