Contoh Descriptive Text tentang Hewan Kelelawar dan artinya

descriptive-text-kelelawar

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Kelelawar beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Kelelawar

Bats are the only mammals that can fly. Like all mammals they feed their young ones milk. We don’t see bats very often because they usually fly around only at night. During the daytime they hang in dark rooms of buildings, caves, hollow trees and other dark places.

Bats can grow to be big or small. The largest ones have a wingspan of up to 1.5 metres; others are only 15 cm wide. The mouth of a bat is similar to the one of a rat or fox. They have large, pointed ears and grey or brown fur.

Bats have long arms and hands with especially long fingers. These are connected to the legs with membranes, which form their wings. The muscles in them make it easy for a bat to fly. When taking a rest a bat usually hangs upside down with its claws connected to a hard surface.

Artinya

Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Seperti semua mamalia, mereka memberi makan susu anak-anaknya. Kami tidak melihat kelelawar sangat sering karena mereka biasanya hanya terbang di malam hari. Pada siang hari mereka menggantung di ruangan gelap bangunan, gua, pohon berlubang dan tempat gelap lainnya.

Kelelawar bisa tumbuh menjadi besar atau kecil. Yang terbesar memiliki lebar sayap hingga 1,5 meter; yang lain hanya selebar 15 cm. Mulut kelelawar mirip dengan tikus atau rubah. Mereka memiliki telinga besar, runcing dan bulu abu-abu atau coklat.

Kelelawar memiliki tangan dengan jari-jari yang sangat panjang. Ini terhubung ke kaki dengan membran, yang membentuk sayap mereka. Otot-otot di dalamnya memudahkan pemukul untuk terbang. Saat beristirahat, kelelawar biasanya digantung terbalik dengan cakarnya terhubung ke permukaan yang keras.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar