Cara mengatasi game keluar sendiri di PC windows 10

tutorial-windows
Spread the love

Bila sedang main games di PC, kadang sering terjadi masalah games keluar sendiri. Sebenarnya permasalahan ini merupakan permasalah klasik yang kerap terjadi sejak lama.

Dari beberapa games yang sering terjadi hal seperti itu, biasanya games tersebut membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup besar. Beberapa di antaranya adalah DOTA 2, Need For Speed, GTA dan yang lainnya.

Lantas sebenarnya apa yang mejadi penyebab games tersebut keluar sendiri? sebenarnya banyak faktor yang memengaruhinya.

Bisa dari installan games itu sendiri, atau bahkan dari komputer kalian sendiri.

Karena itu, berdasarkan pengalaman sendiri yang Asaljeplak rasakan dan pernah alami, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Karena itu, disini Asaljeplak akan coba menjelaskan secara singkat penyebab yang memungkinkan game tersebut bisa mengalami keluar sendiri atau not responding.

Terjadi konflik dengan Antivirus

Apabila game yang kamu maikan keluar sendiri, ada kemungkinan terjadi konflik dengan antivirus yang menganggap game yang kamu install atau kamu mainkan sebagai program yang berbahaya atau dianggap ada tinggah laku yang mencurigakan oleh anti virus di komputer kamu.

Jadi solusinya bisa matikan dulu anti virus kalian, baik itu antivirus bawaan Windows 10 atau Windows Defender, maupun anti virus tambahan yang sengaja kamu install di komputer kamu.

Windows error akibat virus

Kemungkinan kedua, bisa jadi Operating System  Windows yang kalian gunakan justru yang bermasalah akibat di rusak oleh virus. Pastikan keadaan Operating System Windows benar-benar 100 persen bekerja dengan baik, tidak ada program aneh atau beberapa bagian yang crash dari Windows 10 kamu.

Jadi solusinya, bila itu terjadi sebaiknya install ulang Windows 10 di komputer kamu. Kemudian saat menginstall pastikan Windows 10 yang ada di komputer kamu terinstall dengan benar. Tak ada yang kurang atau tidak ada yang crash.

File game yang di-install corrupt

Cek juga bagian program file pada games yang kamu install, apabila sering keluar kemungkinan kemungkinan ada yang rusak, error, atau corrupt yang menyebabkan game tiba-tiba keluar. Biasanya hal itu diakibatkan karena adanya komponen file penting yang hilang.

Jadi solusinya, coba reinstall games atau aplikasi yang sering keluar sendiri itu. Sebaiknya, reinstall games atau aplikasi itu dilakukan setelah Windows 10 kalian diinstall ulang, sehingga bisa memastikan tidak ada file atau system di Windows 10 kalian yang rusak.

Banyak aplikasi yang dibuka atau terlalu banyak aplikasi diinstall

Biasanya terlalu banyak aplikasi yang dibuka juga bisa menyebabkan aplikasi atau games selalu keluar sendiri. Untuk mengatasi hal ini, lakukan uninstall atau disable terhadap aplikasi program yang jarang kalian pakai. Misalnya seperti updater, onedrive dan lainnya.

Sisa memori / RAM menipis

Sebenarnya untuk memory ini, ada kaitannya danga aplikasi atau games yang diinstal tadi. Jadi kembali lagi ditegaskan, sebisa mungkin gunakan aplikasi atau program yang benar-benar kamu butuhkan. Jangan sampai ada program tidak penting yang justru aktif di background yang tentu saja ikut ambil bagian dari sisa ruang memori / RAM.

Cek spesifikasi PC / Laptop yang kamu pakai

Untuk yang terakhir, apbila hal – hal tadi sudah tidak mempan, sebaiknya kalian cek lagi spesifikasi komputer kalian. Kemudian cocokan dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh games atau aplikasi yang akan kalian install.

Bila spesifikasi komputer kalian tidak mumpuni untuk diinstal games atau aplikasi yang berat, jangan terlalu memaksakan karena akibatnya malah games itu tidak bisa dijalankan dan selalu keluar sendiri. ”

Untuk yang nomor 6 ini solusinya agak berat, bila hal-hal di atas tidak ingin terjadi lagi, kalian harus beli komputer atau laptop dengan spesifikasi lebih tinggi lagi. Terutama RAM dan VGA.

Tinggalkan komentar

Advertisements

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 1.315.487 hit