7 Tempat yang Wajib Dikunjungi di Pekanbaru

tempat-wajib-dikunjungi-pekanbaru

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Indonesia memang kaya akan tempat wisata dan kuliner enak. Begitu pula ketika kamu pergi ke Pekanbaru. Wilayah ini ternyata punya sejumlah tempat menarik yang layak buat dikunjungi, lho. Kalau kamu berencana tinggal selama beberapa hari, di Pekanbaru juga banyak hotel murah yang dapat dipesan secara online.

Penasaran seperti apa objek wisata di Pekanbaru? Simak rekomendasi tempat wisata mulai dari wisata alam sampai wisata kuliner berikut ini.

Asia Farm Hay Day

liburan-pekanbaru-asia-farm-hay-day
sumber: Instagram

Sampai saat ini tempat wisata selfie masih menjadi favorit para pengunjung. Di Pekanbaru terdapat objek wisata selfie bernama Asia Farm Hay Day yang baru dibuka tahun 2019 lalu.

Asia Farm Hay Day hadir membawa konsep hiburan sekaligus edukasi. Untuk fasilitas hiburan, Asia Farm Hay Day menghadirkan sejumlah bangunan bergaya Eropa dan Jepang, cocok buat kamu yang hobi berfoto. Menariknya lagi, pihak pengelola juga menyediakan baju kimono yang bisa disewa.

Sementara untuk kegiatan edukasi, di Asia Farm Hay Day pengunjung bisa belajar tentang dunia peternakan dan pertanian.

Rainbow Hills Rumbai

liburan-pekanbaru-rainbow-hills-rumbai
sumber: Instagram

Kalau biasanya pasir punya warna gelap, di Pekanbaru terdapat sebuah kawasan yang dipenuhi gundukan pasir warna-warni mirip Rainbow Mountains yang ada di Peru. Tempat ini dikenal sebagai Rainbow Hills Rumbai.

Bukit ini pertama kali populer berkat foto dan tulisan yang dibuat oleh traveller blogger bernama Marischka Prudence. Jika diperhatikan, tempat ini dipenuhi warna-warna menarik seperti merah muda, kuning, oranye, abu-abu, dan cokelat tua.

Berkat keunikannya ini, Rainbow Hills Rumbai banyak diburu wisatawan yang ingin berfoto.

Bukit Kapur Air Hitam

liburan-pekanbaru-bukit-kapur-air-hitam
sumber: Instagram

Tak kalah cantik dari Rainbow Hills Rumbai, Pekanbaru juga punya spot foto instagramable lain bernama Bukit Kapur Air Hitam. Bukit Kapur Air Hitam sendiri merupakan bekas aktivitas penambangan yang kini berubah menjadi objek wisata di Pekanbaru.

Ketika tiba di lokasi kamu akan mendapatkan pemandangan bukit kapur berwarna putih yang cantik. Keindahan tempat satu ini bahkan sering dimanfaatkan sebagai lokasi pengambilan gambar untuk keperluan foto pre-wedding.

Pulau Cinta Teluk Jering

liburan-pekanbaru-pulau-cinta-teluk-jering
sumber: Youtube

Pulau Cinta Teluk Jering termasuk objek wisata yang ada di Kabupaten Kampar. Dari pusat kota Pekanbaru, kamu perlu melakukan perjalanan kurang lebih 30 menit berkendara untuk tiba di lokasi.

Saat liburan, Pulau Cinta Teluk Jering selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di tempat ini pengunjung diajak berwisata ke tepi Sungai Kampar yang luas layaknya pemandangan di bibir pantai.

Selain bersantai menikmati keindahan alam sekitar, di Pulau Cinta Teluk Jering kamu bisa menikmati wahana bermain air seperti susur sungai dengan kapal, banana boat, dan donat boat. Unik, kan?

Pukis Padusari

wisata-kuliner-pekanbaru-pukis-padusari
Sumber: Canva

Buat penikmat kuliner, kamu bisa mampir ke Pukis Padusari yang ada di Kota Pekanbaru. Usaha yang telah dirintis sejak 1982 ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Pekanbaru.

Pukis Padusari dikenal memiliki varian rasa yang lezat dan beraroma harum. Tekstur pukisnya pun terasa empuk ketika digigit. Kombinasi antara rasa gurih dan manis juga terasa pas ketika dimakan.

Untuk pilihan rasa, kamu bisa memilih pukis rasa nanas, kacang, cokelat, stroberi, nutella, pandan, pisang, keju, sampai kismis. Pukis Padusari ini paling nikmat ketika disantap dalam keadaan hangat.

Kedai Kopi Kimteng

Selain Pukis Padusari, Kedai Kopi Kimteng juga disebut sebagai kuliner legendaris Pekanbaru.

Menurut keterangan pihak pengelola, Kedai Kopi Kimteng ini telah berdiri sejak tahun 1946. Selain menjadi incaran wisatawan, Kedai Kopi Kimteng pun jadi langganan para pejabat setempat.

Bicara tentang menu favorit, Kedai Kopi Kimteng menawarkan kopi susu dan kopi O alias kopi hitam. Sebagai teman minum kopi, kamu bisa memesan seporsi roti bakar sarikaya yang menjadi penganan favorit pengunjung di tempat ini.

Roti Canai Kuansing

wisata-kuliner-pekanbaru-roti-canai-kuansing
Sumber: Canva

Pilihan tempat makan terkahir yang wajib dicoba selama berada di Pekanbaru adalah Roti Canai Kuansing. Warung yang berlokasi dekat Bundaran Tugu Keris ini menawarkan roti canai yang fresh dan dibuat tanpa bahan pengawet.

Seporsi Roti Canai Kuansing berisi dua buah roti canai rasa original dan canai telur yang disajikan lengkap dengan kuah kari ayam yang lezat. Untuk melepas dahaga, kamu bisa memesan segelas teh tarik di sini.

Itulah deretan tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Kota Pekanbaru. Jika butuh rekomendasi tempat menginap, kamu bisa memesan kamar Hotel Dafam Pekanbaru secara online hanya dari Traveloka Lifestyle SuperApp!

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB