7 Tips Jitu untuk Mengatasi Paket Data yang Lemot

7 Tips Jitu untuk Mengatasi Paket Data yang Lemot

Spread the love

Berikut ini Asaljeplak akan memberikan 7 tips jitu dan ampuh dalam mengatasi paket data yang lemot sehingga kamu akan lebih lancar menggunakan internet.

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi dibandingkan koneksi paket data seluler yang lambat. Entah untuk sekedar Googling sesuatu atau update status di Facebook dan Instagram, tentu saja kita berharap harga yang sudah kita bayarkan tidak menjadi sia-sia..

Dalam banyak kasus, koneksi yang lambat itu sifatnya hanya sementara, yang disebabkan oleh lokasi atau jaringan macet. Meskipun terkadang bisa bertahan selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

Sebelum menghubungi operator sambil marah-marah, kamu bisa mencoba 7 tips jitu ini terlebih dahulu untuk melihat apakah dapat memperbaiki masalah paket data lemot.

1. Restart Ponsel Milikmu

Solusi sederhana pertama adalah dengan me-restart ponsel milikmu, terutama apabila belum pernah kamu matikan atau restart dalam waktu yang lama. Cara ini yang paling umum dilakukan saat menghadapi koneksi paket data yang sedang lemot,

2. Pindah Lokasi

Faktor lokasi pada koneksi paket data sama menentukannya dikarenakan paket data itu menangkap dan memancarkan sinyal. sehingga apabila kamu berpindah mencari lokasi yang lebih kuat sinyalnya tentunya akan mempercepat koneksi paket data sehingga tidak akan lemot lagi.

3. Matikan atau Update Apps

Terkadang ada beberapa apps bermasalah yang bisa memakan konsumsi paket data mu sehingga saat kamu gunakan untuk hal lainnya akan terasa lemot. Silahkan kamu coba cek pada Settings atau Pengaturan untuk melihat aplikasi mana yang memakan banyak paket data, dan matikan atau coba update aplikasi tersebut ke versi terbaru.

4. Matikan VPN

Menggunakan aplikasi VPN ataupun browser yang menyediakan fitur VPN seperti Opera Mini kemungkinan akan memperlambat koneksi paket data milikmu.

Karena VPN itu mengantarkan dan menerima data yang ingin kamu akses di internet melalui lokasi lain yang otomatis akan memperlambat alur kecepatan data, sehingga kamu bisa coba matikan untuk menguji apakah memang karena VPN atau bukan yang menyebabkan koneksi paket data kamu lemot.

5. Cari tahu ada Kerusakan Jaringan atau tidak

Terkadang masalah koneksi Paket data yang lemot justru bukan datang dari operator yang kita gunakan, melainkan dari server tempat aplikasi tersebut disimpan.

Gangguan Jaringan pada server tempat menyimpan aplikasi tentunya akan menyebabkan aplikasi akan sulit untuk diakses atau bahkan tidak bisa diakses.

Kamu bisa mencoba situs downdetector.com untuk mencari tahu apakah aplikasi favorit macam Facebook, Youtube, Snapchat, Google, dsb sedang mengalami gangguan jaringan tersebut atau tidak.

6. Reset Pengaturan Jaringan

Kamu juga bisa me-reset ulang pengaturan jaringan pada menu Settings > General > Reset > Reset Network Settings (Atau semacamnya, terkadang ada di menu System > Reset).

Konsep ini sebenarnya serupa dengan restart ponsel, dan di beberapa kasus bisa mengatasi problem paket data yang lemot. Disarankan juga untuk reset koneksi WIFI dan Bluietooth, atau saat paket data menyala matikan saja WIFI nya.

7. Keluarkan Simcard

Tips terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan mengeluarkan dan memasukkan kembali Simcard. Sebelum melakukan hal ini, pastikan ponsel kamu sudah dimatikan terlebih dahulu ya, dan usahakan melepas simcard di bidang datar guna menghindari simcard terjatuh atau terselip.

Sebenarnya ada juga kemungkinan bahwa SImcard kamu bermasalah, jadi apabila semua cara sudah kamu lakukan tetapi koneksi paket data masih lemot, cara terakhir adalah menghubungi atau mendatangi Customer Service milik operator yang kamu gunakan untuk mengganti simcard.

Demikianlah 7 tips jitu yang bisa kamu coba guna mengatasi masalah koneksi paket data yang lemot. Semoga tips-tips tersebut dapat membantu kamu.

Tinggalkan Balasan