10 Tempat Wisata Paling Populer di Sulawesi Tenggara yang Wajib Dikunjungi

wisata-sulawesi-tenggara-pantai-meleura
Spread the love

Apabila kamu sedang mempersiapkan liburan ke Sulawesi Tenggara, jangan lupa untuk mengunjungi 10 Tempat Wisata paling populer ini ya.

Bagi para penggemar wisata yang sedang berencana untuk liburan ke Sulawesi Tenggara, jangan lupa sempatkan untuk berkunjung ke 10 tempat ini deh, dijamin nggak bakalan nyesel.

Pulau Labengki

wisata-sulawesi-tenggara-pulau-labengki

Pulau yang dijuluki miniatur Raja Ampat ini menawarkan keindahan yang tidak kalah dibandingkan pembandingnya tersebut. Pulau Labengki terletak di Kabupaten Konawe Utara.

Pulau Labengki dapat dijangkau dari Kota Kendari, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara, kamu bisa melalui jalan darat sekitar 1 jam menuju daerah Toli-Toli Kabupaten Konawe. Dari Toli-Toli, dilanjutkan perjalanan dengan kapal kurang lebih 3 jam perjalanan untuk tiba di Pulau Labengki.

Pulau Bokori

wisata-sulawesi-tenggara-pulau-bokori

Pulau yang terletak di tengah lautan ini sangatlah menawan. Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk sampai ke Pulau Bokori. Pertama, menggunakan transportasi laut dari Pelabuhan Kendari langsung ke pulau ini. Kedua menggunakan transportasi darat dari  Kendari menuju perkampungan Suku Bajo.

Dari pusat kota hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai di perkampungan Suku Bajo. Di sini banyak penduduk setempat yang menyediakan jasa antar ke Pulau Bokori. Tarifnya pun terbilang murah meriah. Cukup dengan merogoh kocek Rp 30.000 per orang, kamu sudah mendapatkan layanan antar jemput.

Desa Wisata Namu

wisata-sulawesi-tenggara-desa-wisata-namu

Desa Wisata yang indah ini bisa dicapai dengan 2 cara:

  1. Jalur darat, dari kendari kamu bisa menuju langsung ke pelabuhan Amolengo yang berada di kec. Kolono Timur. dengan jarak tempuh 93 KM, selama 2 Jam. dilanjutkan ke desa wisata namu menggunakan kapal nelayan. waktu tempuh kurang lebih 30 menit.
  2. Jalur laut, dari kendari kamu bisa langsung ke pelabuhan rakyat yang berada di Kota lama, disana kamu bisa tanyakan kapal yang menuju jalur Laonti. waktu perjalanan selama 4 jam dengan jarak 70 KM.
    dari kedua alternatif diatas, kamu bisa memilih sesuai kemampuan fisik dan management waktu yang efisien.

Pantai Meleura

wisata-sulawesi-tenggara-pantai-meleura

Pantai yang terletak di Lohia, Kabupaten Muna ini sangatlah eksotis dan menawan.

Pasir putih dan air yang jernih dan cukup dangkal, kamu bisa bermain dengan sepuasnya di dalamnya. Selain itu, ombaknya pun aman dan tenang.

Pulau Hoga

wisata-sulawesi-tenggara-pulau-hoga

Pulau Hoga adalah salah satu pulau di gugusan kepulauan tukang besi wilayah Kabupaten Wakatobi, provinsi Sulawesi Tenggara , Indonesia, yang juga merupakan pulau wisata bawah laut terindah di Dunia. Pulau ini terletak di timur Pulau Kaledupa.

Hutan Lambusango

wisata-sulawesi-tenggara-hutan-lambusango

Hutan Lambusango adalah benteng terakhir keragaman hayati Bioregion Wallacea. Wallacea adalah wilayah unik di dunia, tempat bercampurnya tumbuhan dan binatang dari Asia dan Australia.

Di hutan ini kita bisa melihat bagaimana monyet Asia seperti Andoke (Macaca ochreata brunescens) berbagi hunian hutan dengan kuskus (Ailurops ursinus), mamalia berkantong yang biasa ditemukan di Australia. Hutan Lambusango memiliki 21 satwa bertulang belakang (ikan, katak, mamalia kecil, kelelawar, bahkan primata) yang hanya ada di Pulau Buton saja.

Pengamatan burung rangkong, monyet, tarsius, bahkan anoa lebih mudah ditemukan di Kab. Buton daripada wilayah lain di Bioregion Wallacea. Tercatat ada sekitar 120 spesies burung ditemukan di hutan ini, 36 jenis di antaranya adalah endemik Sulawesi.

Hutan yang masih utuh ini terletak di jantung Pulau Buton, di mana seluruh daerah tangkapan air dari sungai-sungai yang mengalir ke selatan berada di hutan ini.

Benteng Keraton Buton

wisata-sulawesi-tenggara-benteng-keraton-buton

Benteng Keraton Buton merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Bau-bau, Sulawesi Tenggara. Benteng ini merupakan bekas ibukota Kesultanan Buton yang memiliki bentuk arsitek yang cukup unik, terbuat dari batu kapur/gunung.

Desa Wisata Tangkeno

wisata-sulawesi-tenggara-desa-wisata-tangkaeno

Desa Wisata Tangkeno Terletak di Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Di nobatkan sebagai desa wisata menjadikan Tangkeno sebagai ikon pariwisata Kabupaten Bombana.

Untuk sampai ke Desa Tangkeno perjalanan dari Ibu Kota Provinsi memakan waktu 3 jam dengan kendaraan roda empat, sesampainya di pelabuhan Kasipute Kabupaten Bombana dapat melanjutkan perjalanan dengan kapal motor selama 4 jam dan menempuh perjalanan lebih kurang 45 menit dengan kendaraan roda empat/roda dua anda akan sampai di Desa Wisata Tangkeno.

Kekayaan Pesona Alam, Keunikan adat dan budaya di yakini mampu menarik dan memanjakan mata wisatawan yang datang ke Desa yang dikenal juga dengan sebutan Negeri di Awan ini. Gugusan Gunung yang merupakan puncak tertinggi ke dua di Sulawesi Tenggara ini menawarkan pemandangan alam dan sunset yang sangat menakjubkan untuk di nikmati oleh para pelancong.

Ragam peninggalan budaya juga menjadi salah satu daya tarik yang memikat dari desa ini, Dua buah Benteng pertahanan bekas jajahan belanda dengan lokasi yang berada pada ketinggian juga memiliki pemandangan alam menakjubkan mampu menjadikan desa ini menjadi salah satu tujuan wisata unggulan.

Hutan Mangrove

wisata-sulawesi-tenggara-hutan-mangrove

Hutan Mangrove yang terletak di Kota Kendari ini menyajikan wisata hutan yang menawan. Terutama jika ingin menikmati angin sepoi-sepoi di tengah hutan mangrove dengan suasana begitu rapi dan modern. Selain itu, masyarakat bisa menikmati indahnya laut biru yang membentang di teluk Kendari

Permandian Tamborasi

wisata-sulawesi-tenggara-sungai-taborasi

Sungai Tamborasi merupakan sungai yang berukuran sangat pendek, hanya mempunyai panjang 20 meter dan lebar 15 meter.

Dengan ukuran ini Sungai Tamborasi tercatat sebagai sungai terpendek ke dua setelah Sungai Reprua yang ada di Georgia dengan ukuran panjang 18 meter. Sungai ini mempunyai keindahan yang sangat mempesona tidak seperti kebanyakan sungai yang sering ditemui.

Demikianlah 10 Tempat Wisata Paling Populer di Sulawesi Tenggara yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke daerah tersebut.

Semoga tips dari kami membantu ya.

Baca juga artikel lainnya :

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar