Temukan Akomodasi Terjangkau, Ini 5 Tips Sewa Rumah di Jakarta

tips-sewa-rumah-jakarta

Bagikan artikel ini :

Hingga saat ini, Jakarta tetap menjadi salah satu tujuan utama bagi mereka yang ingin meraih sukses dalam karier atau mengejar pendidikan. Tidak mengherankan bahwa banyak individu dari luar kota rela bermigrasi ke Jakarta. Namun, ada dua tantangan yang muncul saat menjalani aktivitas di kota ini: permasalahan tempat tinggal dan mobilitas yang padat. Menemukan hunian yang ekonomis di Jakarta bukanlah hal yang mudah diatasi. Di samping itu, masalah kemacetan di jalanan kota ini sulit untuk dihindari.

Dalam situasi ini, pilihan tinggal di kontrakan menjadi opsi yang sering diambil di Jakarta. Misalnya sewa rumah di Jakarta Barat. Hal ini bukan hanya bagi mereka yang merantau, melainkan juga untuk orang-orang yang ingin tinggal dekat dengan tempat kerja atau institusi pendidikan demi menghindari kemacetan lalu lintas.Mencari tempat kontrakan di Jakarta bisa menjadi tantangan tersendiri, karena harga sewa yang mahal dan persaingan ketat dalam menemukan kontrakan yang cocok dengan anggaran.

Namun, Anda tak perlu khawatir! Berikut tips-tips efektif untuk menemukan kontrakan dengan harga terjangkau di Jakarta tanpa mengorbankan kenyamanan dan fasilitas yang diperlukan.

Tentukan Bujet

Langkah pertama dalam mencari kontrakan di Jakarta adalah menentukan anggaran. Coba cari kontrakan yang sesuai dengan anggaran Anda, bukan sebaliknya. Ini sangat penting terutama jika Anda merantau jauh dan rencananya akan sewa rumah dalam jangka panjang. Pastikan rencana anggaran meliputi biaya sewa bulanan serta kebutuhan harian seperti ongkos ke kantor dan makan.Bila Anda ingin berburu kontrakan yang lebih terjangkau, coba cari di wilayah pinggiran kota. Biasanya, daerah pinggiran memiliki harga sewa yang lebih bersahabat dibanding wilayah pusat. Ini dapat menjadi alternatif cerdas untuk menemukan tempat tinggal yang cocok.

BACA JUGA  Makanan Pereda Sakit Ketika Haid

Tentukan Lokasi

Harga sewa kontrakan dan lokasi sangat berpengaruh. Biasanya, semakin dekat dengan perkantoran atau kampus, harga sewa kontrakan juga semakin tinggi. Meski begitu, usahakan untuk mencari kontrakan yang berjarak minimal 3-5 km dari kantor atau kampus. Sesuaikan dengan anggaran dan kemudahan akses transportasi. Cari kontrakan yang terletak dekat dengan tempat makan, minimarket, dan transportasi umum. Memilih kontrakan yang dekat dengan tempat makan penting, terutama jika Anda tidak ingin memasak sendiri. Pastikan juga akses transportasi mudah dijangkau.

Cari Informasi di Internet

Di era digital seperti sekarang, mencari informasi tentang kontrakan di Jakarta bisa sangat membantu. Cari informasi terlebih dahulu melalui internet sebelum melakukan survei langsung. Banyak properti yang sudah beriklan melalui media sosial, situs web, atau aplikasi. Situs web dan forum bisa membantu Anda menemukan opsi sewa rumah dengan harga terjangkau. Ini bisa mempercepat proses pencarian dan meminimalisir pengeluaran waktu dan energi. Anda bisa memanfaatkan aplikasi pencarian properti seperti Rumah123.com untuk membantu menemukan kontrakan yang sesuai dengan anggaran Anda.

Lakukan Survei

Meskipun sudah mendapatkan informasi dari internet, jangan malas untuk melakukan survei langsung di lapangan. Kunjungi lokasi kontrakan yang Anda pilih setelah mencatat alamat atau kontaknya dari internet. Melihat langsung kondisi kontrakan adalah langkah penting untuk menghindari ketidaksesuaian dengan gambar atau informasi online. Perhatikan sirkulasi udara, dapur dan lainnya

apakah berfungsi dengan baik.  Survei lapangan juga membantu Anda menilai apakah lokasi rawan banjir atau tidak. Tetap periksa kondisi dan keamanan kontrakan sebelum mengambil keputusan.

Perhatikan Fasilitas

Rumah adalah tempat di mana Anda akan menghabiskan banyak waktu. Pastikan fasilitas termasuk furnitur sudah sesuai dan nyaman. Pastikan juga fasilitas kontrakan dalam keadaan terawat dan bersih. Sebab, kebersihan memegang peranan yang sangat vital bagi kesehatan dan kenyamanan Anda. Bila anggaran sangat terbatas, Anda bisa mempertimbangkan kontrakan tanpa AC atau minim perabotan. Meski kurang nyaman, ini bisa membantu menghemat biaya sewa dan memberi ruang untuk pengaturan keuangan. Namun, tetap ingat bahwa sewa rumah dengan harga terjangkau tidak berarti mengorbankan kualitas hunian.

BACA JUGA  5 Harga Headphone Terbaik di Bawah 500 Ribuan

Itulah 5 tips sewa rumah di Jakarta. Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat lebih mudah menemukan kontrakan murah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran di Jakarta. Anda juga bisa menemukan kontrakan yang Anda inginkan di platform Rumah123.com. Portal properti yang satu ini dapat mempermudah pencarian hunian impian Anda. Dengan berbagai fitur inovatif, Anda bisa menemukan berbagai pilihan dan membuat keputusan yang cerdas dalam memilih properti.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...