Fakta Unik dan Menarik Kota Surabaya yang Tidak Banyak Diketahui

liburan-surabaya

Bagikan artikel ini :

Siapa ya tak kenal dengan kota Surabaya? Siapa pun sepertinya tahu dengan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta ini. Tentu saja demikian, sebab Surabaya merupakan salah satu kota penting dalam sejarah Indonesia. Perjuangan rakyat Surabaya di masa merebut kemerdekaan negara masih terkenang hingga sekarang.

Fakta penting dan unik tentang Surabaya tak hanya mengenai sejarah dan perjuangannya saja. Ada banyak hal yang harus diketahui juga. Jika Anda berencana ke Surabaya, fakta- ini bisa Anda saksikan langsung dengan segera. Untuk urusan tiket pesawat murah ke Surabaya, percayakan saja pada Traveloka. Tiket murahnya banyak. Cara bookingnya juga mudah.

Berikut ini fakta-fakta unik dan menarik tentang Surabaya yang bisa Anda eksplor saat berada di sana.

1. Patung Kebun Binatang Surabaya (KBS), Patung Tempat Berfoto

Siapa pun yang datang ke Surabaya, kebanyakan berfoto di depan patung KBS. Patung yang bentuknya Suro dan Boyo atau Hiu dan Buaya ini memang menjadi landmark bagi kota Surabaya. Dan pastinya, kamu juga jika datang ke Surabaya harus berfoto di sana. Sekalipun yang masuk ke dalam KBS-nya masih sangatlah jarang. Bahkan dari waktu ke waktu, pengunjung KBS ini konon semakin berkurang.

BACA JUGA  10 Lokasi Wisata Bulan Madu paling Romantis di Eropa

2. Surabaya Punya Banyak Festival Besar

Ya, benar, menjelang peringatan hari ulang tahunnya, Surabaya menyelenggarakan banyak sekali festival. Dari mulai festival dengan bentuk parade bunga, lalu festival rujak uleg, bahkan hingga ke festival pasar malam Tjap Toendjoengan. Semua festival tersebut dibuat memang sebagai tanda bahagianya masyarakat Surabaya di dalam menyambut hari peringatan ulang tahun kota tercintanya.

3. Ada Kisah Surabaya di Teater Cak Durasim

Teater yang satu ini menceritakan legenda kota Surabaya di dalam bentuk teater drama. Gedung Teater Cak Durasim menjadi tempat dimainkannya. Tidak hanya kesenian ludruk saja yang ditampilkan, pementasan puisi, aneka penampilan seni musik, pertunjukan seni tari, hingga berbagai acara seni rupa lainnya juga banyak yang ditampilkan di teater ini.

4. Suka dengan Pameran Khas Tempo Doeloe dan Pameran Lukisan? Datang ke House of Sampoerna (HoS)

Kamu yang gemar datang ke aneka pameran, yang mungkin bisa menambah wawasanmu serta senang mengabadikannya dengan kameramu, saat di Surabaya, datanglah ke Museum Hos. Di sana ada banyak koleksi lukisan yang keren-keren. Tempatnya juga cocok untuk dijadikan latarmu untuk berswafoto dan mengunggahnya di media sosial.

5. Zangrandi, Tempat Makan Es Krim Tempo Doeloe

Main ke Surabaya yang panas akan sangat menyenangkan jika kamu mengademkannya dengan makan es krim. Nah tempat makan es krim yang terkenal di sana namanya Zangrandi. Rasa es krimnya yang enak konon sudah sejak lama. Dan rasanya ini dipertahankan keasliannya hingga sekarang. Toko es krim Zangrandi bisa kamu datangi di Jalan YOS Sudarso.

6. Jangan Lupakan Makanan Khasnya: Rujak Cingur, Sate Ondomohen, Lontong Balap, dan Semanggi

Semua kota di Indonesia memiliki makanan yang khas. Nah yang khas dari Kota Surabaya itu adalah rujak cingur, sate ondomohen, lontong balap, dan juga semanggi. Kamu harus banget mencicip makanan-makanan ini saat di Surabaya. Rasanya enak, harganya juga sangat terjangkau. Dari kaki lima hingga restoran mewah banyak yang menyajikan makanan khas kota Surabaya ini.

BACA JUGA  10 Tempat Wisata Paling Populer di Sulawesi Tenggara yang Wajib Dikunjungi

7. Jangan Heran dengan Jalan Macet

Sebagai kota besar, tak aneh jika ada jalanan yang macet dengan banyaknya kendaraan bermotor. Namun di Surabaya, konon macetnya luar biasa. Entah itu pagi, siang, atau sore. Terutama di hari kerja. Namun jangan heran, saat hari libur sekolah jalanan justru kosong melompong.

8. Cicipi Kuliner Malam Kota Surabaya?

Jika kamu datang ke Surabaya, dan lalu lapar saat malam, ayo keluar dan cari kuliner malam yang ada di sana. rekomendasi kuliner malam yang ada di Surabaya misalnya saja pecel ambulans yang ada di BG Junction; nasi cumi yang ada di Pasar Atum; sego sambel khas Wonokromo; seafood di Kapasan; lalu Apeng; kemudian bubur Mang Dudung yang ada di Kedungdoro, dan juga burung dara yang ada di Jalan Pahlawan. Kuliner-kuliner malam kota Surabaya ini cukup terkenal.

9. Ada Monumen yang Menyerupai Patung Liberty

Jika kamu ke Surabaya, kamu akan bisa menemukan patung yang namanya Monumen Jalesveva Jayamahe. Sebuah patung banyak disebut juga sebagai Monjaya. Monumen ini sendiri menjadi monumen kebanggan dari para Perwira TNI Angkatan Laut. Tinggi dari monumen ini sekitar 30,6 meter .

10. Ada Jembatan Seperti di San Fransisco

Ya benar, jembatan di Surabaya yang mirip dengan jembatan di San Fransisco ini adalah jembatan Suramadu. Jika kamu datang ke Surabaya, cobalah untuk main ke sana. Terutama pada malam hari. Kerlap-kerlip cahaya lampunya sangatlah indah. Dan pastinya sangat cantik untuk jadi objek atau latarmu berswafoto.

Itu dia beberapa fakta unik dan menarik dari Surabaya. Ada banyak lagi yang lainnya yang bisa kamu cari sendiri ketika kamu sedang berada di sana. Rencanakan perjalanan liburanmu ke Surabaya sekarang juga!

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...