Contoh Descriptive Text tentang Hewan Burung Hantu dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Burung Hantu beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Burung Hantu

Owls are birds of prey. There are 200 species, and they are all birds of prey. Most of them are solitary and nocturnal; in fact, they are the only large group of birds which hunt at night. Owls are specialists at night-time hunting. They feed on small mammals such as rodents, insects, and other birds, and a few species like to eat fish as well.

Owls are found in all parts of the world except Antarctica, most of Greenland, and some other small islands.

Owls have large eyes and holes for ears, a hawk-like beak, and a rather flat face. Most birds of prey have eyes on the sides of their heads, but the owl’s eyes are facing forwards to help it see better in the dark. Their eyes are also fixed inside their sockets, so they have to turn their whole head to look at other things. Owls can rotate their heads and necks up to 270 degrees in both directions.

Owls are good at looking at things far from its eyes, but it cannot see anything clearly within a few centimeters of their eyes. Owls use small feathers on the beak and the feet that help it feel the prey it catches.

Owls hunt at night and sometimes at dawn and dusk. Owl can fly silently to surprise it’s prey. Owls have fantastic hearing. The shape of the head helps slight sounds reach the ears. The feathers of the facial disc are arranged in order to increase sound delivered to the ears. Their ears are asymmetrical allowing the owl to locate a sound. They can hear a mouse move in the grass.

Artinya

Burung hantu merupakan burung pemangsa. Mereka terdiri dari 200 spesies, dan kesemuanya adalah burung pemangsa. Kebanyakan dari mereka adalah penyendiri dan nokturnal (aktif di malam hari); Bahkan, mereka adalah satu-satunya kelompok besar burung yang berburu di malam hari. Burung hantu adalah spesialis berburu di malam hari. Mereka memakan mamalia kecil seperti tikus, serangga, dan burung lainnya, dan beberapa spesies suka makan ikan juga.

Burung hantu ditemukan di seluruh belahan dunia kecuali di Antartika, beberapa bagian Greenland, dan beberapa pulau kecil lainnya.

Burung hantu memiliki mata dan lubang besar untuk telinga, paruh seperti elang, dan wajah agak datar. Sebagian besar burung pemangsa memiliki mata di sisi kepala mereka, tapi mata burung hantu menghadap ke depan untuk membantunya melihat lebih baik dalam kegelapan. Mata mereka juga tetap berada di dalam kantung mata mereka, jadi mereka harus memutar kepala mereka untuk melihat hal-hal lain. Burung hantu bisa memutar kepala dan leher mereka sampai 270 derajat di kedua arah.

Burung hantu dapat melihat hal-hal yang jauh dari matanya, tapi tidak bisa melihat dengan jelas pada jarak beberapa sentimeter dari mata mereka. Burung hantu menggunakan bulu-bulu kecil di paruh dan kaki yang membantunya merasakan mangsa yang ditangkapnya.

Burung hantu berburu di malam hari dan terkadang saat fajar dan senja. Burung hantu bisa terbang tanpa suara untuk mengejutkan mangsanya. Burung hantu memiliki pendengaran yang fantastis. Bentuk kepala mereka membantu memfokuskan suara yang sampai ke telinga. Bulu-bulu di wajah mereka berfungsi untuk meningkatkan suara yang dikirimkan ke telinga. Telinga mereka asimetris memungkinkan burung hantu mencari suara. Mereka bisa mendengar tikus bergerak di rumput.

Originally posted 2017-12-15 13:21:56.

Asaljeplak

Read Previous

10 Hal yang bisa dilakukan di iPhone (tapi tidak bisa di Android)

Read Next

Contoh Surat Lamaran Kerja Account Executive dalam Bahasa Inggris