Ini Dia Kriteria Artikel SEO Yang Baik

kriteria-artikel-seo

Bagikan artikel ini :

Pemilik jasa penulis artikel konten di era ini, tentunya harus mengetahui kriteria artikel SEO yang baik. Karena hanya artikel semacam ini yang bisa dibaca Google Search sekaligus yang membuatnya muncul di halaman pertama pencarian. Jikalau artikel seperti ini tidak dibuat, tentu website akan tenggelam karena tidak terdeteksi oleh pembaca. 

Jika Anda ingin cari jasa artikel SEO, coba deh baca tips memilih jasa penulis artikel seo ini. Dijamin Anda akan mendapatkan rekomendasi jasa yang paling tepat.

Kriteria dan Spesifikasi Artikel SEO yang Baik

Terdapat beberapa kriteria artikel SEO yang perlu diketahui para penulis artikel website. Sebagian kecil akan diulas di bawah ini, jadi silakan dibaca sampai selesai. Ini dia ulasannya:

1. Judul Artikel Singkat Namun Menarik

Kalau Anda membuat artikel SEO, maka pastikan menggunakan judul yang sangat menarik. Tak hanya itu, kalimat yang digunakan tidak boleh panjang dan harus memasukkan kata kunci utuh di dalamnya. Judul semacam ini yang menarik minat pembaca sehingga mereka akan langsung menekan link website

Khusus artikel listicle, Anda bisa memasukkan angka di depan judul seperti contoh judul berikut “7 Desain Kamar Mandi Yang 100% Elegan”. Model judul semacam ini yang sangat unik dan bisa membuat pembaca menjadikan artikel sebagai rujukan pertama. Oleh sebab itu, jangan membuat judul artikel asal-asalan. 

2. Kata Kunci Tersebar di Artikel

Kata kunci atau keyword merupakan unsur penting di dalam artikel jenis SEO. Oleh sebab itu, Anda harus memasukkan unsur tersebut agar artikel mudah dideteksi Google Search Engine dan harus merata, tidak hanya di judul saja. Pada umumnya, kw diletakkan di paragraf pertama, paragraf pertengahan dan paragraf penutup. 

BACA JUGA  Istilah-Istilah yang Sering Dipakai dalam Hosting dan Domain

Selain itu, Anda harus menyebar kata kunci di keseluruhan artikel dan harus disebar secara original dan tidak boleh dipaksakan. Kalau kata kunci dipaksakan tentu pembaca akan kesulitan untuk memahami informasi dari kalimat yang berisi kata kunci tersebut. Yang ada, pemasangan kata kunci menjadi sia-sia karena tidak bisa membuat pembaca mengerti tentang pembahasan yang ada. 

3. Artikel Minimal 500 Kata

Kriteria artikel SEO yang baik berikutnya adalah artikel minimal 500 kata. Ini termasuk jumlah kata yang ideal dibandingkan artikel yang berjumlah 400 kata apalagi 300 kata. Lebih banyak lagi jumlah kata yang digunakan di artikel, maka artikel tersebut akan lebih mudah dideteksi Google. Sedangkan untuk batasan maksimal adalah 2500 kata dan lebih dari itu berarti artikel sudah terlalu panjang. 

Sekalipun demikian, Anda tidak boleh membuat artikel demi menyesuaikan jumlah kata saja. Sehingga tulisan menjadi berbelat-belit dan membingungkan. Artikel harus sesuai jumlah kata, tetapi kalimat yang digunakan juga harus tetap runtut dan jelas agar keterpahaman pembaca tetap terjaga. 

4. Paragraf Tidak Terlalu Panjang

Kriteria penulisan artikel SEO salah satunya adalah artikel dibangun dari paragraf yang tidak terlalu panjang. Di dalam satu paragraf, usahakan membuat kalimat maksimal 4-5 baris saja. Kalau lebih dari 4-5 baris, kalimat akan membingungkan pembaca. Bahkan, pembaca akan cepat bosan sehingga menutup website sebelum artikel selesai dibaca. 

Logikanya, pembaca lebih suka membaca artikel dengan paragraf yang pendek daripada yang panjang. Karena artikel tidak sama dengan buku yang membutuhkan ulasan lebih luas. Makanya, kesesuaian jumlah baris di dalam paragraf sangat penting karena ini menunjang efisiensi blog yang di dalamnya ada artikel yang dimaksud. 

BACA JUGA  Belajar Istilah di dalam SEO

5. Terdapat Heading dan Sub Heading

Heading dan sub heading harus diletakkan di dalam artikel SEO. Tujuannya adalah untuk mempermudah pembaca mengambil informasi dari pembahasan yang dituliskan. Kalau tidak ada heading dan sub heading, tentu pembaca akan kebingungan bahkan mata akan terasa lelah karena yang terlihat hanya tulisan panjang semata. 

Heading maupun sub heading bisa diatur di dalam website pada saat artikel akan di-publish. Namun alangkah baiknya, Anda mengatur heading dan sub heading langsung di Microsoft Word. Dan pengaturan ini tidak akan berubah sekalipun artikel telah Anda post di dalam website

6. Memiliki Internal Link 

Internal Link merupakan link yang akan mengarahkan pembaca pada sebuah artikel di dalam website. Umumnya, link ini diletakkan di artikel yang kontennya sesuai dengan konten yang nantinya akan diarahkan oleh link tersebut. Tujuan dari link ini sendiri adalah untuk mempermudah pembaca mendapatkan informasi pendukung tanpa harus berpindah ke website yang lain. 

Link internal harus ada di dalam artikel SEO selain eksternal link. Namun jumlahnya tidak usah terlalu banyak, cukup 1-2 saja untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti spamming. Untuk itu, silakan pakai internal link tetapi pilih jumlah yang ideal.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tinggalkan komentar via FB