4 Tempat Wisata Kota Tua Terkenal di Riau yang Wajib Dikunjungi

Spread the love

Apabila kamu sedang mempersiapkan liburan ke Riau, jangan lupa untuk mengunjungi 4 Tempat Wisata Kota Tua ini ya.

lokasi wisata Kota Tua memang merupakan tujuan wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi saat sedang liburan baik bersama teman ataupun keluarga.

Bagi para penggemar jenis wisata Kota Tua yang sedang berencana untuk liburan ke Riau, jangan lupa sempatkan untuk berkunjung ke tempat-tempat berikut ini deh, dijamin nggak bakalan menyesal.

1. Kota Tua Senapelan

wisata-kota-tua-riau-senapelan

Kota ini layak disebut sebagai Kota Tua-nya Riau, karena disinilah cikal bakal lahirnya Kota Pekanbaru bermula.

Dikenal sebagai Kampung Bandar Sinapelan, di sini selain bisa menikmati pemandangan bangunan-bangunan tua, kamu juga bisa mengunjungi Masjid Raya Sinapelan yang kini dikenal dengan nama Masjid Raya Pekanbaru yang dibangun pertama kali pada tahun 17770.

Dari situ kamu bisa meneruskan mengunjungi makam pendiri kota Pekanbaru yaitu makam Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah yang dikenal dengan nama Marhum Bukit, dan juga makam Sultan Siak Keempat, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah yang dikenal dengan nama Marhum Pekan.

Kamu juga bisa berbelanja di Pasar Bawah yang merupakan pasar tertua di kota Pekanbaru yang juga disebut sebagai surga belanja nya Riau.

Masuk ke Pelabuhan Pelindo, kamu bisa mengunjungi tugu titik nol dan di pelabuhan tersebut kamu juga bisa ikut dalam aktivitas-aktivitas masyarakat seperti memancing, atau memandangi kapal-kapal besar yang berlabuh.

Lelah berjalan, silahkan mampir ke kedai Kopi Kimteng untuk menikmati kopi sambil menyantap roti bakar yang selainya juga terbuat dari kopi (atau bisa pilih rasa lain)

Oh iya, mampir juga ke rumah Tuan Kadi (Qadhi) ya, di situ kamu bisa belajar sejarah Kesultanan Siak di masa lampau, atau bisa juga bermain di tamannya.

2. Kota Tua Selatpanjang

wisata-kota-tua-riau-selatpanjang

Kalau waktu berkunjung kamu adalah pada saat libur Imlek, maka lokasi yang cocok untuk dikunjungi adalah Kota Tua Selatpanjang di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Di sana setiap Imlek selalu diadakan perayaan besar-besaran dan kamu juga bisa mengunjungi Vihara Sejahtera Sakti (Kelenteng Hoo Ann Kiong) yang juga banyak dikunjungi wisatawan asing dari negara sekitar.

Kamu juga bisa merasakan naik transportasi unik yaitu becak motor, dan menikmati kuliner khas setempat yaitu Mi Sagu.

3. Kota Tua Karimun

wisata-kota-tua-riau-karimun

Pulau Karimun memang lebih dikenal dengan objek wisata pantai nya, tetapi bagi yang mencari destinasi wisata kota tua, di tempat ini juga tersedia beragam spot yang bisa kamu kunjungi.

Di sini kamu bisa mengunjungi kampung lokal yang terletak di Meral atau Pasir Panjang (ada prasasti Pasir Panjang di sini), lalu berkunjung ke vihara seperti Klenteng TUA PEK KONG, Vihara cetiya, Vidya Sagara dan Vihara Sasana Diepa.

Bagi penggemar Seafood juga wajib mengunjungi Restauran Seafood 188 untuk menikmati kelezatan Kepiting Lada, Lobster, Sotong Goreng, dan masih banyak lagi.

4. Kota Tua Penagi

wisata-kota-tua-riau-penagi

Mampir ke Pulau Natuna, di sana kamu bisa mengunjungi Penagi, Kampung di atas Laut.

Di sana kamu akan merasakan keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama yang dibuktikan dengan bersandingnya rumah-rumah ibadah dan keberagaman warganya.

Tempat ini memang bukan destinasi wisata populer di kepulauan Natuna, tetapi banyak spot-spot foto yang sangat menarik di sini bagi kamu yang hobi fotografi ataupun senang menjelajah.

Demikianlah 4 Tempat Wisata Kota Tua Terkenal di Riau yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke daerah tersebut.

Semoga artikel dari kami membantu memberi ide untuk liburan kamu ya.

Baca juga artikel lainnya:

Artikel Lainnya

Loading...

Tinggalkan komentar

Advertisement
hosting indonesia
hosting murah

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 2.265.489 hit