Contoh Descriptive Text tentang Buah Rambutan dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai Buah Rambutan beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Buah Rambutan

The rambutan is a medium-sized tropical tree in the family Sapindaceae. The name also refers to the edible fruit produced by this tree.

The rambutan is native to Southeast Asia. Rambutan is closely related to several other edible tropical fruits including the lychee, longan, pulasan, and mamoncillo.

The fruit is a round to oval single-seeded drupe, 3–6 cm (rarely to 8 cm) long and 3–4 cm broad, borne in a loose pendant cluster of 10–20 together. The leathery skin is reddish (rarely orange or yellow), and covered with fleshy pliable spines, hence the name, which means ‘hairs’.

Furthermore, the spines (also known as spinterns) contribute to the transpiration of the fruit, which can affect the fruit’s quality.

Artinya

Rambutan adalah pohon tropis berukuran sedang di keluarga Sapindaceae. Namanya juga mengacu pada buah yang dapat dimakan yang dihasilkan oleh pohon ini.

Rambutan adalah tanaman asli Asia Tenggara. Rambutan berkerabat dekat dengan beberapa buah tropis yang dapat dimakan lainnya termasuk leci, lengkeng, pulasan, dan mamoncillo.

Buahnya bulat sampai oval berbiji tunggal, panjang 3–6 cm (jarang sampai 8 cm) dan lebar 3–4 cm, terbawa dalam gugusan liontin longgar yang terdiri dari 10–20 buah. Kulitnya yang kasar berwarna kemerahan (jarang jingga atau kuning), dan ditutupi dengan duri lentur yang berdaging, itulah namanya, yang berarti ‘rambut’.

Selain itu, duri (juga dikenal sebagai spintern) berkontribusi pada transpirasi buah, yang dapat memengaruhi kualitas buah.

BACA JUGA  Arti dan Terjemahan Lirik Lagu Dua Lipa Don't Start Now

Read Previous

Apa Bahasa Inggrisnya Benar, Salah, Tepat, Meleset

Read Next

Cara Menambahkan LOCATION / Lokasi pada Insta Story

Tinggalkan Balasan