Cara Menggunakan Virtual Reality pada Windows 10

tutorial-windows
Spread the love

Virtual reality atau disingkat VR adalah pengalaman seperti di keadaan sebenarnya yang ditampilkan di komputer.

Untuk bisa merasakan pengalaman tersebut, ada hardware yang bentuknya seperti kaca mata yang bisa dibeli secara online, dan kini situs resmi Microsoft pun sudah menjualnya.

Kamu bisa cek di sini https://www.microsoft.com/en-us/store/b/virtualreality harganya USD 250 atau sekitar Rp3,6 juta.

Teknologi VR ini digunakan untik menghasilkan gambar realistis, suara dan sensasi lain yang mensimulasikan keberadaan di sekitarnya.

Seseorang yang menggunakan peralatan virtual reality mampu melihat apa yang ada di games seperti dalam keadaan sebenarnya dan seperi bergerak di dalamnya. Efek ini dihasilkan dari layar yang dipasang di kepala.

Microsoft telah memilih penamaan teknologi Virtual Reality ini dengan nama “Mixed Reality”.   Headset Windows Mixed Reality memiliki kamera dan sensor untuk melacak pengendali gerakan.

Untuk menjalankan Virtual Reality di Windows 10 ini sangat gampang sekali. Berikut Asaljeplak akan memberikan cara-caranya.

Setelah anda memiliki hardware Virtual Reality, kemudian colokan perangkat Virtual Reality kalian ke Port USB.  Setelah tersambung ikuti petunjuknya.

  1. Setelah tersambung dengan PC/Laptop Kalian, kemudian buka program Mixed Reality Portal di Windows 10 kalian. Biasanya program ini sudah langsung terinstal. Bila belum install dulu saja. Program bisa didapatkan di Microsoft Store.
  2. Setelah membuka software tersebut, kemudian klik Tombol Simulation dan Controller menjadi ON. Tunggu beberapa saat sampai hardware terdeteksi di komputer kalian.
  3. Untuk memulai menggunakannya, jangan lupa kalian memasang baterai di perangkat hardware kalian. Kemudian hidupkan perangkat Virtual Reality Kalian.
  4. Untuk bisa mendengarkan suara yang lebih asik, sebaiknya kalian menggunakan headset yang bagus. Tapi harganya cukup mahal sih.

Virtual reality ini bisa dibilang juga dengan sensasi menonton video 360 derajat. Untuk pengguna virtual reality ini wajib menggunakan sebuah alat yang bernama Gadget VR yang tadi di atas disebut bentuknya seperti kacamata itu.

Virtual reality sekarang sudah diadaptasi untuk game berbasis PC seperti sebuah perangkat bernama Oculus Rift dan HTC Vive, namun kedua perangkat tersebut memiliki harga yang sangat mahal.

Kemudian ketika kalian akan menggunakan Virtual Reality ini, pastikan PC/laptop  kamu memiliki spesifikasi tinggi, karena aplikasi ini memakan banyak RAM. Aplikasi ini bisa berfungsi tanpa koneksi internet.

Teknologi Virtual Reality ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994, dimaksudkan untuk pengembangan dunia virtua . Konsorsium Web3D kemudian didirikan pada tahun 1997 untuk pengembangan standar industri untuk grafis 3D berbasis web.

Konsorsium kemudian mengembangkan X3D dari kerangka VRML sebagai arsip, standar open-source untuk distribusi konten VR berbasis web.

Semua display VR modern didasarkan pada teknologi yang dikembangkan untuk smartphone termasuk: giroskop dan sensor gerak untuk melacak posisi kepala, tangan, dan tubuh; layar HD kecil untuk tampilan stereoskopik; dan prosesor kecil, ringan dan cepat.

Komponen-komponen ini menghasilkan keterjangkauan relatif untuk pengembang VR independen, dan mengarah pada Oculus Rift Kickstarter 2012 yang menawarkan headset VR pertama yang dikembangkan secara independen.

Produksi independen dari gambar dan video VR telah meningkat dengan pengembangan kamera omnidirectional, juga dikenal sebagai kamera 360 derajat atau kamera VR, yang memiliki kemampuan untuk merekam ke segala arah, meskipun dengan resolusi rendah atau dalam format yang sangat terkompresi untuk streaming online dari video 360.

Sebaliknya, fotogrametri semakin digunakan untuk menggabungkan beberapa foto resolusi tinggi untuk pembuatan objek 3D dan lingkungan yang detail dalam aplikasi VR.

Tinggalkan komentar

Advertisements

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 1.315.487 hit