Contoh Descriptive Text tentang Hewan Ubur-ubur dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Ubur-ubur beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Ubur-ubur

Jellyfish are animals of the phylum Cnidaria. They are a monophyletic clade, the Medusozoa. Most of them live in the oceans, in salt water, where they eat small sea animals like plankton and little fish, and float in the sea. Only a few jellyfish live in fresh water.

They have soft bodies and long, stinging, venomous tentacles that they use to catch their prey, usually small plankton animals or small crustaceans or tiny fish. Some jellyfish hunt other jellyfish. Venom is injected by stinging cells called nematocysts. A jellyfish is 97% water.

Most jellyfish have a bell-shaped body and long tentacles at the underside of the body. Tentacles are long “arms” with special stinging cells called nematocysts. They move by contracting their bodies, but they do not have much control over where they go: most of the time, they drift with the water current. The largest type of jellyfish is the Lion’s mane jellyfish, which has tentacles that can be as long as 60 meters, but most jellyfish are much smaller.

Terjemahan

Ubur-ubur adalah binatang dari filum Cnidaria. Mereka adalah klade monofiletik, Medusozoa. Kebanyakan dari mereka hidup di lautan, di air asin, di mana mereka makan hewan laut kecil seperti plankton dan ikan kecil, dan mengapung di laut. Hanya beberapa ubur-ubur yang hidup di air tawar.

Mereka memiliki tubuh yang lembut dan tentakel panjang, menyengat, berbisa yang mereka gunakan untuk menangkap mangsanya, biasanya hewan plankton kecil atau krustasea kecil atau ikan kecil. Beberapa ubur-ubur berburu ubur-ubur lainnya. Racun akan disuntikkan oleh sel menyengat yang disebut nematocysts. Ubur-ubur terdiri dari 97% air.

Kebanyakan ubur-ubur memiliki tubuh berbentuk lonceng dan tentakel panjang di bagian bawah tubuh. Tentakel panjang “lengan” dengan sel menyengat khusus yang disebut nematocysts. Mereka bergerak dengan mengontrakkan tubuh mereka, tapi mereka tidak memiliki banyak kendali atas ke mana mereka pergi: sebagian besar waktu, mereka hanyut dengan arus air. Jenis ubur-ubur terbesar adalah ubur-ubur singa, yang memiliki tentakel sepanjang 60 meter, namun kebanyakan ubur-ubur jauh lebih kecil.

Originally posted 2018-01-30 11:20:58.

Read Previous

Contoh Descriptive Text tentang Hewan Tikus dan artinya

Read Next

Contoh Descriptive Text tentang Hewan Bison dan artinya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *