Contoh Descriptive Text tentang Hewan Ikan Paus dan artinya

descriptive-text-paus

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Ikan Paus beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Ikan Paus

Whales belong to the order cetacea, which means that they are mammals fully adapted to aquatic life.

Like all cetaceans, including dolphins and porpoises, whales are descendants of land-living animals which returned to water after living millions of years in land.

The anatomy of a whale is designed to allow it to easily move through the water. It is often amazing to see such a large creature move about with such grace. The front limbs of a whale are called flippers.

They look like paddles and they will vary in size depending on the species of whale you happen to be looking at. These flippers move back and forth as a whale glides through the water.

The majority of whales don’t have hind limbs but some of them do so it is worth mentioning here. They can appear to be short stubs or they can be feet that even have what look like toes on them.

The back end of a whale is where you will see the dorsal fin. This is in place to help a whale remain balanced. You will notice that the size and even the shape of the dorsal fin vary by species. A few of them even have two dorsal fins but most have only one.

Since it can be very cold in the waters where a whale lives, they need plenty of insulation. They get it in the way of what is called blubber. This is underneath the top layer of skin.

That layer is very thin and doesn’t have very much hair on it at all. That is why the blubber is so important to help them stay warm.

The size of the heart of a whale will depend on what species it is. All of them feature a heart with four chambers though.

They also have vertebrae that are fused to the neck. It is this design of the whale anatomy that allows them plenty of flexibility in their movements throughout the water.

Artinya

Ikan paus termasuk ke dalam ordo cetacea, yang berarti bahwa mereka adalah mamalia yang sepenuhnya beradaptasi dengan kehidupan akuatik.

Seperti semua cetacean, termasuk lumba-lumba dan lumba-lumba, paus adalah turunan dari hewan yang hidup di tanah yang kembali ke air setelah hidup jutaan tahun di darat.

Anatomi paus dirancang untuk memungkinkannya bergerak dengan mudah melalui air. Seringkali menakjubkan melihat makhluk besar seperti itu bergerak dengan anugerah tersebut. Anggota badan depan seekor paus disebut sirip.

Mereka terlihat seperti dayung dan mereka akan bervariasi dalam ukuran tergantung pada spesies ikan paus yang kebetulan Anda lihat. Sirip ini bergerak maju mundur saat ikan paus meluncur melalui air.

Mayoritas ikan paus tidak memiliki kaki belakang tetapi beberapa dari mereka melakukannya sehingga perlu disebutkan di sini. Mereka dapat muncul menjadi bertopik pendek atau mereka bisa menjadi kaki yang bahkan memiliki apa yang tampak seperti jari kaki pada mereka.

Bagian belakang paus adalah tempat Anda melihat sirip dorsal. Ini di tempat untuk membantu paus tetap seimbang. Anda akan melihat bahwa ukuran dan bahkan bentuk sirip dorsal bervariasi berdasarkan spesies. Beberapa dari mereka bahkan memiliki dua sirip punggung tetapi kebanyakan hanya memiliki satu.

Karena bisa sangat dingin di perairan tempat paus hidup, mereka membutuhkan banyak insulasi. Mereka mendapatkannya di jalan apa yang disebut lemak. Ini di bawah lapisan atas kulit.

Lapisan itu sangat tipis dan tidak memiliki banyak rambut sama sekali. Itulah mengapa lemak sangat penting untuk membantu mereka tetap hangat.

Ukuran hati paus akan bergantung pada spesies apa itu. Semuanya menampilkan hati dengan empat kamar.

Mereka juga memiliki vertebra yang menyatu dengan leher. Ini adalah desain anatomi ikan paus yang memungkinkan mereka banyak fleksibilitas dalam gerakan mereka di seluruh air.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar