Contoh Descriptive Text tentang Hewan Kuda Nil dan artinya

descriptive-text-kuda-nil

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Kuda Nil beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Kuda Nil

The hippopotamus is a semi-aquatic ungulate found in sub-Saharan Africa. It lives in lakes and slow-moving rivers surrounded by grasslands.

Hippopotamuses measure 3-4 meters in length and weigh more than 3 tons. Four webbed toes on each foot support their immense bodies.

Their eyes, ears and nostrils are positioned on top of their heads, allowing hippos to remain aware of their surroundings while almost entirely submerged in water. A clear membrane that covers their eyes allows hippos to see underwater.

They can also close their nostrils and hold their breath underwater for as long as five minutes. Hippos secrete a red fluid that is often mistaken for blood, but instead protects their skin from the sun.

Their hide is gray and thick with very few hairs. A flat tail allows males, or bulls, to mark their territory by flinging and spreading their dung.

Artinya

Kuda Nil adalah ungulate semi-akuatik yang ditemukan di sub-Sahara Afrika. Ia hidup di danau dan sungai yang bergerak lambat dikelilingi oleh padang rumput.

Kuda nil berukuran panjang 3-4 meter dan beratnya lebih dari 3 ton. Empat jari berselaput di setiap kaki mendukung tubuh mereka yang sangat besar.

Mata, telinga, dan lubang hidung mereka diposisikan di atas kepala mereka, memungkinkan kuda nil untuk tetap sadar akan lingkungan mereka sementara hampir seluruhnya tenggelam dalam air. Membran bening yang menutupi mata mereka memungkinkan kuda nil untuk melihat di bawah air.

Mereka juga bisa menutup lubang hidung mereka dan menahan napas mereka di bawah air selama lima menit. Kuda nil mengeluarkan cairan merah yang sering keliru untuk darah, tetapi melindungi kulit mereka dari matahari.

Kulit mereka berwarna abu-abu dan tebal dengan sedikit rambut. Ekor datar memungkinkan jantan, atau lembu jantan, untuk menandai wilayah mereka dengan melemparkan dan menyebarkan kotoran mereka.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar