Contoh Descriptive Text tentang Hewan Ikan Lumba-lumba dan artinya

descriptive-text-lumba-lumba
Spread the love

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Ikan Lumba-lumba beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Ikan Lumba-lumba

Dolphins are marine mammals and are a part of the cetacean species which also includes whales and porpoises.

Dolphins can vary greatly in size from the smallest dolphin (Maui’s dolphin) measuring in at around 120 cm and weighing around 40 kg to the massive killer whale which can measure in at 900 cm and weigh more than 1000 kg.

Most dolphins have streamlined bodies which are designed for agility and fast swimming. The size and shape of their body can vary from one species to the next.

The long-beaked common dolphin for example has a very slim streamlined body with a long beaked compared to the killer whale that has a stockier build and lacks a beak.

The size and shape of a dolphins teeth along with its jaw strength play a major role in determining whether or not these marine mammals swallow their prey whole or break it down for easier consumption and can have some affect on the types of prey they hunt.

When it comes to color and skin tone dolphins can vary greatly from one species to the next. Colors may include black, dark grey, light grey, bluish, brown, yellow, pink and white with some species being a solid color while others may have spots or lines across sections of their body.

In order to swim dolphin’s use their tail for propulsion while their fins help them stabilize, turn, roll and navigate through the water.

Dolphins (along with all toothed whales) are born with a single blowhole used for breathing compared to baleen whales which are born with two blowholes.

Having a blowhole on the top of their head also makes it easier for them breathe during resting periods as they do not have to consistently lift their mouth above the water to take in air.

Artinya:

Lumba-lumba adalah mamalia laut dan merupakan bagian dari spesies cetacea yang juga mencakup ikan paus dan lumba.

Lumba-lumba dapat sangat bervariasi dalam ukuran dari lumba-lumba terkecil (lumba-lumba Maui) berukuran sekitar 120 cm dan berat sekitar 40 kg hingga paus pembunuh besar yang berukuran 900 cm dengan berat lebih dari 1000 kg.

Kebanyakan lumba-lumba memiliki tubuh yang ramping yang dirancang untuk kelincahan dan berenang cepat. Ukuran dan bentuk tubuh dapat bervariasi dari satu spesies ke spesies berikutnya.

Lumba-lumba umum berparuh panjang misalnya memiliki tubuh ramping yang sangat ramping dengan paruh panjang dibandingkan dengan paus pembunuh yang memiliki tubuh yang lebih kokoh dan tidak memiliki paruh.

Ukuran dan bentuk gigi lumba-lumba bersama dengan kekuatan rahang memainkan peran utama dalam menentukan apakah mamalia marinir ini menelan mangsa mereka.

Ketika datang ke warna dan warna kulit lumba-lumba dapat sangat bervariasi dari satu spesies ke yang berikutnya.

Warna mungkin termasuk hitam, abu-abu gelap, abu-abu terang, kebiruan, coklat, kuning, merah muda dan putih dengan beberapa spesies menjadi warna solid sementara yang lain mungkin memiliki bintik-bintik atau garis di seluruh bagian tubuh mereka.

Untuk berenang, lumba-lumba menggunakan ekornya sebagai tenaga penggerak sementara mereka membantu menstabilkan, berputar, berguling, dan bernavigasi di air.

Lumba-lumba (bersama dengan semua paus bergigi) lahir dengan satu lubang sembur yang digunakan untuk bernafas dibandingkan dengan paus balin yang lahir dengan dua lubang sembur.

Memiliki lubang sembur di bagian atas kepala mereka juga membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk bernapas selama periode istirahat karena mereka tidak mengangkat mulut mereka di atas air untuk mengambil air.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar

Advertisement
hosting indonesia
hosting murah

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 2.729.467 hit