8 Tips Berhemat Saat Traveling ke Luar Negeri

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Ingin lebih berhemat saat sedang wisata ke luar negeri? 8 tips berikut bisa membantu anda mengurangi pengeluaran saat traveling, terutama saat ke negara lain.

Pengeluaran anda saat traveling bisa membengkak baik itu saat Anda traveling ke luar negeri atau domestik.

Menjadi wisatawan yang cerdas dapat menempatkan liburan impian itu dalam jangkauan (secara finansial) tanpa menimbulkan hutang kartu kredit yang besar.

Dan apabila anda mampu menghemat uang  berarti Anda dapat menyimpan dana untuk melakukan traveling ke negara lainnya

Berikut adalah 8 tip untuk berhemat saat bepergian ke luar negeri :

1. Cermat Memilih Penerbangan

Pilihlah waktu dimana tarif tiket pesawat kira-kira sedang rendah. Gunakan aplikasi semacam skyscanner untuk mengetahui tarif terendah dari suatu rute penerbangan.

Alternatifnya, anda bisa memperkirakan sendiri kapan kira-kira penerbangan akan memiliki biaya lebih rendah, misalnya pada hari kerja, bukan weekend atau hari libur.

Pertimbangkan juga untuk booking tiket dari beberapa bulan sebelumnya agar mendapat harga yang lebih murah dibanding booking dengan jarak yang terlalu dekat dengan waktu berangkat.

Pilih maskapai yang memang terkenal sebagai budget airline, alias maskapai penerbangan yang fokus menawarkan tiket murah, apabila anda tidak mementingkan kenyamanan saat terbang.

2. Cermat Memilih Makanan

Saat traveling ke Negara lain, kurangi atau bahkan hindari membeli makanan di restoran-restoran supaya biaya makan tidak membengkak.

Anda bisa mencari makanan di food truck, pinggir jalan, atau kafe.

3. Gunakan Angkutan Umum

Apabila negara yang anda kunjungi memiliki angkutan umum yang memadai, pilihlah itu dibandingkan menyewa mobil.

Kecuali anda berminat liburan ke Islandia (di sana lebih baik menyewa mobil dan menyetir sendiri) atau negara lainnya yang sejenis, Anda akan lebih hemat naik angkutan umum.

4. Selalu Perhatikan Nilai Tukar Mata Uang

Pahami dan ingat selalu berapa nilai tukar mata uang negara yang anda kunjungi terhadap negara anda sendiri (Indonesia).

Ini berguna agar anda dapat memperkirakan berapa kira-kira sebuah barang dihargai oleh pedagang sebelum anda membelinya.

Manfaat lainnya mengetahui kurs adalah sebelum berangkat liburan, anda bisa menukarkan saat nilai tukar masih rendah sehingga anda akan lebih berhemat.

5. Riset PenginapanTerlebih Dahulu

Anda akan lebih berhemat apabila melakukan riset harga serta lokasi penginapan terlebih dahulu.

Riset harga berguna untuk membantu anda mengurangi biaya liburan, sementara riset lokasi akan berguna untuk meminimalisir biaya transportasi dan juga waktu yang dihabiskan di perjalanan menuju spot yang anda inginkan.

6. Jangan Lupa Menawar saat Belanja di Pasar

Apabila anda sedang belanja di lokasi pasar, jangan lupa untuk menawar.

Tetapi sebaiknya anda riset dahulu sebelum berangkat apakah di lokasi tersebut tawar-menawar merupakan hal yang wajar.

7. Cari Lokasi Wisata yang Gratis

Saat wisata ke Luar Negeri cobalah untuk mencari dan menemukan lokasi wisata yang gratis biaya masuk dan juga biaya lain-lainnya.

Area-area seperti museum dan taman biasanya bisa anda kunjungi tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun, tapi ini tergantung daerah yang anda kunjungi.

8. Cerdas dalam Menyusun Aktivitas

Yang dimaksud di sini adalah menyusun dan mempersiapkan rute dan jadwal kunjungan ke spot-spot wisata yang anda inginkan.

Jangan memaksakan untuk mengunjungi beberapa spot sekaligus, tapi cobalah menyusun dengan lebih bijak dan masuk akal.

Lebih baik mengunjungi sedikit tempat tetapi puas menghabiskan waktu dibandingkan mengunjungi banyak tempat tetapi merasa dikejar-kejar waktu, kan?

Originally posted 2017-09-05 05:52:03.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar