Contoh Descriptive Text tentang Hewan Macan Kumbang (Panther) dan artinya

descriptive-text-panther

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Macan Kumbang (Panther) beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Macan Kumbang (Panther)

The Panther (also commonly known as the Black Panther) is a large member of the Big Cat family, native to Asia, Africa and the Americas. The Panther is not a distinct species itself but is the general name used to refer to any black coloured feline of the Big Cat family, most notably Leopards and Jaguars.

The Panther is an elusive and powerful animal that has adapted well to a variety of habitats around the world, and is known to be one of the strongest climbers of all felines. Although the Panther is not technically classified as a separate species, they are considered to be endangered by many due to the declining numbers of both Leopards and Jaguars throughout much of their natural ranges.

The Panther tends to be dark brown to black in colour and is otherwise identical to the feline species to which it belongs. The only real exception to this is the Florida Panther found in the south east region of the USA, that is believed to be a subspecies of Cougar and is quite rarely dark brown in colour and tends to have more of a speckled appearance.

Unlike Leopards and Jaguars, the Panther has no spots on its long body or tail, but instead has a shiny coat of dark fur. Panthers have small heads with strong jaws and emerald green eyes, and tend to have hind legs that are both larger and slightly longer than those at the front. Being a member of the Big Cat family, the Panther is not only one of the largest felines in the world but it is also able to roar which is something that felines outside of this group are not able to do.

Male panthers are larger than female panthers. They weigh from 100 to 160 pounds; female panthers weigh from 70 to 100 pounds. Panthers vary in height at the shoulder from 24 to 28 inches and measure from 6 to 7.2 feet from nose to tip of the tail.

Terjemahan

Panther (juga dikenal sebagai Black Panther) adalah anggota besar keluarga Big Cat, asli Asia, Afrika dan Amerika. Panther bukanlah spesies yang berbeda itu sendiri tapi nama umum digunakan untuk merujuk pada kucing berkulit hitam dari keluarga Big Cat, terutama Macan Tutul dan Jaguar.

Panther adalah hewan yang sulit dipahami dan kuat yang telah beradaptasi dengan baik ke berbagai habitat di seluruh dunia, dan dikenal sebagai salah satu pendaki terkuat dari semua kucing. Meskipun Panther tidak diklasifikasikan secara teknis sebagai spesies yang terpisah, namun dianggap membahayakan karena banyaknya jumlah Macan tutul dan Jaguar sepanjang rentang alaminya.

Panther cenderung berwarna coklat gelap sampai hitam warnanya dan sebaliknya identik dengan spesies kucing yang menjadi miliknya. Satu-satunya pengecualian nyata untuk ini adalah Panther Florida yang ditemukan di wilayah tenggara Amerika Serikat, yang diyakini sebagai subspesies Cougar dan warnanya cukup gelap dan cenderung memiliki tampilan yang lebih berbintik-bintik.

Tidak seperti macan tutul dan Jaguar, Panther tidak memiliki bintik pada tubuh atau ekornya yang panjang, namun memiliki lapisan bulu gelap yang mengkilap. Panthers memiliki kepala kecil dengan rahang kuat dan mata hijau zamrud, dan cenderung memiliki kaki belakang yang keduanya lebih besar dan sedikit lebih panjang dari pada yang di depan. Sebagai anggota keluarga Big Cat, Panther bukan hanya salah satu kucing terbesar di dunia tapi juga bisa mengaum yang merupakan sesuatu yang kucing di luar kelompok ini tidak mampu melakukannya.

Kumbang jantan lebih besar dari kumbang betina. Beratnya dari 100 sampai 160 pon; Kumbang betina berbobot 70 sampai 100 kilogram. Panthers bervariasi tingginya di bahu dari 24 sampai 28 inci dan panjangnya mulai dari 6 sampai 7,2 kaki dari hidung ke ujung ekor.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar