5 Penyebab Layar Notebook Rusak dan Mati Total

5 Penyebab layar notebook rusak dan mati total ini sangat berguna untuk kamu ketahui supaya dapat mengetahui alasan serta pencegahannya.
penyebab-layar-notebook-rusak-mati-total
Spread the love

Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan memberikan apa saja penyebab layar notebook rusak dan bahkan mati total supaya kamu dapat mengetahui kira-kira apa saja yang perlu kamu hindari atau mencari tahu kenapa layar notebook/laptop kamu bermasalah.

Notebook saat ini memang menjadi salah satu perangkat komputasi favorit banyak orang karena sangat bentuknya yang ringkas dan bisa dibawa kemana saja dan dapat digunakan kapan saja. Dengan ukuran yang cukup kecil , hanya 9 – 12 inci, notebook menjadi pilihan yang lebih ringkas daripada harus menggunakan laptop yang berat dan besar.

Namun masih banyak para pengguna notebook masih tidak peduli untuk merawat perangkat notebook mereka sehingga membuat usia notebook mereka tidak panjang. Perawatan terhadap layar notebook terkadang tidak menjadi perhatian oleh sebagian orang. Padahal layar adalah hal terpenting dari sebuah notebook itu sendiri. Kerusakan pada layar notebook tentu saja akan membawa kerugian yang besar terutama karena harga penggantiannya yang cukup mahal.

layar-laptop-rusak

Berikut ini adalah beberapa hal penyebab layar notebook rusak yang harus kamu hindari.

1. Sering Menekan Layar

Kebiasaan kamu dalam menekan layar notebook terlalu kuat akan mengakibatkan layar menjadi lebih cepat rusak. Pada umumnya layar notebook lebih lunak bila dibandingkan layar komputer biasa, sehingga tekanan yang dirasa tidak terlalu kuatpun akan menyebabkan kerusakan pada layar notebook.
Untuk kamu yang menggunakan notebook dengan kemampuan layar sentuh, ada baiknya menghindari menekan layar dengan menggunakan jari, cukup sentuhan yang lembut saja. Kamu juga bisa menambahkan lapisan screen protector untuk lebih menjaga keawetan layar notebook kamu.

2. Mengangkat Notebook Dengan Memegang Layar

Ukurannya yang kecil dan ringan, membuat para pengguna notebook kerap kali mengangkat laptop dengan memegang layarnya. Kebiasaan ini tentu saja tidak baik karena dapat menyebabkan engsel layar notebook kamu longgar.
Engsel yang longgar tentu saja menyebabkan layar notebook rusak dan tidak bisa tegak lagi saat digunakan. Hal ini tentu saja sangat mengganggu kenyamanan kamu dalam menggunakan notebook.

3. Meletakan Benda di Atas Notebook

Kebiasaan meletakkan benda di atas notebook saat notebook kamu tidak digunakan merupakan kebiasaan yang tidak tepat. Layar notebook merupakan bagian yang rawan, karena layar ini terbuat dari liquid/cairan.

Meskipun pada posisi notebook tertutup, hindari meletakkan benda yang bisa menekan layar seperti buku, atau kunci dan sebagainya yang biasanya tanpa sadar kamu lakukan terutama saat notebook berada dalam tas. Hal ini dapat menyebabkan layar notebook rusak, munculnya garis-garis, titik-titik atau bercak yang mengganggu.

4. Menggunakan Alkohol Untuk Membersihkan Layar

Cara membersihkan layar notebook yang tidak tepat akan menyebabkan kerusakan. Ada baiknya kamu menghindari membersihkan layar dengan cairan yang mengandung alkohol. Cairan ini memang cepat kering, namun menimbulkan bahaya korosi bagi komponen di dalam layar notebook kamu.

Cukup gunakan kain kering tanpa serat dengan bahan yang halus saat ingin membersihkan layar, sehingga permukaan layar tidak akan cepat tergores.

5. Meletakkan Magnet Dekat Dengan Layar Notebook

Magnet menang musuh bagi semua alat elektronik. Tak terutama untuk layar notebook kamu. Radiasi medan magnet yang dihasilkannya dapat menyebabkan kerusakan permanen pada layar bila terus menerus terkena paparan medan magnet. Tidak hanya layar, komponen lain dari notebook kamu juga akan ikut rusak karena magnet.

Demikian beberapa penyebab layar notebook rusak, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kamu akan lebih menjaga notebook kamu agar terhindar dari kerusakan.

Baca juga artikel Asaljeplak lainnya terkait komputer dan notebook mulai dari hardware, software dan masih banyak lagi seperti:

  1. Cara mengatasi game keluar sendiri di PC Windows 10
  2. Cara menggunakan stik PS3 pada Windows 10
  3. Cara mengatasi Windows Explorer yang menutup sendiri
  4. Penyebab kinerja harddisk 100% pada Windows 10
  5. Cara membuat jaringan komputer pada MacOS
  6. dan masih banyak lagi yang lainnya

sumber gambar: pexels.com

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar